Ngobrol Cantik Bareng Asri Rahayu, Si Blogger Buku

Ngobrol Cantik Bareng Asri Rahayu, Si Blogger Buku

Saya dan sosok satu ini punya satu kesamaan. Sama-sama penyuka buku. Hahaha.. trus hepi karena point of interest-nya sama.

Cuman, tetep ada bedanya. Selain status saya sudah emak dan dia masih single. Saya adalah penggemar semua segala macam buku, terutama yang best seller dan readable. Sedangkan dia paling suka buku novel roman. Keren ya, bahkan urusan baca buku pun udah nemu niche-nya apa.

Aku mah apa atuh, baca buku banyak-banyak biar keliatan keren di Goodreads doang. #fail

Tapi, editor-blogger buku-reader kan sangat berdekatan hubungannya. Editor selalu butuh feedback dari reader, dan semua itu bisa dibantu oleh seorang blogger buku. Trus reader dan blogger buku selalu butuh bacaan-bacaan bermutu, dan editor yang akan menyiapkannya.

Yuk, kita salaman dulu, berarti kita cocok. Hahaha… lalu dicocok-cocokin.

Jadii.. temen saya satu ini adalah seorang blogger buku dengan kegemaran mereview buku-buku novel roman. Namanya Asri Rahayu, si imut yang selain jadi blogger juga sibuk bekerja kantoran.

Sebenernya, Asri tidak cuma menghandle satu blog aja, melainkan 2 buah blog, satu blog berisi curcolan dia dan yang satunya khusus tentang buku. Tapi yang paling nancep di otak ini setiap denger nama Asri adalah blog khusus tentang buku, peekthebook.blogspot.co.id.

Kita ngobrol-ngobrol cantik sama Asri yukk.. Tolong siapin teh anget dan cireng salju-nya ya..

Sejak kapan suka review buku?

Ngg.. sejak tahun 2011. Tapi baru bener-bener dituangkan dalam bentuk tulisan blog baru 2015. Hahaha…

Kenapa tertarik review buku?

Karena hobi baca trus suka quotes-quotes di buku-buku yang saya baca. Trus mikir, kenapa nggak kutulis aja biar banyak orang baca juga. Akhirnya diputusin bikin blog khusus buku dan review pertama masih nulis quotes, baru kemudian beralih menceritakan sedikit demi sedikit alur cerita buku tersebut.

Fokusnya selama ini ngreview buku apa aja?

Fokusnya sih ke buku romance yaa.. Tapi, kalau ada yang nawarin fantasy hayuk ajah, misteri atau detektif hayuk. Asal, ceritanya bikin nggak puyeng aja. Males baca buku sambil mikir *alesan*.

Buku-buku yang direview itu kebanyakan dapat dari penerbit atau beli sendiri?

Sebagian besar dari koleksi pribadi alias beli sendiri. Tapi, sebagian besar ada yang diberikan oleh penulis atau penerbit.

Pasti koleksi bukunya udah banyak dong ya? Selama ini ngerawat bukunya gimana?

Banyak sih nggak yaa. Cuma satu rak doang sih kalau novel. Kebanyakan disampul plastik, kemudian penataannya bisa diurutkan sesuai abjad. Cuma akhir-akhir ini lagi males, jadi belum disampulin semua hahaha..

Ada tip nulis review buku untuk blogger buku pemula?

Hhmm.. apa ya.. Rajin baca, trus jangan dilipet bukunya tiap dapet kalimat yang menurut kamu bagus, tapi tandai pake post it. Terus, sebaiknya diresapi banget, gimana ceritanya biar bisa nyeritain lagi nanti. Dan jangan lupa kasih kritik saran tentang isi buku itu, pedes sekalian juga ga apa-apa, kalau mau kasih bintang juga boleh. Masukan-masukan itu nantinya bakal berguna buat penulis juga penerbitnya.

***

Gimana, ada yang tertarik untuk menjajal jadi blogger buku? Pelan-pelan sih saya nyoba ngereview buku-buku anak di #1000BooksForKids. *anaknya cemen, belum berani konsisten ngereview novel* Makanya saya selalu salut sama blogger buku yang punya waktu untuk baca buku tebel-tebel dan konsisten untuk mereviewnya setiap hari.

Ohya, buat para penggemar buku dan pecinta gratisan, harus banget ikutan Blog Tour di beberapa blog para blogger buku. Termasuk di blognya Asri ini. Catet baik-baik di kalender kalian ya, 19-21 Maret 2016, blog tour buku “Remember Amsterdam”, dan 28 Maret-3 April, blog tour buku “Perfect Love”.

Ikutan ahh.. Asri, pliss aku dimenangin ya.. Hahaha…

Di akhir-akhir ini banyak penerbit mulai masuk ke ranah buku digital atau ebook, tapi sebenernya buku cetak masih punya tempat tersendiri di hati para pembacanya. Termasuk di hati saya dan Asri. Tahun 2016 ini, Asri menargetkan membaca 40 buku cetak dan menuliskan reviewnya di blognya.

Yuk, kita tunggu tulisan-tulisannya. Semoga wishlist bacaan 2016 ini tercapai semua. Dan semoga selanjutnya enggak cuma jadi blogger buku aja, tapi juga penulis novel roman.

Aminn..

 

8 thoughts on “Ngobrol Cantik Bareng Asri Rahayu, Si Blogger Buku

  1. Makasih, mak noni.. Suka sama tulisannya.. Toss kita samaan suka baca buku.. Btw, udah ada kok 1 novel self publish kolaborasi antara aku sama temenku. Judulnya “Dermaga Masa lalu” *dibeli yaaa*.. Aamiinn..

    Ayo ikutan blog tournya, jawabannya yang kece yaa, biar bisa menang wkwkwk

  2. Mak noni, salam kenal.. 🙂 Tulisannya enak banget dibaca, apalagi bacanya sambil ngemil cireng salju pas ujan gini. Hehe. Aku mau nanya2 boleh japri gak makk? :p

    Mak asri kasih tipsnya dong biar nulisnya efektif gak kebanyakan mikir dan delete tulis delete tulis, hihi

  3. Kalau yang nulis editor memang hasilnya beda yaaa, panteeea mak asri langsung bilang suka.
    Bisa gak ya request, “mak asri, review buku-buku motivasi mau ga?”…….
    Buatku sama lah dengan ibu luna, yang nandes dihati peekthebook, udah nempel diingatan

  4. saya aslinya juga pecinta buku, mak…tapi sepertinya semangat baca apalagi nulis bukunya udah agak kendor.baca2 postingan tentang blogger buku ini, jadi sedikit terbakar lagi….*tutup muka

  5. enak yaa dapat buku gratisan 🙂 gara gara suka baca (dan mau review). Akuu boro boro baca, hehehe,, bisa tamat (meski dalam beberapa bulan) sudah alhamdulillah 🙂

    keren kalian berdua !

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)