Akhirnya Ngerasain Glamping di Wunung Giri Séla Kandha

Pengalaman Glamping di Wunung Giri

Saat ulang tahun saya di 2021 kemarin, saya dapat kado dari relasi kantor dulu, yaitu glamping. Wuahh… seru banget! Itu jadi pengalaman saya pertama kali glamping. Sebelumnya, udah sejak lama pengin glamping, tapi masih maju mundur. Akhirnya, kemarin kesampaian juga.

Saya dan keluarga glamping di Wunung Giri Séla Kandha yang berada di Gunung Kidul. Perjalanan dari rumah menuju ke sana kira-kira butuh waktu sekitar 2 jam. Jadi lebih lama karena pake mampir-mampir dulu. Mampir ketemu temen lama di Wonosari, ngobrol, jalan-jalan bentar, dan jajan.

Rute menuju Wunung Giri, jalannya beraspal, lebar, dan bagus. Sampai di lobby yang ada di pendopo dan sesudah check in, kami dijemput sama mobil carry terbuka untuk menuju ke tenda glamping. Harus banget naik mobil mereka karena dari pendopo lobby sampai ke tenda itu jalannya berbatu-batu dan susah ditempuh pakai mobil biasa.

Pas dianterin sampai tenda, kaget banget karena kami dapet view yang bagusss bangettt. View kamar kami menghadap langsung ke hutan, sungai, dan tebing-tebing yang cantik. Saat itu saya baru tahu kalau rate menginap di Wunung Giri ada dua macam.

Tenda dengan view hutan: Rp1.250.000
Tenda dengan view tenda lain: Rp950.000

Pengalaman Glamping di Wunung Giri

Saat sampai di kamar, saya langsung disapa oleh front office melalui whatsapp. Jadi, di kamar enggak ada teleponnya, semua komunikasi melalui whatsapp, termasuk pesan makan. Yakali dong, nginepnya di hutan gini tapi pesennya Gofood atau Shopee Food. Kayaknya enggak terjangkau juga deh..

Lagipula ya, menu makan di Wunung Giri ini affordable banget. Makanan rumahan, makanan ndeso yang lumayanlah. Emang enggak signature, tapi tetep lumayan banget.

Untuk breakfastnya sendiri, saat check in sudah ditawari mau menu apa aja. Seinget saya, ada indonesian food dan western food. Kami pesan dua-duanya. Lalu, nanti makanan akan diantar ke kamar sesuai dengan waktu yang kita inginkan.

Menikmati pagi sambil sarapan di balkon, beneran membius banget deh! Lupain sejenak deadline-deadline kerjaan. Tarik nafas, hirup udara pagi yang segar, dan syukuri hidup ini.

Pengalaman Glamping di Wunung Giri

Fasilitas Glamping di Wunung GiriSéla Kandha

Seperti fasilitas di hotel berbintang pada umumnya, fasilitas glamping di Wunung juga begitu. Channel TV ada Youtube dan Netflix.Ada kulkas dan mini bar, snack free diambil. Bagusnya lagi, botol air mineralnya bukan pakai botol PET yang sekali pakai, melainkan botol kaca.

Cuman, yang agak beda adalah jumlah ACnya ada 1 dan kipas angin ada 2, kipas gantung dan kipas berdiri. Karena kita menginap di Gunung Kidul, Yogyakarta yang panasnya kanmain. Kami menginap sebelum Jogja masuk ke musim dingin, jadi ya beneran gerah kalau siang. AC dan kipas angin yang ada di kamar kurang begitu membantu deh.. Tetep aja masih kepanasan.

Namaste…

Pengalaman Glamping di Wunung Giri

Pengalaman Glamping di Wunung Giri

Pengalaman Glamping di Wunung Giri

Udah jauh-jauh glamping sampai Wunung, tapi cuma diem bae di kamar, duh rugi banget. Akhirnya, kami bertiga memutuskan untuk ikutan trekking atau susur sungai di keesokan paginya. Biaya trekking di Wunung Giri:

Tamu hotel: Rp45.000/orang
Di luar tamu: Rp75.000/orang

Harga segitu udah include trekking stick, snack, dan minum. Saran saya, tetep bawa air minum karena pembagian snacknya di akhir menjelang selesai. Bawa juga baju ganti, kali-kali mau nyemplung ke sungai. Dan ohya, pakai celana dan sepatu keds ya.. Medannya terjal.

