Sobatku – Menabung di Koperasi, Kenapa Enggak?

menabung di koperasi, kenapa enggak

Ada satu financial management habit yang sampai sekarang bertahan saya lakukan. Meski mungkin agak ribet ya.. Yaitu punya banyak rekening untuk memisahkan kebutuhan tiap tabungan. Tabungan pendidikan anak jangka pendek, tidak bisa digabung dengan pendidikan jangka panjang. Tabungan dana darurat, enggak bisa digabung sama tabungan operasional bulanan. Dan tabungan hari tua, enggak bisa digabung sama tabungan traveling.

Karena ketika semua kebutuhan ada di satu-dua rekening aja, berpotensi bikin silap mata. Lalu pengin macem-macem, karena merasa punya uang banyak. Padahal kalau dijembrengin lagi, kebutuhan wajibnya yang lebih banyak. Jadi salah satu solusi yang saya terapkan dengan membuat 1 rekening untuk 1 jenis tabungan.

Semua jenis tabungan itu, ada yang di bank sama, tapi ada juga yang beda bank. Tiap abis gajian kebiasaannya adalah pegang token, lalu transferin ke masing-masing rekening. Lama-lama jadi merasa bahwa transfer ke pos-pos wajib itu seperti kewajiban bayar cicilan. Padahal nabung.

Koperasi untuk Investasi

Satu jenis tabungan yang saya punya adalah tabungan pendidikan anak. Ini juga masih dipisah lagi rekening dan tujuannya; pendidikan jangka pendek dan pendidikan jangka panjang.

Blak-blakan aja deh ya.. Tabungan pendidikan jangka pendek Luna selama ini kami simpan di Koperasi. Serius. KOPERASI. Badan usaha yang mungkin selama ini dikenal jadul dan ndeso. Padahal Koperasi itu berjasa banget, buat bayar daycare Luna selama 4 tahun, bayar sekolah TK, dan bayar les bahasa inggrisnya. Oiya, termasuk bantuin saya bangun rumah pertama kali.

Sebenernya saya sudah jadi nasabah koperasi sejak jaman belum nikah. Tapi ya, karena kesan koperasi itu enggak gaul. Selama ini diem-diem bae. Hanya orang-orang dekat tertentu aja yang pernah saya ceritain.

Mengapa Koperasi?

Milih koperasi sebenernya justru karena kesederhanaan sistemnya, transparansi laporannya, setiap tahun dapet pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU), sekaligus bisa membantu usaha kecil menengah untuk mengembangkan usahanya.

Mungkin karena dekat dengan UKM kali ya, kemudian mengesankan Koperasi itu cuma untuk orang yang punya usaha aja. Padahal saya ni apalo.. Karyawan ting-ting, yang tiap bulan hidup dari gaji. Tapi tetap bisa nabung di Koperasi.

Sebenarnya ini tantangan Koperasi di jaman sekarang. Selain campaign bahwa jadi nasabah koperasi itu keren, juga gimana koperasi bisa lebih deket sama generasi milenials. Cara sederhananya sebenernya dengan melihat karakter orang-orang milenials yang suka dengan kepraktisan. Lalu, apa yang bisa diprovide oleh koperasi?

SOBATKU, Pelopor Koperasi Digital

Kemarin Minggu siang, 14 Juli 2019, saya dapet undangan untuk dateng ke sebuah acara Undian Grand Prize Sobatku di Ambarukkmo Plaza. Surprisingly, kaget karena event yang digelar di atrium mall itu rameeeee… Apa mungkin saya udah lama enggak main-main ke Amplaz ya. Jadi begitu masuk Amplaz langsung berasa banget ramenya.

Dan ketika mendengarkan penjelasan dari jajaran direksi Sobatku, saya langsung ngerasa “Ya ampun, ini menjawab pemikiran saya tentang koperasi dan segala tantangannya.”

sobatku tabungan online pelopor koperasi digital

Jadi, SOBATKU (Simpanan Online Sahabatku) adalah pelopor koperasi digital yang dekat dengan anak-anak muda milenials. Sobatku yang lebih dikenal dengan Tabungan Online berbasis aplikasi, adalah produk dari KSP Sahabat Mitra Sejati atau Sahabat UKM (www.sahabat-ukm.com). Serta didukung penuh oleh Bank Sahabat Sampoerna.

Fyi, KSP itu singkatan dari Koperasi Simpan Pinjam. Dan KSP Sahabat Mitra Sejati, tahun 2017 kemarin mendapatkan penghargaan dari OJK sebagai kontributor pelaporan data debitur melalui SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan). Dengan SLIK, seluruh informasi anggota dan calon anggotanya jadi bisa kelihatan kredibilitasnya.

