Sarapan Sehat: Overnight Choco-Muesli [Guestpost]

Sarapan Sehat: Overnight Choco-Muesli

Kalau sedang kalut, saya senang memanjakan diri dengan makanan manis. Eh, dasar saya memang penggemar kue, cokelat, dan teman-temannya. Jadi meskipun saya sudah terbiasa minum teh, smoothie, wedang, tanpa campuran gula … tetap sulit rasanya untuk tidak melahap makanan manis. Ya sudah ….

Andalan/penyelamat/mood booster saya akhir-akhir ini jatuh kepada Muesli! Sajian sarapan yang isinya butiran gandum utuh dicampur dengan biji-bijian, buah kering (pisang, kurma), dan kacang ini benar-benar bikin nagih. Saya cemilin seperti biasa, untuk ganjalan saat waktu-waktu kritis tapi belum masuk jam makan. Saya campur dengan jus pisang kayu manis (one of my favorite!), kadang dicampur dengan lelehan cokelat panas.

Paling seru membuat muesli sejak saat malam sebelumnya, ini ada cara sederhananya:

  1. Siapkan toples/gelas, campur muesli dengan air panas (gak ada takaran khusus, sesuai selera aja), tunggu sampai air meresap dan muesli mengembang.
  2. Tambahkan dark chocolate/milk chocolate yang sebelumnya sudah dilelehkan. Simpan muesli yang sudah disiram cokelat. Diamkan sebentar sampai mencapai suhu ruang, setelah itu simpan di lemari es.
  3. Esok paginya, puding muesli tadi sudah bisa disantap. Teksturnya sudah melembut dan moist banget. Bisa tambahkan toping buat favorit hanya saat akan segera disantap, saran saya. Saya termasuk orang yang nggak suka kalau buah diendapkan semalaman. Buah paling enak dikonsumsi fresh.

Itu kalau lagi niat untuk bikin stok sejak malam, tapi kalau emang buru-buru, di pagi hari, bisa langsung menuangkan susu hangat. Oh. Sedap. Banget.

Mendapatkan muesli di jaman semodern sekarang ini sangatlah mudah, ada banyak sekali toko online yang menjual muesli. Di supermarket juga biasanya selalu ada sudut berisi sereal sehat ini. Tinggal pilih mana yang paling sesuai dengan rasa, hati, dan kantong.

Saya termasuk yang percaya bahwa sarapan adalah fase makan terpenting dalam satu hari. Asupan yang baik akan berdampak pada energi yang “pas”, ya pas mengenyangkan tapi tidak sampai membuat begah dan mengantuk. Menjurus pada pikiran yang baik, yang semoga bisa bertahan sampai malam nanti.

Aamiin.

 

Guestpost byBaiq Nadia, healthy lifestyle enthusiast

Follow her on here: Instagram | Twitter | Blog

4 thoughts on “Sarapan Sehat: Overnight Choco-Muesli [Guestpost]

  1. Wah bisa dibikin pudding? Sip,cobain ah. Dicamil juga enak lho muesli ini. Hihi… Rada mihil emang tapi rasa sama manfaatnya sebanding lha yaaaa

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)