Cara Mewujudkan Rumah Minimalis

Cara mewujudkan rumah minimalis

Beberapa hal yang saya lakukan beberapa tahun sebelum resign adalah melunasi hutang, kecuali hutang KPR. Alasannya karena suku bunga KPR rumah ini flat dan sangat tidak membebani. Jadi, enggak masalah kalau bakal nyicil sampai beberapa tahun ke depan.

Setelah tahun lalu kami melakukan renovasi rumah yang cukup besar, jadi tugasnya adalah mengembalikan dana darurat ke posisi semula. Paling tidak, ketika sudah tidak bergaji, semua kebutuhan primer sudah terpenuhi.

*

Sudah 3 tahun ini saya tertarik dengan konsep hidup minimalis. Rasanya lebih mindful dan tenang. Pas banget dengan kondisi saya kemarin (sebelum resign), apalagi saat menghadapi pandemi.

Sejalan dengan ketertarikan pada minimalism lifestyle, jadi tertarik juga sama rumah minimalis. Mumpung lagi antusias menata rumah pascarenovasi, pelan-pelan mulai mengumpulkan ide interior rumah minimalis.

Sebenernya, konsep rumah minimalis itu enggak berarti harus serba putih atau grey dan yang harganya mahal. Karena sama aja kalau kita punya rumah minimalis ala Scandinavian, tapi penuh dengan barang-barang. Atau, misalnya pun barang-barang sudah rapi pada tempatnya, tapi ternyata banyak barang yang enggak berguna. Enggak jadi minimalis deh

Ketika kita merasa tidak punya waktu, mungkin pikiran dan barang-barang kitalah penyebabnya.

Menjalankan hidup yang mindful dan minimalis adalah hal yang saya impikan dan berusaha wujudkan sekarang. Walaupun belum sempurna, tapi setelah bekerja di rumah dan lihat rumah yang sudah lebih lega, jadi makin semangat untuk terus belajar menjadi minimalis.

Selanjutnya, ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkan rumah minimalis.

  • Tentukan tone warna yang paling disuka

Rumah minimalis dekat dengan tone warna putih dan grey. Saya sebenernya kurang suka dengan warna grey karena terkesan pucat. Interior putih pun kurang pas buat saya karena gampang terlihat kotor. Jadi, saya memilih tone warna cokelat natural seperti kayu.

  • Pilih furniture yang tepat, sebisa mungkin multifungsi

Saya menghindari furniture yang penuh dengan ukiran-ukiran karena susah sekali dibersihkan. Sebaliknya, lebih baik memilih furniture yang multifungsi. Jadi, selain bisa untuk mempermanis ruangan, juga bisa dipergunakan untuk fungsi yang lain. Misalnya, meja TV yang bisa difungsikan sebagai rak buku.

  • Gunakan barang bekas atau DIY

Ketika pengin memiliki rumah minimalis, enggak perlu buru-buru membuang interior yang sudah ada. Jangan-jangan kita masih membutuhkannya atau sebenernya masih bisa dirombak supaya terlihat lebih menarik lagi. Bahkan, kita juga bisa membeli produk second hand yang masih bagus kualitasnya.

  • Bikin budgeting dan menabung

Ini yang sedang saya lakukan sekarang. Saya bikin list beberapa barang yang diincar. Tidak buru-buru dibeli, tetapi dikumpulkan dulu budgetnya sembari terus memikirkan ulang, apakah kami benar-benar membutuhkan barang tersebut. Apakah barang tersebut memberi kebahagiaan buat keluarga kami.

  • Rajin beresin rumah dan tata barang-barang pada tempatnya

Ketika nantinya rumah minimalis sudah terwujud, jangan lupa untuk rajin membereskan rumah dan menata barang pada tempatnya. Sayang banget kan, rumahnya sudah indah, tapi barang-barangnya berantakan. Asal memasukkan barang ke dalam lemari atau laci bukanlah solusi. Lebih baik ditata dan dikurasi lagi mana barang yang masih dipakai, mana yang tidak.

Kategori pengelompokkan barang:
  • Inner Circle: barang yang setiap hari digunakan, letakkan di tempat yang mudah diraih.
  • Outer Circle: barang yang digunakan seminggu sekali, letakkan di laci atau lemari.
  • Deep Storage: barang yang digunakan 6 bulan atau setahun sekali, atau jika dibutuhkan, letakkan di loteng atau gudang.

Interior style minimalis memang sedang tren ya akhir-akhir ini. Kini desain interior properti di pasaran juga telah banyak yang mengaplikasikan gaya minimalis, sehingga memudahkan penghuninya untuk menata ruangan dan menjalankan gaya hidup yang lebih efisien dan menentramkan.

Misalnya, untuk teman-teman yang sedang mencari properti hunian yang mendukung gaya hidup minimalis ini, Vasanta Innopark bisa jadi pilihan yang menarik.

Apartemen yang berada di Cikarang, Bekasi ini dibangun dengan inspirasi desain gaya Jepang yang minimalis. Desain interior unit apartemennya tampak estetik, clean dan fungsional.

Tapi, kembali lagi ya.. Pahami dahulu konsep hidup minimalis dengan benar. Jadi, kita enggak terjebak asal membeli produk dengan embel-embel minimalis, tapi ternyata enggak kepakai atau menuh-menuhi ruangan aja.

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)