Berarti ini jadi bukti bahwa KSP Mitra Sejati serius dan hati-hati mengelola dana dari anggotanya. Dan Sobatku sebagai produknya, pasti dong juga sama.

Apalagi kemarin disebutkan bahwa Sobatku ini diawasi oleh Kementrian Koperasi dan UMKM. Dana yang ada di dalamnya, mau didiemin bertahun-tahun, tetep akan kembali utuh tanpa potongan biaya admin, tanpa biaya bulanan, dan tanpa minimum saldo.

Ok. Safety. Check!

Mengenal SOBATKU Lebih Dekat

Sebelum berangkat ke Amplaz, saya sudah mendownload aplikasi Sobatku di ponsel. Sudah mendaftar dan isi saldo juga.

Proses mendaftarnya juga gampang banget. Cuma bekal foto diri, KTP, dan NPWP tanpa perlu dateng ke kantor atau tandatangan macem-macem. Cucok banget buat kaum mager macam saya.

Trus, kalau verifikasi data sudah approve, bisa langsung dipakai untuk isi saldo tabungan, belanja, transfer, pembayaran merchant tertentu, dan bayar listrik, PDAM, TV kabel, beli pulsa, tiket kereta.

Nomor handphone kita jadi nomor rekening. Lebih gampang ngapalinnya. Dan nabungnya juga gampang. Tinggal transfer bank atau via Alfamart.

sobatku tabungan online pelopor koperasi digital

Dari fitur-fitur yang ada di dalamnya, sangat user friendly. Buat orang semi-gaptek kayak saya, bakal gampang pahamnya. Tapi berkali-kali saya utak-atik aplikasinya, ternyata tidak ada fitur Pinjaman. Padahal ketika disebutkan bahwa Sobatku ini ada di bawah naungan KSP (Koperasi Simpan Pinjam), otomatis di bayangan saya, akan ada fitur Pinjaman juga. Ternyata enggak ada.

Tapi itu enggak penting juga sih, buat saya yang emang enggak berniat pinjem duit. Lagipula namanya aja Sobatku (Simpanan Online Sahabatku). Jadi fitur utamanya emang ditujukan untuk menyimpan dan transaksi keuangan sehari-hari.

Cuma, mungkin one day bisa ditambahkan kali ya.. Karena kalo melihat karakter orang-orang milenial kayak saya yang mager kemana-mana dan maunya praktis-praktis aja. Tentu akan sangat menyenangkan ketika, enggak cuma buka rekening dan menabung saja yang bisa secara online, melainkan juga fitur pinjaman.

Undian Jutawan SOBATKU

Keuntungan lain jadi nasabah Sobatku adalah bisa ikut undian tiap bulannya. Dengan modal tabungan minimal 50 ribu aja, langsung dapet kesempatan ikut undian. Untuk memenangkan hadiah uang tunai sebesar mulai 100ribu, 500ribu, 1jt, 5jt, dan 10jt. Sedangkan Grand prizenya adalah uang tunai sebesar 100 juta dan 4 Paket Umroh sebesar 25juta.

sobatku tabungan online pelopor koperasi digital

Acara yang saya datangi kemarin adalah Undian Grand Prize dan Pesta Jutawan Sobatku ke-8. Bulan sebelumnya diadakan di Surabaya dan antusiasme masyarakatnya tinggi. Kali ini dibuat di Jogja, karena jumlah nasabah Sobatku di Jogja adalah terbanyak ke-6.

Kemarin ikut deg-degan dong, saat proses undian. Ikut seneng ketika melihat nasabah dari Jogja yang memenangkan hadiah Paket Umroh. Lalu jadi iri, dan pengin menang juga. Lol

*

Balik lagi tentang membagi kebutuhan keluarga ke dalam rekening yang berbeda-beda. So far saya merasa nyaman banget dengan cara seperti itu. Ragam pilihan tabungan juga semakin banyak. Salah satunya, Sobatku sebagai pelopor koperasi digital. Bisa dipake untuk investasi sekaligus transaksi keluarga rutin tiap bulannya. Apalagi Sobatku dalam waktu dekat akan menambahkan fitur pembayaran asuransi dan deposito online.

Makin komplit aja. Ya emang harus gitu sih.. Karena sekarang udah era transformasi Koperasi.. Kita bisa nabung, sekaligus membantu orang lain dalam mengembangkan UKM.

