Siap Menjalani Interview Kerja?

Jangan grogi kalau diwawancarai oleh interviewer yang ganteng.
Jangan grogi kalau diwawancarai oleh interviewer yang ganteng.

Satu demi satu step ditempuh. Serangkaian psikotes yang bikin psyko sudah terlewati. Sekarang, babak interview dengan sederet petinggi-petinggi perusahaan harus dihadapi. Keder dulu sebelum bertanding? Sebaiknya jangan. Siapa tahu petinggi perusahaan itu ganteng, masih lajang, dan pastinya bukan gay. Hhmm.. prospek bagus kan.. Atau, perut mules bikin bolak-balik kamar mandi? Sebaiknya juga ditahan. Siapa tahu jalan menuju kamar mandi sama seperti jarak Jogja-Jakarta, capek kan..

Jadi, simaklah beberapa Tips Menjalani Interview Kerja ala Noni:

1. Pakai rok (untuk wanita).

Rok itu membuat penampilan Anda terlihat feminin, sexy, dan chic. Ingat, falling in love in first impression itu tetap berlaku dalam interview kerja. Kalaupun hasilnya nanti perusahaan tidak memilih Anda, siapa tahu ada bos muda, single, dan tampan di perusahaan itu yang tergaet oleh penampilan cantik Anda. Jadi enggak bakal rugi-rugi amat kan.

2. Bawa dasi (untuk pria).

Kalau Anda bukan tipe cowok yang suka pakai dasi, paling tidak bawalah koleksi dasi ayah Anda. Boleh yang motifnya kotak-kotak, totol-totol, polkadot, atau kartun-kartun lucu. Nanti ketika di lokasi interview tinggal menyesuaikan dengan kostum petinggi perusahaan yang akan menginterview Anda. Kalau orangnya lucu dan santai, pakailah dasi motif kartun.

3. Bawa botol minum yang ada sedotannya.

Ini aturan wajib bagi Anda-Anda yang wanita. Belum tentu lho, kalian bakal dikasih minum sama perusahaan tersebut. Padahal udah seret lehernya, tapi mau beli ke warung jauh banget. Lebih baik bawa botol minum dari rumah, dan berikan sedotan di dalamnya. Supaya kalau nanti diminum tidak merusak lipstick di bibir. Sayang kan, udah dandan cantik-cantik, lipstiknya hilang.

4. Bawa buku TTS.

Jangan dipikir kalau panggilan interview Anda adalah jam 10, maka Anda akan langsung diinterview jam 10 juga. Bisa jadi, Anda datang jam 10, bener-bener interviewnya baru jam 14.00. Jadi, bawalah TTS kosong yang siap diisi. Gunanya banyak. Bisa mengasah pengetahuan, supaya ketika interview nanti enggak keliatan goblok-goblok amat. Serta bisa menjalin keakraban sesama teman yang diinterview, karena kalau enggak tahu jawabannya apa, maka Anda akan bertanya pada teman sebelah, lama-lama bisa akrab deh.

5. Bawa bantal.

Waktu untuk menunggu antrian jadwal interview kan lama banget tuh.. TTS sudah full diisi dan badan sudah capek, ngantuk pula. Tidur saja. Gunakan bantal supaya tidurnya nyaman. Jadi, lebih fresh nanti ketika Anda tiba-tiba dipanggil untuk interview.

6. Bawa handphone / smartphone.

Ketika lagi boring menunggu dan menghabiskan waktu, update status aja. Enggak perlu malu untuk mengatakan lagi interview di sebuah perusahaan. Melainkan mintalah teman-teman untuk mendukung Anda dalam doa. Jangan lupa check in juga di foursquare, siapa tahu ada hadiah kejutan kalau Anda sudah dapet mayor check in di foursquare.

7. Bawa notebook / netbook / ipad / macbook.

Ingat, menunggu jam interview itu lama, jenderal! Daripada cengok dan bosen, laptop bisa sangat membantu untuk menghibur. Salah satunya, menonton film. Jangan lupa, sebelumnya simpanlah film-film box office di file laptop Anda. Kalau koleksi film box office Anda banyak dan bagus-bagus, hal ini bisa menambah keakraban antar sesama teman yang sama-sama mengantri untuk interview.

8. Bawa makan siang bersendok.

Sudah waktunya makan siang, tapi kantin di perusahaan ini pun Anda enggak tahu di mana. Mau jalan ke luar gedung, takut tiba-tiba Anda dipanggil interview. Padahal perut lapar gilak. Lebih baik, dari rumah sudah bawa makan siang bersendok. Kenapa bersendok. Supaya nanti Anda enggak perlu repot cari-cari sendok. Atau mau makan pakai tanpa sendok dan pakai tangan telanjang. Aduh, jangan… Anda kan belum hafal denah gedung perusahaan itu. Wastafel di sebelah mana pun Anda enggak tahu. Nanti malah kesasar deh.

9. Bawa flip chart presentasi MLM.

Mungkin sebelum bekerja Anda adalah aktivitis MLM. Tentunya ini adalah kesempatan emas. Karna Anda akan bertemu dengan orang-orang baru yang bisa diprospek. Jadi, daripada susah-susah mengarrange waktu untuk janjian lagi dengannya. Lebih baik gunakan waktu emas ini untuk presentasi. Sambil menunggu jam interview, bisa sambil bekerja deh. Kalau nanti enggak lolos interview, siapa tahu teman yang Anda presentasiin tadi tertarik untuk join. Tuh, untung kan.

10. Berdoalah sesuai jenis kelamin masing-masing.

Serahkan semua jalannya eksekusi interview hari ini ke dalam tangan Tuhan yang Maha Esa. Semoga Ia memberi jalan terbaik untuk perjalanan karir kita. Kalaupun seandainya tidak diterima, semoga bos cakep yang ditemui di perusahaan itu tadi, akan menghubungi Anda untuk mengajak kencan.

Demikian kesepuluh Tips Menjalani Interview Kerja ala Noni. Semoga bisa membantu kalian yang besok, lusa, minggu depan, atau bulan depan, yang akan menjalani interview kerja. Tetaplah percaya diri dan yakinkan bahwa Andalah calon karyawan yang layak untuk perusahaan yang Anda lamar. Semangat!!

>> Jadi, sudah siap kan menjalani tes interview Anda?

Sumber foto: www.theinterviewcode.com

One thought on “Siap Menjalani Interview Kerja?

  1. saya Sofyan yang kemarin ngundang mbak untuk pelatihan jurnalistik di asrama Wajo-sulsel
    mbak kunjungi blog saya yaaah
    butuh komentar untuk setiap tulisan sya…

    makasih

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)