Playdate di McDonald’s Bareng Apple Kids

playdate di McDonalds bersama Apple Kids

Minggu pagi ini Luna bangun tidur dengan bersemangat sekali. Biasanya saya selalu membiarkannya bangun tidur sendiri saat weekend. Mau jam berapapun bebas. Tapi tumben banget, Minggu pagi ini dia bangun tidur tanpa dibangunkan.

“Ibuk, nanti jadi ke M kan?”

Hahaha.. Rajin bangun pagi ternyata karena ada maunya.

Emang sih, saya udah kasih tahu dia sejak satu minggu yang lalu, bahwa hari minggu ini dia akan cooking class di McDonald’s. Membuat burger dan ice cream. Saya yang denger aja excited, apalagi dia yang akan bermain-main di sana.

*

Seharian mendung menggantung di langit Jogja hari Minggu pagi itu. Sepanjang perjalanan dari rumah menuju McDonald’s Sultan Agung, kami ditemani hujan. Tapi untungnya mendung itu tidak mengganggu mood kami. Luna melangkahkan kaki kecilnya dengan mantap memasuki pintu gerbang McDonald’s yang ternyata gedungnya termasuk heritage building. Cagar budaya khas Jogja.

Sampai di dalam, wah.. ternyata teman-teman Luna ada banyak sekali dari Apple Kids. Beragam usia, dari 2 tahun, sampai 7 tahun.

Luna bisa berkesempatan main-main ke dapur McDonald’s memang karena event yang dikoordinasikan oleh Apple Kids. Sebelumnya, Luna pernah main-main ke dapur KFC. Berkenalan dengan Chaki dan membuat ayam goreng tepung original khas KFC. Kali ini, gilirannya ke McD. Happy Meals yang toys koleksi barunya selalu ditunggu-tunggu banyak anak.

*

Berbeda dengan event playdate sebelumnya di KFC, kali ini secara pengaturan usia Apple Kids sudah mengaturnya dengan cukup baik. Di meja-meja tertentu, sudah ada notes bahwa ini khusus anak usia 2-3 tahun, selebihnya bebas.

Kenapa dipisahkan? Belajar dari event sebelumnya, anak usia 2-3 tahun itu relatif masih mbok-mboken. Susah lepas dari mamanya. Sedangkan kalau sudah seusia Luna gini, jauh lebih enak. Yang penting lihat ibunya dari jauh pun dia tetap nyaman. Secara konsentrasi mengikuti aktivitas juga sudah lebih mudah diarahkan.

playdate di McDonalds bersama Apple Kids

Begitu masuk ke ruangan di sisi kiri pintu masuk, di meja masing-masing anak sudah tertata rapi apron kertas dan plastic handglove untuk cooking class. Acara belum dimulai, anak-anak sudah sangat excited memakai apron dan handglove-nya. Orang tua yang menunggui di sisi luar pun juga ikut excited mengabadikan wajah-wajah happy anak-anaknya.

Acara dimulai pukul 9 tepat. Diawali dengan sedikit lagu dan games, lalu dimulailah sesi cooking class membuat burger. Dipandu oleh salah satu petugas dari McD, anak-anak mulai menata satu per satu roti burger, irisan daging, dan mayones. Sampai dengan melipat kertas wrapping-nya.

playdate di McDonalds bersama Apple Kids

Melihat mereka menumpuk roti dengan sangat hati-hati itu lucu sekaliii Biasanya bikin burger cuma dari mainan yang ada di Kidzoona, sekarang bikin burger beneran sendiri.

Selesai membuat burger, anak-anak diajak berbaris di depan layar self service. Dipandu oleh petugas McD yang ramah, mereka bebas memilih es krim mana yang diinginkan. Luna tentu saja pilih Sundae Strawberry. Cuma karena warnanya pink!

playdate di McDonalds bersama Apple Kids

Setelah itu, mereka berjalan menuju kasir dan bertransaksi sendiri memberikan notanya ke petugas kasir. Kemudian menuju ke dapur untuk membuat es krimnya sendiri.

Ngg.. lebih tepatnya meracik sendiri es krimnya sih.. Karena adonan es krim sudah jadi, tinggal ditata lengkap dengan toppingnya. Tapi, biasanya kita kan terima jadi, nungguin di depan dapur ya.. Kali ini anak-anak dapet kesempatan istimewa untuk bisa masuk ke dapur McD.

Terakhir, pembagian goodie bag dan sertifikat jadi penutup acara playdate kali ini. Goodie bag sederhana isi tumbler McD dan gantungan kunci. Tapi gitu aja udah bikin anak eneng banget. Langsung dibawanya tumbler itu ke sekolah keesokan harinya.

playdate di McDonalds bersama Apple Kids

Zaman saya kecil dulu, saya tidak pernah punya kesempatan explore tempat-tempat seperti ini. Saya udah kenal McDonald’s sejak usia 8 tahun. Tapi tidak pernah ada kesempatan mengintip dapur McD. Ya, karena zaman dulu tidak ada kids event organizer seperti Apple Kids ini.

Makanya, ketika tahu di Jogja ada EO playdate khusus anak-anak, saya sangat excited. Menyalakan post notification di Instagram, supaya ketika mereka memposting info playdate terbaru, saya enggak akan kehabisan kuota.

Karena memang ternyata kuota playdate Apple Kids ini cepet banget penuhnya. Beberapa bulan yang lalu ketika saya ingin mendaftarkan Luna ke playdate di Jogja International Hospital, ternyata udah full kuota dong Huhuhu

Yang event McDonald’s ini sebenarnya juga sudah full kuota. Tapi Apple Kids baik hati, mereka membuka playdate lagi di hari yang berbeda. Huray!

playdate di McDonalds bersama Apple Kids

Event-event playdate yang pernah diadain sama Apple Kids sangat beragam. Mulai dari kunjungan ke tempat makan seperti KFC, McD, Fish and Co, dan JCo. Apple Kids juga pernah bikin playdate jalan-jalan ke Gedung Agung atau istana negara di Jogja. Untuk event playdate mengenalkan profesi, Apple Kids pernah mengajak anak-anak mengunjungi Kantor Polisi, Pemadam Kebakaran, dan Rumah Sakit. Mereka mengenal tugas-tugas profesi tersebut dengan games yang seru-seru sekali.

Dengan mengikutkan anak-anak ke event playdate seperti ini banyak banget manfaat yang didapat. Selain mereka bisa mengenal sesuatu hal yang baru, juga melatih kepercayaan dirinya. Dan tentu saja, merangkai memory yang indah bersama orang tuanya. Makanya, untuk playdate gini, saya selalu meluangkan waktu khusus untuk nganterin dan nemenin Luna.

*

Besok Minggu, adalah jadwal playdate Luna di Cokelat Tugu Kotagede. Bersama anak-anak dari Apple Kids, Luna akan membut cokelat dan melihat pembuatan silver. Saya sudah menginfokannya sejak kemarin. Jadi, siap-siap aja besok Minggu pagi dia akan menyambut hari dengan bangun pagi-pagi tanpa dibangunin.

Ohya, temen-temen di Jogja bisa follow Instagram Apple Kids di @applekidsjogja, dan nyalakan notifikasinya untuk update info playdate terbarunya. Siapa tahu bakal ketemuan sama Luna di playdate lainnya.

Sampai jumpa!

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)