Website: www.sobatku.co.id
Facebook: SobatkuID
Instagram: @sobatku_id
Twitter: @sobatkuid

 

*This is a sponsored article. Thank you for supporting brands that support this blog!

38 thoughts on “Sobatku – Menabung di Koperasi, Kenapa Enggak?

  1. Hohoo iya ya, perlu naruh tabungan untuk keperluan pendidikan, traveling, dan lifestyle itu di tabungan yg berbeda biar ga ditilap. setujuu nih mbak
    Aku lagi semangatnya nihh nyimpen uang di tabungan
    Boleh deh nyobain yg di Sobatku ini. Aku udah punya akunnya tingal instal lagi aplikasinya hehee

  2. Aku pemakai SOBATKU dari tahun lalu. Taunya jg dari temen2 blogger dan puas banget sih. Pernah dapat reward 100k dan happy. Gimana kalo dapat lebih dari itu ya 😅😂😂

  3. Wah padahal saya dari dulu termasuk yang males punya banyak rekening karena males byr admin banyak2. Hehehe. Tapi bener juga kata mbak, enak kalo di pisah2 gitu bisa disiplin juga

  4. Keren ya, koperasi bisa punya aplikasi selengkap ini, banyak yang pakai dan merasakan manfaatnya karena praktis dan aman menabung di Sobatku

  5. Untuk menabung pun di jaman digital seperti sekarang makin mudah ya mba. Platformnya bisa banget diawali dengan aplikasi ini. Jadi kita bisa makin leluasa memantau pergerakan rekening tabungan kita.

  6. Sampai saat ini pun aku masih anggota koperasi mbak, di komplek rumah hehe
    Biasanya nabung sekalian bayar arisan, tapi gak pernah diambil. Diemin aja, nabung lupa hehehe.

    Aku juga udah punya akun Sobatku, lumayan praktis buat kebutuhan transfer dan beli pulsa

  7. Aku punya banyak tabungan tapi yang terisi cuma satu 🙂 hihihih. Btw bisa nih nyobain sobatku untuk dana pendidikan anak, soalnya sampai skrg aku belum punya rekening khusus tabungan pendidikan anak

  8. Koperasi itu kayak sistem yang paling sederhana dalam urusan simpan pinjam. Terus SHUnya juga gamblang dan jelas. Saya juga termasuk anggota koperasi di kantor. Tapi juga diem2 heehe.

    Oh ternyara SOBATKU ini termasuk koperasi online toh. Baru tahu saya, ngiranya SOBATKU hanya lembaga keuangan untuk menabung, ternyata menggunakan sistem koperasi tapi model online. Cakep deeh…

  9. Bener banget mb, selama ini koperasi memang terkesan jadul dan ndeso. Perlu gebrakan baru agar bisa diterima generasi sekarang. Kehadiran sobatku lumayan membawa angin segar untuk dunia perkoperasian sehingga bisa diterima generasi sekarang..

  10. Wah Sobatku. Gara-gara nonton penarikan undiannya nih aku jadi buka Sobatku. Siapa tahu nanti rezeki bisa umrah atau menang 100jt. Hehehe

  11. Sobatku ini beneran keren.
    Karena undiannya tiap bulan dan ada undian hadiah grand prizes nya pula.
    Bikin para nasabahnya makin semangat dalam bertransaksi menggunakan Sobatku.

  12. Aku juga pakai Sobatku, lhooo! Udah lumayan lama sih, buat pos2 tabungan juga. Aku setuju deh sama sarannya, mungkin nanti boleh kali ya kalo Sobatku ada fitur pinjaman juga. Biar makin berjayalah sobat mager se-Indonesia! Eh. Wkwkwk.

  13. Koperasi di Purwokerto udah keren doong punya startup juga. Seneng bacanya ada Sobatku ini, nggak kalah keren bisa buat tabungaan. Kirain waktu itu apps ini biasa ternyata sistemnya koperasi aaa otw install

  14. Setelah jadi ibu rumah tangga sepenuhnya yang tinggal di rumah, saya jadi banyak punya tabungan nih, ada tabungan TK, tabungan SD, tabungan piknik, tabungan keluarga, hehehe tinggal buka tabungan sobatku nih biar lebih kumplit

  15. Banyak banget nih manfaat yang bisa didapat dari menabung tapi kayanya nabung di sobatku ini banyak untungnya ya kak dan bisa dapat hadiah menarik

  16. Terus terang saya lebih memilih Koperasi daripada Bank, lha wong Bank sudah banyak uang mereka itu, lebih baik kita saling bantu lewat koperasi, sama – sama diuntungkan dan menolong.

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)