Pengalaman Glamping di Wunung Giri

Kami diajak turun ke bawah, menyusuri sungai dan hutan sambil diceritain banyak hal tentang Wunung oleh pemandunya. Luas area Wunung GiriSéla Kandha adalah 30 hektar, dengan 11 tenda glamping yang disewakan. Saat saya menginap hari itu, semua tenda full booked.

Hutan di situ masih cukup liar, termasuk wilayah Wunung. Kita bakal nemuin monyet-monyet liar yang muncul di area glamping di hari-hari tertentu. Katanya sih, hari Sabtu-Minggu, karena hari Senin-Jumat mereka sibuk cari makan di hutan. Hihihi.. lucu ya! Monyet aja tahu hari loh..

Durasi trekking kira-kira 1,5 jam aja, tergantung seberapa lama kalian mau main air di sana. Bisa lebih lama juga, kalo banyak main air dan foto-fotonya.

Selain fasilitas trekking atau susur sungai, di website Wunung juga ditulis bahwa mereka menyediakan fasilitas kelas tari juga. Tapi, kemarin saya enggak ditawari sih.. Jadi, kurang tahu juga apakah fasilitas itu sudah beneran available atau enggak.

Oke, balik lagi dengan tenda kamar yang mudah banget panas. Tips dari saya: jangan matikan AC dan kipas angin, sekalipun kalian mau tinggal jalan-jalan atau trekking. Nyalain aja teross.. biar pas masuk kamar langsung adem.

Ah, satu lagi.. Saat perjalanan dijemput mobil untuk ke lobby check out, saya melihat ada tenda dipasang di situ. Tenda beneran ya.. Kata drivernya, Wunung ternyata juga menyediakan area camping. Biaya camping di Wunung Giri adalah Rp300.000 per tenda untuk 2 orang, sudah include kasur dan toilet di dekat tenda.

*

Wunung Giri ini ternyata masih termasuk baru banget, baru launch Februari 2021 lalu. Dan pengalaman glamping di Wunung GiriSéla Kandha kemarin beneran menyenangkan banget! Pelengkap kado ulang tahun saya yang makin sempurna.

Setelah ngerasain glamping, saya jadi makin penasaran untuk glamping lagi. Penginnya sih glamping di hutan sekitaran Borobudur, atau hutan pinus gitu. Kayaknya kok, adem. Meski kalo pakdoni rada-rada males glamping karena dia udah eneg banget sama kemping pas jaman masih sekolah. Lol.

Temen-temen ada yang punya pengalaman glamping juga? Kirim link cerita review kalian ke saya ya… Siapa tahu bisa jadi ide saya untuk glamping selanjutnya.

 

23 thoughts on “Akhirnya Ngerasain Glamping di Wunung Giri Séla Kandha

  1. Memang wisata gunung kidul tidak ada habisnyaa, baru minggu lalu maak aq explore gunung kidul juga dari wonogiri wonosari pantai gunung kidul sampai nembus parang tritis. Awalnya mau menginao juga di glamping ini tapi suami blg rugi aah mahal soalnya kami cm bentar krn pagi2 harus siap2 trip ke goa jomblang jadilah cari hotel murah di wonosari.

  2. Wow, aku belum pernah wisata ke Wunung Giri πŸ˜€ Gara2 membaca artikel ini, aku jadi kepengen kapan2 glamping juga di snaa seperti mbak. Iya dong, jangan diem bae di tenda ya haha kudu manfaatin waktu buat trekking dan sebagainya supaya makin berkesan deh liburannya.

