Liburan Itu Bikin Boros

liburan bikin boros

Aloha wankawanku.. Selamat idul fitri ya, tuk kalian semua.. Mohon maaf lahir dan batin. Maafkan kalau tulisan di blog ini pernah ada yang menyakiti hati, menyinggung perasaan, atau sotoy-nya keterlaluan. Semoga semua ibadah kita diterima & kita jadi pribadi yang lebih baik lagi ya. Dan diperkenankan ketemu lagi di lebaran-lebaran tahun depan. Aminn..

*

Ngomongin libur lebaran. Cepet sekali sih, berlalu. Tiba-tiba udah harus kerja lagi. Ya gimana sih, karena THR itu fana kalau tidak diperjuangkan dengan bekerja.

Sementara banyak ibu-ibu yang pengin segera kerja lagi, karena tak sanggup ngurusin anak di rumah sendirian. Sedangkan aku.. hahaha.. Ternyata asik juga ya, jadi ibu rumah tangga.

Dengerin anak cuit-cuit, lantai nipak-nipak jejak kaki mereka. Kutakpeduli. Hahaha.. Mau makan jam berapa terserah, enggak tidur siang ya bodo amat, main sama temen di belakang rumah ya silakan. Semakin lama jadi ibu semakin pinter mengelola teknik “selow wae”.

Atau mungkin Luna sudah semakin besar dan lebih mandiri ya.. Jadi bisa lebih santai, enggak spaneng nyuapin dia, maksain dia tidur siang, atau worry berlebihan ketika dia main sama anak tetangga.

Capeknya liburanku itu cuma satu. Kebanyakan tidur. Bangun jam 7 siang, jam 11 udah ngantuk lagi. Biar enggak ngantuk harus dipake jalan-jalan. Tapi kalo jalan-jalan mulu, abis ini tar budget liburannya. Gimanalah…

Jadi inget kan, dulu pernah denger suami saya bilang sama tetangga, “Liburan itu bikin boros.” Dianya cuma berekspresi seperti, “Ohyaa?” Dan saya yang denger seperti pengin nyamber, “Emang situ enggak ya?”

*

Liburan itu bikin boros. Tapi tergantung keluarga masing-masing ya..

Ada yang kalo liburan selalu keluar rumah, kayak saya. Minimal ngemall, main ke alam-alam, berenang, nonton, atau pulang ke rumah orang tua. Dan mudik itu kan butuh duit juga yaa.. Itu mobil emang bisa jalan kalo diisi air doang.

Ada temen yang kalo liburan harus makan di luar rumah. Karena emang hobi kulineran. Dan plislah.. Kan udah tiap hari masak dan makan masakan rumahan.

Tapi ada juga yang kalo liburan, betah banget di rumah. Hibernasi, parade drakor, main sama anak di taman gratisan, atau cooking experience. Heh, bereksperimen di dapur itu juga butuh modal loh. Semakin aneh-aneh masakanmu, apalagi bikin menu ala-ala restoran bintang Michelin, jelas butuh bahan-bahan yang lumayan juga.

Jadi kalo ada yang liburan itu malah bisa irit. Kusungguh wow. Gimana sih, caranya? Plislah, kasih tau.

*

Kalo kata suami kemarin, itu tergantung gaya hidupmu, darling.. Hidup enggak kiamat kok, kalo enggak ngemall atau jalan ke alam-alam, atau kulineran di tempat hits tiap weekend. Ada weekend yang tetap hemat dan minim budget.

Cuman, semakin kamu terpapar dunia maya, semakin beda gaya hidupnya. LOL

Tapi ya, daripada di rumah-rumah aja. Cuman tidur-bangun-tidur-bangun sampe bego. Sungguh ini bukan refreshing dan recharge tenaga. Yang ada, hari Seninnya badan rontok semua karena kecapekan tidur siang.

Jadi ya udah nggak papa kalau libur itu bikin boros. Ada kepuasaan yang enggak bisa ditukar pake uang. Bahagia, ketika bisa ajak anak berenang di waterpark atau main di Kidzoona mall. Makin lengket sama pasangan, ketika bisa pacaran nonton bioskop. Atau bahagia ketika lidah bisa merasakan menu makanan yang beda dari biasanya, dan mata dimanjakan sama suasana makan yang seru.

Karena kebahagiaan itu bisa mendatangkan produktivitas di hari-hari selanjutnya.

Libur lalu boros, gak papa.. You deserve it, darl!

*

Tapi kalo borosnya over budget gimana?

Sudah ketahuan belum, alokasi borosnya dimana? Ya udah, dievaluasi aja trus besok dijagain. Dan dicari cara biar enggak bocor lagi. Percaya deh, orang yang sekarang bisa liburan foya-foya tapi on budget itu dulunya pernah pasti mengalami fase overbudget. Tinggal kitanya, punya keinginan untuk belajar dan memperbaiki apa enggak.

Yang sudah berlalu biarlah berlalu. Sekarang kerja lagi, nyari duit buat nuker yang kemarin bocor. Dan biar weekend besok bisa bersenang-senang lagi.

Hari Rabu besok aku sudah masuk, anyway.. Konekin otak sama tinggalan kerjaan butuh waktu 3 hari. Abis itu udah libur lagi. LOL

One thought on “Liburan Itu Bikin Boros

  1. kalo aku, santaaai waeee laaah :D. liburan itu buatku wajib sih sbnrnya… ga bisa aku mba, udh capek2 kerja, walo cuma meres otak bukan tenaga, itu bikin stress tanpa ada refreshing. makanya tiap bulan aku slalu alokasiin dana utk liburan. pasti ada dan ini bukan dana yg bisa diutak atik apapun reasonnya. aku lbh milih budget lain dikurangin drpd motong dana traveling.

    aku ga prnh over budget, ya mungkin krn segala sesuatunya udh aku planningin dr awal. makanya kalo bikin itin, aku pastj sekalian ama budget msg2 aktifitas, kayak sarapan, lunch, dinnernya bakal berapa, tiket masuk wisata berapa, sampe aku sediain dana emergency. so, g akan ada yg namanya over budget.

    dibilang boros, tergantung persepsi orang :p. bagi yg menganggab traveling segalanya, itu samasekali ga boros. buatku malah kebutuhan primer yg wajib ada :D.

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)