Resep No Knead Bread (Roti Tanpa Diuleni)

cooking-with-love
source

Sejujurnya… (apasih), saya ini bukan perempuan yang doyan bikin roti, kue, dan aneka pastry lainnya. Bikin donat aja 2 kali gagal. Bikin kukus aja gagal merekah, dan lebih tepat disebut muffin. Trus, bikin muffin cokelat pun, lebih percaya pada merk instan ternama, P*ndan M*gic.

Tapi, gara-gara lagi ngikutin Masterchef Indonesia S-3 (yang lebih pantes disebut Hell Kitchen), Masterchef US S-6 (yang beda tipis horornya sama Indonesia), dan Masterchef Aussie S-7 (yang lebih mirip Junior Masterchef). Anw, sukak deh sama kontestan Reynold di Masterchef Aussie, dan ternyata doi adiknya chef Arnold juri Masterchef Indonesia loh… :* :* #iniinfopentingbanget

Trus, ada temen di kantor yang lagi hobi bikin kue di kantor tiap Jumat (sebelum puasa loh ya..).

(Eh, selow banget ya kantor gue.. Bisa masak-masak pas istirahat. Nguleni adonan pagi-pagi sebelum masuk, dan istirahat baru dipanggang.)

Nah, saya jadi kebakar nih hasrat memasaknya. *langsung pasang apron* *tapi gak punya*

Berhubung tangan princess ini terlalu lentik untuk banting-banting adonan, jadi nyari-nyari resep roti tanpa diuleni.

Eh, emang ada ya…

Ada loh buibu…

Lumayan kan, irit tenaga pas puasa. Cuma campur-campur, trus aduk-aduk cantik pake sendok kayu. Dan didiemin lama… Taraaa… Jadi deh, roti isi yang rasanya uenakkk…

Resepnya kemarin saya cari di internet, dan nyasar ke blognya Mbak Nina. Tapi, diubah dikit sesuai selera rasa di lidah kami.

Nih, cuss.. resepnyah:

NO KNEAD BREAD (ROTI TANPA DIULENI)

Bahan:

120ml susu (saya pakek susu formula vanila cair kemasan)

100ml air

50gr gula pasir halus (bisa diblender dulu, kalok saya sih enggak)

4gr garam halus

6gr ragi instan

260gr tepung terigu protein tinggi (tepung cakra)

40gr tepung terigu protein sedang (tepung segitiga biru)

Isian:

Sesuai selera (kalok saya pakek selai cokelat, irisan keju, dan kornet daging)

Olesan:

1 butir kuning telur

Cara membuat:

  1. Tuangkan susu dan air dalam mangkok, trus masukin gula dan garam. Aduk sampai gulanya larut.
  2. Masukkan ragi instan, aduk hingga larut. Trus diamkan selama 5 menit.
  3. Masukkan tepung cakra dan tepung segitiga biru, lalu aduk dengan sendok kayu, hingga membentuk adonan yang kenyal.
  4. Masukkan mentega cair dan aduk lagi hingga rata, sampai tekstur adonan basah dan lengket. Di sini adonan bakal jadi kalis sendiri tanpa perlu banting-banting sampe tangan pegel.
  5. Tutup mangkok dengan serbet bersih. Diamkan atau fermentasikan selama 20 menit.
  6. Taburi tangan dengan tepung terigu, kempiskan adonan. Balik adonan dan bentuk bulat. Diamkan lagi selama 20 menit. Ulangi proses ini selama 3 kali.
  7. Setelah didiamkan 3 kali, simpan adonan di kulkas selama 5-6 jam. Kalau maulangsung dibentuk dan dipanggang juga bisa.
  8. Keluarkan adonan dari kulkas, kempiskan, bagi menjadi beberapa bagian. Diamkan lagi selama 15 menit.
  9. Isi adonan dengan isian yang sudah disiapkan atau dibentuk sesuai selera. Punyaku yg isi daging niatnya mau dibentuk ala-ala caterpillar bread tapi gagal. -____- Ohya, sambil ngisi isian, oven bisa dipanasin.
  10. Tata di loyang yang sudah diolesin margarin.
  11. Olesin atasnya dengan kuning telur, trus panggang dengan suhu 190°C selama 15 menit.
  12. Keluarkan dari oven, siap disajikan.

Punya saya, jadinya seperti inih:

no-knead-bread-roti-tanpa-diuleni

Kemarin bikinnya siang-siang, trus sorean baru dipanggang. Tapi karna buru-buru, lupak ngasih olesan kuning telur, padahal udah disiapin. Jadinya enggak berkilau atasnya. -_____-

Gpp deh, yang penting rasanya enakkk… Lembut, dan pas buat takjil buka puasa.

Gampang kan.. Yuk bikin buat orang rumah.

 

Sumber resep: http://catatan-nina.blogspot.com/2014/03/no-knead-bread-membuat-roti-tanpa.html

8 thoughts on “Resep No Knead Bread (Roti Tanpa Diuleni)

    1. caranya adonan bulat2 kecil2 itu dipipihkan lebar, trus tengahnya dikasih isian.
      pinggir kanan-kiri dipotong2 miring (tpi jgn sampe putus),
      trus yg kanan tarik ke kiri, yg kiri tarik ke kanan,
      gitu terus sampe habis, dan nutup isian tengahnya.
      udah gitu ajah.
      itu eksperimen banget bikinnya.. karna buru2, jdi kurang lekat. -___-

  1. kyknya resep ini cocok utk aku yg kemampuan masaknya di bawah rata2 ;p… akupun kalo nonton acara2 masak kyk master chef gitu lgs kepengin bljr msk mba… 😀 Apa daya keinginan mw bljrnya cm sampe pas msh nonton….acara nya selesai, selesai jg keinginan mw bljr masak ;p

    1. aku mah, apa2 kepinginan. liat masterchef, pingin jago masak. liat indonesian idol, pingin bisa nyanyi. liat asia’s next top model, pingin bisa dandan cantik. :))))

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)