Apa Permainan Kecilmu?

Gini-gini, saya ini pengajar sekolah minggu alias sunday school di gereja lho.. Selama sekian tahun mengajar, saya paling senang kalau mengajar anak-anak kelas A, atau yang masih kelas playgroup sampai kelas 3 SD. Ulah mereka lucu-lucu, tingkah polahnya aneh-aneh. Bikin geleng-geleng, angguk-angguk, bahkan juga ketawa-ketawa. Seru deh….

Nah, percakapan ini terjadi kemarin minggu pagi.

“Adik-adik sekarang kan udah libur sekolah ya… Kalau libur gini, biasanya main apa?”

“Main Komputerrrrr…”

*wew! anak jaman sekarang canggih ya bo…*

“Ohh, yaa.. Vansa main komputer. Kalau yang lain?”

“Main PS…”

*ini lagi, saya dulu mah tahunya main gamewatch*

“Oke, yang lain? Adik-adik yang cewek ini?”

“Main masak-masakan.”

*oh, thank God, ada juga yang mainin permainan favorit saya ini*

“Aku main Gobak Sodor.”

*asyikk.. ada juga yang mainin permainan tradisional.*

“Aku pernah main Gobak Sodor di hapenya yang kung.”

*saya kembali geleng-geleng kepala lagi.*

Yang saya herankan (hhmm.. heran dan kagum yg beda tipis), Gobak Sodor – permainan tradisional itu, kenapa ada di hape ya… Canggih nian! Tapi di mana letak serunya kalau main Gobak Sodor pake hape ya..

Sekarang, saya jadi bertanya-tanya. Bagaimana sih, asal muasal permainan ndeso yg seru itu?

Gobak Sodor dimainkan oleh dua tim. Misal totalnya ada 8 orang pemain, dibagi aja jadi 2 tim, jadi masing-masing 4 orang. Cara baginya? Hompipah alaium gambreng dong…

Trus, tinggal suit aja deh, kelompok mana yang jaga, dan kelompok mana yang harus berjuang melewati pintu-pintu penjaga itu.

Cara mainnya? Begini….

Tim Hitam vs Tim Merah.

Nah, Tim Hitam ini si penjaga pintu di masing-masing titik. Mereka bertugas menjaga pintu supaya tim merah tidak bisa masuk. Mereka bebas bergerak ke kiri kanan.

Sedangkan Tim Merah ini yang harus bisa menerobos pintu-pintu lawan, boleh masuk lewat sisi kiri atau sisi kanan. Asalkan enggak kena / tersentuh oleh lawan dan bisa lolos sampai ke ujung finish.

Di daerah lain, Gobak Sodor ini dikenal dengan nama Galah Asin atau Galasin. Entah, mana yang lebih dulu. Tapi, kalau dari asal muasal nama.. Gobak  Sodor berasal dari bahasa inggris “go back through the door”. Yah.. mungkin karena harus menembus pintu-pintu jadi namanya begitu ya..

Sedangkan kenapa namanya Galah Asin atau Galasin. Ada juga yang menyebutnya itu berasal juga dari bahasa inggris “go last in”.

Hhmm.. Apapun namanya. Permainan ini sungguh seru dan menguras energi. Teriak kalau kena. Lari secepat-cepatnya, dan berkelit supaya badan tidak tersentuh lawan.

Lebih baik, jangan mainin Gobak Sodor di hape deh. Karena lebih asyik main Gobak Sodor bareng sama temen-temen. Oke adik-adik…. 😉

>> Kalau kamu, apa permainan masa kecilmu dulu?

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)