#1000BooksForKids: Gajah Bersin

image

Reading Friday-nya telat. Soalnya Jumat tadi sibuk berat. Lagi bete pula. Mungkin karena lagi PMS. Hahahaha.. penting ya?

Mau share #1000BooksForKids lagi ya.. Inget sibuk sama kerjaan, inget juga sama kantor. Bersyukur saya kerja di kantor yang buku-bukunya keren-keren. Kalau saya beli diskonnya bisa sampe 50%. Surga banget kan ya buat penggemar buku.

Salah satunya saya manfaatin buat beli buku-buku anak. Saya belinya di Mizan Book Corner. Tinggal turun ke bawah, jalan ke depan. Pilih buku, sebutin nomor induk karyawan. Bayar dengan diskon karyawan. Selesai. Pulang-pulang, bawain buat Luna. Dan dia selalu excited sama semua benda yang saya bawa sepulang kerja. Termasuk itu sayur atau baju kotor. -____-

Jadi bukunya itu ini:

Gajah Bersin
penulis: Iwan Yuswandi
ilustrator: Faza
Seri Halo Balita
Penerbit: Pelangi Mizan
Hard cover

Buku ini bercerita tentang seekor Gajah yang pingin lihat Tikus yang sedang melukis. Bukan cuma lihat aktivitas melukisnya, tapi juga hasil lukisannya.

Masalahnya, karena Gajah ini buesar, jadi setiap posisi duduk atau berdirinya selalu mengganggu Tikus. Misal dia duduk di depan, menghalangi pandangan Tikus yang mau melukis pemandangan. Geser ke kanan-kiri pun tetap menghalangi pandangan tikus. Kan badannya Gajah buesar.

Akhirnya ada satu posisi yang pas. Tikus tetep bisa tenang melukis, dan Gajah juga bisa melihat hasil lukisannya dengan nyaman. Tapi… tapi… posisi itu ternyata bikin hidung Gajah geli dan akhirnya dia bersin.

Kenapa bisa begitu?? Baca aja sendiri. :)))

image

Waktu bacain cerita ini saya coba praktekin reading aloud. Plus enggak saklek baca teksnya. Tapi ditambah-tambahin dikitlah. Biar lebih ekspresif.

Misal pas Gajah berjalan. Pakai ekspresi “bum-bum-bum”. Dan ketika Gajah bersin, ekspresikan bersin juga.

Hasilnya, Luna pun sukses niruin bersin berkali-kali sambil ketawa. Mungkin buat dia bersin itu lucu kali ya. :)))

Etapi, reading aloud itu banyak manfaatnya loh. Salah beberapanya menumbuhkan minat baca, memperbanyak kosakata, perkembangan otak, dan kemampuan bahasa.

Kapan-kapan saya bahas reading aloud ya…

Sekarang dipraktekin dulu. Bacain cerita dengan suara keras. 🙂

2 thoughts on “#1000BooksForKids: Gajah Bersin

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)