Kepincut Sama Kecombrang

foto credit to Kokidol
photo credit to Kokidol

Makanan yang lagi hits banget di pergaulan saya adalah sambal kecombrang. Yes, ada yang tau kecombrang?

Kecombrang yang di sini dikenal dengan nama Honje adalah sejenis bunga yang bisa dimakan. Biasanya dijadikan campuran makanan dan lebih gampang ditemui di makanan khas bali.

Kalo di Jogja, saya suka banget sama sambal kecombrang yang dijual di warung makan Ken Arok. Coba deh main ke arah timur Jogja. Di jalan raya Jogja-Solo, sebelah utara jalan ada warung makan sederhana namanya Ken Arok.

Kalo kalian lihat chef dengan apron putih dan pakai topi chef tinggi. Berarti kalian udah di tempat yang tepat. Denger-denger, chef ini dulu mantan chef di Hotel Ambarukmo. Trus keluar dan bikin tempat makan ini, yang jual mie jawa, nasi goreng, magelangan, dan ikan sambal bali.

Boleh ditanya, apa hubungannya ikan sambal bali dengan mie jawa. Saya juga enggak tau. Cuman yang saya tau, ikan sambal balinya uenak buanget. Dan sambal balinya ini yang ada kecombrangnya.

Saya pernah beli sambalnya doang. Bayar 5000 dapetnya udah banyak banget. Tapi enggak boleh beli banyak-banyak. Gak tau juga kenapa. Jadinya waktu itu cuma beli 2 bungkus sambal balinya doang.

sambal-goreng-kecombrang

Ada satu lagi tempat hits makan kecombrang di Jogja. Main ke arah Kota baru deh. Persis sebelum cafe Semesta ada restoran keren namanya Mak Combrang. Dulu sih namanya Kecombrang. Entah kenapa trus diganti. Tapi menu dan harga tetep sama kok.

Sesuai namanya, jadi menu di sini pasti ada kecombrangnya. Ada yang pedes, ada yang enggak. Bagi yang enggak suka pedes tapi pingin ngerasain kecombrang, ini tempat yang paling aman. Pedesnya level cemen, tapi rasanya okei punyak. Saya sih paling suka nasi goreng kecombrang dan ayam goreng kecombrang. Hhhmmm…. endes banget.

Saking ngehitsnya kecombrang di pergaulan saya inih, sampe-sampe temen saya kemarin impor kecombrang dari rumah mertuanya di Perlis, Malaysia. Padahal ya.. mungkin kalo kami mau dan telaten hunting di pasar-pasar tradisional, pasti bakalan dapetin itu kecombrang. Asal bilangnya ke penjual di pasar, Honje bukan kecombrang.

Cuman.. kami kan princess yang busy. Agak rempong kayaknya bawa bayi hunting ke pasar tradisional. Jadi saya mah seneng-seneng aja ketika si Kokidol syahabat saya ini menciprati saya dengan sambal kecombrang buatannya. Alhamdulilah, rejeki istri solehah…

sambal-kecombrang-ayam-krispi

Tapi setelah kecombrangnya doi abis, saya ikutan sedih. Karna artinya perburuan saya akan kecombrang cuma ke tempat-tempat tadi. Pasti ada sih tempat lainnya, seperti Sakanti, nasi bali uenak yang ada ayam suwir kecombrangnya. Ada di daerah Jl. Palagan. Puedes-puedes endes.

Karena nyari kecombrang itu buat saya susah, bagaikan mencari batu akik di tumpukan batu kerikil. Akhirnya weekend 2 minggu yang lalu, kreasi sendiri bikin sambal matah bali pake serai. Tinggal iris-iris cabe rawit, bawang merah, serai, daun jeruk, trus dicampur pakai perasan jeruk nipis. Terakir, digoreng pake minyak dikit. Dan, walaaa.. jadilah sambal matah ala-ala bali homemade.

Enggak kalah pedes endes sama sambal kecombrang. Lumayanlah buat obat kangen makan kecombrang.

sambal-matah-bali

Anw, kalo ada yang tau tempat makan rekomended lain di Jogja atau kota lain yang ada sambal kecombrang-nya, saya dikabarin ya..

10 thoughts on “Kepincut Sama Kecombrang

  1. Heheheee…. kangen kecombrang obatnya sambel jeruk nipis ya 😉 Kecombrang ini dulu saya taunya dicampurin di urap dan lodeh. Eeeh nggak taunya dicampurin sambel ya endeeezzz… Sayang udah agak lama nih kecombrang di kebun saya lagi nggak berbunga.

  2. Kalo di Lahat itu namanya unji. Harganya murah bingits. Satu ikat cuma dua ribu aja. Paling enak dibuat sambal dan dimakan sama lauk ayam masak nanas khas Lahat

  3. sukaaaa mba ama sambel kecombrang… kmrn temenku ada yg jual, botolan gitu… enak bgttttttt… cuma 25rb.. dan aku jdiin cocolan arem2 :D.. Trs makan pake nasi panas gitu aja, lebih endeuuuss bgtttt… duh, jd pgn lagi…wanginya itu loh yg bikin nagih ya…dan kecombrang ini srg dipake di makanan khas tapanuli, daun ubi tumbuk.. mamaku srg bikin… jd wangi sayurnya..

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)