Memaksimalkan HP untuk Ngeblog

wpid-photogrid_1443365761003.jpg
credit foto

Sejujurnya, saya ngeblog sudah lama. Persisnya, sejak Friendster dan Multiply masih booming. Lalu setelah dua sosmed terkenal itu tutup, hijrahlah ke Blogspot. Sampe akhirnya kena racun untuk bikin domain sendiri. Biar kelihatan keren gituu.. Nonirosliyani dot com. Trus alamat emailnya juga bukan et gmail atau et yahoo, tapi et nonirosliyani dot com. Wuiii…

Apalah arti blog kalau jarang diisi. Perpanjangan domain tiap tahun, tapi ngisi tulisan sebulan sekali. Dasar #horangkaya

Trus suatu saat, iseng gabung komunitas blogger. Dan baru tau, kalau dunia blogger itu sibuk dan prestigius banget. Asik ya ternyata. Duduk santai, nulis satu-dua postingan, rekening lancar. Foto-foto pake brand tertentu, nongkrong di tempat asik, klik post ke sosmed. Kelihatan gaul dan keren, aslinya semua diendorse dan dapatnya gratis!

Aduhh.. Nyesel enggak nekunin dunia blog dari jaman dulu. Enggak papa-lah, ketimbang nggak sama sekali. Belum terlambat buat saya untuk jadi blogger emak gaoel 2016. *karena 2015 berakhir sebentar lagi, jadi targetnya dipanjangin* :)))

Makanya, sejak tahun 2015 ini saya mulai getol nge-blog lagi. Targetnya: naikin ranking Alexa, nambah subscriber, jadi blogger berbayar, dan menang lomba blog.

Hahaha, banyak yaa? Padahal intinya cuma ini: optimalisasi blog sehingga bisa menghasilkan uang.

Tiap lihat temen-temen blogger yang diendors sama brand ini, datang event itu, dan menang lomba anu. Hati ini rasanya teriris-iris * lebay mode on*, kapan sih aku bisa seperti itu. Meski udah lumayan sih, gini-gini blog ini udah pernah ngasilin duit, meski belum segede temen-temen lain.

Salah satu cara untuk memaksimalkan blog sehingga bisa mencapai target itu adalah harus rajin posting. Nah berhubung saya suka males buka laptop kalau di rumah, jadi update blognya suka dari hp. Karena hp itu jauh lebih handy dan bisa ngetik sambil tiduran. Apalagi sekarang di hp udah banyak aplikasi yang seru dan gampang dipelajari oleh ibu-ibu gaptek kayak saya.

Semua aplikasi yang ada di hp pasti menunjang keinginan saya untuk memaksimalkan blog. Kamera yang pixelnya cetar sehingga foto-foto di blog lebih membahana, dan kapasitas memori yang mumpuni buat diinstalin aplikasi-aplikasi keren.

Saya punya beberapa aplikasi wajib yang harus ada di hp, salah satunya layanan push email. Penting banget nih! Jadi kalo ada email penting, seperti nawarin job review, bisa fast respon. Coba kalo baru buka email seminggu sekali, udah dipatok blogger lain tu kerjaan. Sayang kan..

Aplikasi lainnya yang wajib ada ini nih..

  1. WordPress

Blog ini pake wordpress. Setelah dulu ngerasain pake blogspot, sekarang hijrah ke wordpress. Enggak usah ditanya alasannya apa, ngikut Si Bapak aja yang dulu mbikinin. :)))

Enaknya pake aplikasi ini, enggak perlu copy-paste mindahin tulisan ke blog. Kalau enggak ada koneksi internet, bisa save di local draft. Tar baru deh pindah di draft atau publish.

Trus kalau ada comment baru masuk. Notificationnya muncul, jadi bisa confirm approve atau balas comment dengan lebih cepat.

  1. Cymera

Sejak kenal Android langsung jatuh cinta sama aplikasi ini. Terutama karena bisa atur brightness-contrast-saturation. Enggak perlu tergantung sama Instagram. Tinggal edit di sini pencahayaannya.

Tampilan foto-foto di blog jadi makin memukau!

  1. Photo Grid

Ini aplikasi photo editor lain yang saya cintak. Memang sih enggak bisa atur pencahayaan foto, tapi template fotonya buanyak dan grid fotonya jauh lebih beragam.

Udah pernah nyoba aplikasi foto yang lain, tapi enggak bisa pindah ke lain hati. Tetep deh pakenya ya ini lagi-ini lagi.

  1. Pinterest

Meski enggak jago desain, saya penikmat foto dan desain grafis lohh.. Biasanya, untuk mempercantik postingan blog saya ambil foto dari Pinterest. Tapiii… dengan credit tentunya.

Pinterest itu ibarat google image, tapi dengan image yang jauh lebih kece dan enggak mainstream. Selain itu, ide-ide DIY, tips parenting, dan aneka quote juga bisa didapatkan di sini.

  1. Social Media (Facebook, Twitter, Instagram, Google+)

Mau postingan dibaca banyak orang? Ya enggak boleh malu untuk share di semua sosmed. Gimana mereka bisa tahu bahwa kalian itu blogger, kalau masih malu-malu menunjukkan jati diri seorang blogger. #tsah

Kalau saya, mungkin malu-maluin, karena hampir tiap hari share blog post. Bhuahaha…

 photo infografis 1_zpsmakxzxn5.jpg

Pas nulis postingan ini, saya pake aplikasi-aplikasi itu juga loh.. Nulisnya di WordPress, browse image di Pinterest, edit fotonya di Cymera dan Photo Grid, trus share di semua sosmed.

Ketika cita-cita untuk lebih produktif didukung dengan teknologi yang mumpuni, semoga langit dan bumi bekerjasama untuk mewujudkan target dan impian saya itu. Yes, go for it!

Go For It Blog Competition

5 thoughts on “Memaksimalkan HP untuk Ngeblog

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)