Ikhtiar Demi Kesehatan Anak

Ikhtiar Kesehatan Anak
[sponsored post]

Kenapa sih, anak kecil enggak suka tidur siang? Mereka hanya akan tidur siang kalau dipaksa. Bahkan sudah dipaksa dan dikondisikan pun masih aja susah. Dikeloni, yang bakal tidur duluan yang ngeloni. Sementara anaknya sibuk mainan sendiri di ujung kamar. Jadi tahu sih, kenapa lama-lama Luna menolak di daycare karena ada jadwal tidur siangnya. -____-

Awalnya, saya khawatir dan saklek banget perkara tidur siang. Anak kecil kan wajib tidur selama 13 jam dalam sehari, karena tidur itu penting untuk pertumbuhan otaknya. Tapi melihat Luna yang makin gede makin menolak tidur, lama-lama woles. Ketimbang capek menyiksa diri dengan memaksanya tidur siang, ya udah kasih kesibukan aja di siang hari. Biar di waktu yang seharusnya tidur siang bisa lebih bermanfaat.

Makanya, waktu les bahasa Inggrisnya pilih di siang hari, setelah pulang sekolah. Kirain, perjalanan pulang les bakal tidur di jalan, ternyata melek lohh.. Matanya bulet banget, sampai rumah bugar. Heran, ini anak emang beneran enggak suka tidur siang deh..

Baca juga: Kecil-Kecil Les Bahasa Inggris

Jujur ya, kadang saya mengkhawatirkan kesehatannya. Udah aktivitasnya banyak, enggak tidur siang, hobinya main lari-larian, sepedaan, panas-panasan di luar rumah. Ya ampun, luar rumah itu kan banyak virus dan bakteri.

Tapi, membatasi aktivitasnya juga bukan solusi. Anak butuh kesempatan untuk mengeksplore banyak hal, di dalam ataupun di luar ruangan. Akhirnya, beberapa ikhtiar dilakukan supaya kesehatannya tetap terjaga, sekalipun sibuk main, sekolah, dan berkegiatan lain.

  • Kasih madu dan vitamin

Pastilah ya inituu.. Madu dan vitamin tambahan udah kayak autopilot para orangtua. Bukannya enggak pede dengan kandungan vitamin yang ada di makanannya. Tapi biar lebih mantap, kasih madu dan vitamin tambahan, enggak ada salahnya.

  • Makan 3 kali sehari

Wajib inituu.. Apalagi buat anak yang tiap mau makan selalu drama. Ya makan 3 kali sih, dengan porsi cukup, di luar snack time-nya. Tapi yang bikin kesel itu drama before makannya. Buibu, kasih saran dong, biar jam makan anak itu enggak penuh drama.

  • Gizi seimbang, makan sayur dan minum susu

Ini juga wajib. Sayur penuh kandungan vitamin yang baik untuk pertumbuhannya. Susu juga sama. Di piramida gizi seimbang emang enggak disebutkan susu sih.. Tapi saya aliran orang yang percaya bahwa susu punya peran signifikan untuk tumbuh kembang dan kesehatan anak.

  • Jaga kebersihan kamar

Semenjak Luna punya kamar sendiri, saya selalu latih dia untuk menjaga kebersihan dan kerapian kamarnya. Keluar kamar, lampu dimatikan. Selesai main, mainannya dibereskan. Bangun tidur, bantal guling dirapikan. Bisa kok, anak usia 5 tahun dilibatkan untuk ini. Bahkan diajak ngepel lantai kamarnya sendiri. Ini mah, malah seneng. Dia berimajinasi lagi main ski di atas lempengan es.

  • Cuci tangan dan kaki

Ini juga sudah autopilot setiap pulang dari bepergian. Kayaknya sih, tangan kaki bersih ya.. Tapi kalau ada mikroskop, bisa keliatan virus dan bakteri yang nempel. Mana inget sih, tadi selama pergi sudah pegang apa aja. Jadi, wajib banget cuci kaki dan tangan pakai sabun. Urutan cuci tangan yang direkomendasi IDI sudah banyak disebar. Coba googling aja.

  • Mandi bersih 2 kali sehari

Wah, ini jelas enggak bisa ditawar. Apalagi kita tinggal di negara tropis. Cuacanya lembab, bikin badan mudah lengket kena keringat. Luna bayi kena demam aja, saya mandiin. Apalagi udah gede gini, yang polahnya makin aktif. Wajib banget, mandi bersih 2 kali sehari.

