#MyLifeAsEditor9: [App Review] Google Play Books

app review google play books Siapa yang hobi baca buku tapi belum kenal sama Google Play Books? Sinih, saya kenalin.

Google Play Books ini aplikasi ter-heitz di android yang jualan ebook dari seluruh dunia. Jadi buku-buku yang kalian liat di tokbuk ituh, ada versi digitalnya juga loh..

Asiknya beli ebook di Google Play Books ituh..

Murah

Harganya pasti lebih murah ketimbang buku cetak yang dijual di tokbuk. Murahnya seberapa? Macem-macem sih, tergantung kebijakan masing-masing penerbit.

Kalo lagi beruntung, bisa nemu ebook gratisan juga. Kayak kemarin ituh, ada penerbit yang kasih 12 ebook gratisannya selama 3 hari (4,5,6 juni).

Aku cinta gratisan! *langsung borong ebooknya* *tapi gak tau mau dibaca kapan*

Paperless

Emisi rumah kaca lagi jadi isu banget ya.. Kasian itu pohon-pohon ditebang buat dijadiin kertas.

Mending kalo berguna, lebih sayang kalo kertasnya itu cuma dicoret-coret nggak jelas. “Aku orang gila” trus ditempel di punggung temen.

Atau kertasnya dibuat kirim surat cinta ke gebetan, tapi ditolak. Udah ngorbanin pohon tapi cinta ditolak. Pedih hati ini, jenderal!

Handy

Enggak usah bawa buku berat-berat. Cukup bawa 1 gadget dan powerbank. Kamu bisa baca ebook ini dimana aja, kapan aja.

Satu yang paling saya sukak ya.. Bisa baca buku sekalipun lampu dimatiin. Sambil nemenin Luna bobok dengan lampu tidur remang-remang, baca ebook deh sampe ikut ketiduran.

Bisa bayar pake pulsa

Kebanyakan transaksi di gadget itu kan pake kartu kredit ya. Nah, kalo Play Books ini beda. Bisa dibayar pake pulsa. Berlaku untuk operator Telkomsel, Indosat, XL. Ayolah.. mereka kan three musketeer operator di Indonesia.

Format epub (bukan pdf)

Ebook yang enak dibaca itu yang formatnya epub. Kalo pdf kan kita musti manual menyesuaikan lebar settingan buku dengan layar gadget. Harus zoom in, trus tar pas balik halaman harus zoom in lagi. Repot!

Tapi, kalo epub udah otomatis lebar settingan buku menyesuaikan dengan lebar layar gadget. Enggak perlu zoom in. Tinggal bolak-balik halaman aja kayak baca buku biasa.

Bisa dibaca di gadget mana aja, asal log in dengan email yang sama

Saya punya Play Books di tab dan hape. Semua log in dengan email yang sama. Kalau batre hape abis, tinggal lanjutin baca di tab. Lebih asik sih baca di tab, lebih lebar layarnya.

IMG_20150707_222348
Read now: buat liat ebook apa yang sudah dibeli. My library: buat liat ebook apa aja yang sudah dibeli dan diunduh sampelnya. Shop: buat browsing nyari buku yang mau dibeli.
IMG_20150707_222418
Read now: daftar ebook yang udah sukses dibeli. Tinggal antri dibaca. *yang entah kapan* >.<
IMG_20150707_222443
My Library – Samples: deretan ebook yang sudah diunduh sampelnya, udah diintip sampelnya. Kalo tertarik boleh lanjut dibeli. Kalo enggak suka tinggal hapus aja dari library.
IMG_20150707_222516
Shop: Browse aja judul ebook yang dicari. Bisa by categories atau top selling. Kalo saya langsung ketik judul dan nama penerbit atau penulisnya. Lebih cepet ketemunya.

Nah, trus caranya gimana?

Kalau android kalian baru, biasanya udah terinstal langsung di hapenya. Tapi kalau android lama (kayak punya saya), musti instal manual dulu di Playstore. Search Play Books, download gratis. Setelah itu log in pake email, trus browse deh judul yang dicari.

Bisa banget baca sampelnya dulu. Biasanya 10% dari total halaman. Kalau tertarik untuk lanjutin baru deh beli.

Cara belinya standarlah. Kalo pake CC, sama kayak kalo transaksi online pake CC seperti biasanya. Masukin nomor kartu, CVC, dan valid cardnya. Kalo pake pulsa, pastikan sinyal wifinya off dulu. Supaya Google bisa ngirim sms authorization ke nomor kita.

Ohya, only available on Android.

Eh, bisa sih diinstal ke app Google Chrome. Tapi masak ya mau bawa PC kemana-mana buat baca buku. Mending di gadget-lah.

5 thoughts on “#MyLifeAsEditor9: [App Review] Google Play Books

  1. Sekarang apa-apa serba elektronik dan praktis ya, Mak. Tapi ya harus rajin cari info ya. Kalau enggak, ya gak bakal tau ada kayak gini. Aku juga baru tau krn mampir ke sini. Hahaha. Katrok banget -_-

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)