  3. Enjooyyy banget nih glamping di mari
    akoh juga mauukkk
    aku baru sekali glamping di Jogja, mbaaa
    waktu itu di bumi perkemahan gt deh, lokasinya di Jakal.
    Asik bangett sikk, apalagi pas malem, kami pada seseruan ama blogger Jogja dan pesta BBQ plus api unggun gitu, akkk inget jaman pramuka πŸ˜€

  4. Kalau untuk makan siang dan malamnya gimana, Mbak? Berarti di luar harga itu, ya? Tetap diantar ke kamar?

    Enak banget ya breakfast dengan view seperti itu. Bangun tidur langsung berasa semangat beraktivitas πŸ™‚

  5. Glamping ini apa bedanya dengan camping biasa mba? Apa karena kalau glamping tendanya kayak kamar ada ACnya? Keliatan banget ya aku ga pernah nyobanya taunya ya camping biasa pakai tenda biasa hihihi πŸ˜‚. Tapi ini liburan mba seru banget ya. Apalago viewnya bagus jadi bisa melupakan banyaknya pekerjaan ya

  6. Belum pernah Glamping dan penasaran banget rasanya gimana. Wisata alam, tapi tetap nyaman gitu kan. Catet deh glamping di Wunung Giri Séla Kandha ini. Dulu ke Gunung Kidul tuh main di goa sama pantainya aja

  7. Kok seru yaaa Mba Noni…
    Aku kayaknya sempat liat IGSnya waktu Mba Noni disana, viewnya bagus sekalii..

    Mungkin nanti kalo anak-anak sudah besar, aku baru bisa glamping, dan Glamping di Wunung Giri akan aku masukkan ke list.

  8. Viewnya bagus banget Mba, jadi pengen kesana deh. Tapi mungkin baru bisa pas anak anak udah besar kali ya..

    Pengalaman camping aku pas jaman sekolah emang ada, tapi belom bosen kok πŸ˜‚

  9. Harganya sama kayak kemping di sini di daerah Rindu Hati di Bengkulu Tengah nih Mba, asik banget bisa kemping kayak gini, bisa merasakan dunia lain juga, hahaha. termasuk kemungkinan kalo hujan apalagi badai yah

  10. Wuaa seru banget mbak.. Dari dulu pingin banget glamping, kayaknya seru banget ya nginep di area alam. Ini fasilitasnya komplit banget ya mbak. Auto pingin glamping jadinya

  11. Unik banget ya..
    Wisata Wunung Giri dengan menginap di tenda begini. Ada kesan romantis bersentuhan langsung dengan alam. Akutu penasaran sama kamar mandinya..
    Dan merasa tertantang makan di pinggiran yang ada jaring-jaringnya itu yaa..
    Huhaa…serem-serem gimanaaa gitu.

  12. Jogja ini ga habis2nya ya tempat wisata yang bisa diulik. Apalagi Gunung kidul, udah pantainya cantik2 ini ditambah lagi glamping. Duuh mupeng pengen nyoba glamping di sini

  13. Aku tuh baru kali ini denger Wunung Giri Sela Kandha lho… Kok kayaknya asyik. Kalau booking ke sana bisa pakai aplikasi nggak mbak? Pengen ah nyoba glamping di sana bareng keluarga kayaknya seru..

  14. Belum punya pengalaman glamping tapi pengen banget mbak. Seru jugaa ya, apalagi bisa lihat pemandangan ciamik dan ada fasilitas trekking dan susur sungai juga. Pasti pengalaman yang berkesan. Btw mbak pas malamnya gimana vibes-nya? Soalnya kan itu hutan ya pasti gelap sepi gitu. Aku tuh mikirin ini sebenernya, makanya masih maju mundur mau glamping haha.

  15. pemandangannya luar biasa ya mbak, masyaAllah. Bersyukur sekali mbak dapat kado ulangtahun yang berkesan sekali. sekarang camping dah gak zaman di underground yaa, bisa juga camping bertenda yang keren dengan berbagai fasilitas asyik. selamat ultah ya mbak, moga bahagia selalu

  16. Kalau masih berdua sama pasangan bakalan jadi spot honeymoon terindah nih ya
    Kalau sudah punya buntut apalagi dua, rasanya waktu akan berputar terlalu cepat haha

  17. Sepertinya asyik banget ya… Asri banget viewnya. Belum pernah glamping sih, camping saja juga cuma dulu pas masih sekolah. Pernah nemgokin teman yang camping di ledok sambi jakal. Kayaknya sih asyik..dan bikin ketagihan..

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)