Ikhtiar Kesehatan Anak

Ngomongin cuci tangan, kaki, dan mandi. Sabun yang saya pakai untuk itu semua adalah merk warisan turun-temurun dari orang tua. Sejak belum nikah sampai udah hampir 7 tahun nikah, merknya enggak pernah ganti. Yang ganti-ganti cuma bentuk sabunnya aja. Dulu pakai sabun batang, sekarang sabun cair. Tapi merknya sama, sabun Lifebuoy awet sepanjang masa.

Semenjak Luna udah 5 tahun, sabunnya juga udah mulai beralih ngikutin orang tuanya. Dulu, saya masih rajin beliin dia sabun bayi, yang enggak pedih di mata. Tapi lama-lama, dia lebih tertarik dengan sabun punya orang tuanya. Yang awalnya cuma colek-colek dikit, akhirnya dipakai terus-terusan sampai sekarang.

Dan karena udah gede ini juga, dia udah belajar mandi sendiri. Tiap sore, masuk kamar mandi dan diemin aja deh. Dia bakalan betah mandi dan berendam bareng Lifebuoy sabun cair selama setengah jam. Teksturnya lembut, wangi, dan kesat. Selesai mandi langsung kerasa bersihnya.

Luna emang masih anak-anak, tapi untungnya semenjak ganti sabun, enggak ada keluhan satupun. Kulitnya baik-baik aja. Makin rajin cuci tangan pakai sabun, malah. Ya soalnya Lifebuoy ini sabun cair aman untuk keluarga. Belinya satu, dipakenya rame-rame.

Dari beberapa varian aroma sabun cair Lifebuoy ini, paling suka Lemon Fresh. Aroma lemonnya kerasa segar banget. Pantes ya, dia betah banget mandi dan mainan sabunnya. Kalau enggak dipanggil, bisa jadi diperpanjang 1 jam bubble bath time-nya.

Trus tahu-tahu sabun di botol kenapa cepet abisnya ya.. -____-

Kalau beli lagi gampang sihh.. Di semua toko kelontong deket rumah, pasti ada. Apalagi di supermarket jelas ada. Tapi kalau pengin coba-coba dapetin fresh vouchernya, bisa main ke websitenya https://www.lifebuoy.co.id/

Ikhtiar Kesehatan Anak

Merk default bawaan orang tua biasanya terbawa sampai kita dewasa gini. Berarti kalau dihitung-hitung udah lebih dari 20 tahun pakai Lifebuoy setiap hari. Padahal merk sabun-sabun keluarga lain bermunculan, tapi tetep aja milihnya Lifebuoy Indonesia.

Dan seperti yang turun-temurun diajarkan orang tua ke kita dulu. Ngajarin anak untuk rajin cuci tangan, kaki, dan mandi bersih pakai sabun adalah salah satu bentuk ikhtiar demi menjaga kesehatannya.

Kalian juga, jangan males mandi ya!

11 thoughts on “Ikhtiar Demi Kesehatan Anak

  1. Nah benar, anak memang pastinya aktif, so harus ada antiseptic seperti lifebuoy ini setiap saat terutama kalau anak mau makan camilan or apapun yang dia habis pegang macem2 seharian.

  2. Anakku yang pertama usia 6 tahun, udah nggak mau tidur siang sejak usia 4,5 tahun, kalau adiknya sekarang usia 3,5 tahun masih suka tidur siang, kadang tidur siang tanpa disuruh

  3. Dirumah juga pakai Lifebuoy..wanginya segar dan anti kuman juga. Pilih yang cair agar tetap higienis..karena kalau pake yang batang kadang licin n suka jatuh dilantai kamar mandi..

  4. Untuk urusan mandi, cuci tangan dan kaki, keramas, ini anak-anak emang ada masa-masa senengnya. Ya kayak Luna, anak-anakku juga gitu, Mbak. Kalau main sama air dan sabun atau shampoo, bisa lamaaa dan tiba-tiba abisnya udah banyak. Hiks. Mau marah ya percuma. Tapi kalo gak marah takut jadi bisul -_-
    Btw keluargaku juga suka pake Lifebuoy, selain sama sabun satunya 🙂

  5. Wah sabunnya sama mbak. Gak tau knp sampai skrng aku jg makainya Lifebuoy 😀 Udah percaya aja itu sabun keluarga 😀
    Aku kadang pakai yang kemasan merah, kdng pakai yg biru tua, or biru muda 😀

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)