Wisata Keluarga Tanpa Mall di Jogja

tugu jogja

Libur akhir tahun sebentar lagi. Udah pada nyiapin liburan di mana nihh… Sini, main ke Jogja aja. Banyak tempat seru dan baru di sini. Gak pa-pa, Jogja dibuat macet tiap musim liburan. Kan, saya juga nggak ngerasain, karena gantian menuh-menuhin jalanan di luar kota. Huahahaha….

 

Dulu, Jogja tu masih sepi mall. Tiap mau ngemall harus jauh-jauh ke Malioboro, berangkat jam 4 sore, biar dapet parkiran mobil. Kalau kurang beruntung, dapet parkirnya di luar mall dan harus jalan kaki jauh.

Tapi selanjutnya mall-mall mulai bertebaran. Setelah Galeria (tempat gaul dulu pas masih pake seragam putih abu-abu), lalu muncul Plaza Ambarukmo (yang katanya mall terbesar se-DIY Jateng), setelah itu ada Jogja City Mall (mall terhits tahun ini), lalu sudah ada juga Lippo Mall dan J-Walk Mall yang ada di deket kampus saya. Dan terakhir, Mall Hartono, yang akan soft launching besok November.

Wuuuu…. asiikkkk…. *muka-muka hedonis* :)))

Tapi saya bukan orang yang suka ngemall dink. Terpengaruh Si Bapak tepatnya. Dulu pas masih pacaran juga ngemall sebutuhnya aja. Sekarang setelah nikah, kami juga lebih milih pergi ke tempat-tempat terbuka, dekat pusat kota, dan asyik buat nongkrong bareng bayi.

Menurut Maria Montessori, bermain di luar minimal 1 jam per hari sangat disarankan untuk anak-anak. Ayooo.. ajak anak-anak main di luar atau selain ke mall.

Seperti tempat-tempat ini:

1. Taman Pelangi
Asikk nih tempatnya. Ada di pinggir jalan persis Ring Road utara. Memanfaatkan halaman sekitar Monumen Jogja Kembali, dengan memberi lampion-lampion hias yang cantik-cantik. Ada beberapa wahana bermain juga. Setiap objek lampionnya layak banget buat foto-fotoan trus share ke instagram. Buka dari jam 16.00 sampai jam 21.00. Saran kalo mau mendapatkan foto lampion yang cantik dan terang di gelap. Mending datengnya jam 18.00 ke atas.

2. Taman Pintar
Ayooo… ajak anak-anak kita liburan yang bermanfaat dan bikin pinter. Namanya aja taman pintar, jelas semua wahananya bikin dia pinter. Lihat aneka binatang laut, dinosaurus, mengenal aneka planet dan benda luar angkasa, mengenal tokoh-tokoh perjuangan Indonesia, belajar prinsip-prinsipfisika dalam kehidupan, dan kalo cuma mau seru-seruan, main kapal-kapalan aja atau mandi air mancur. Anw, ini salah satu tempat wisata wajib saudara sepupu saya yang masih SD, ketika main ke Jogja. Letaknya sama sekali enggak jauh. Cuma di dekatnya Nol Kilometer alias dekat Malioboro.

3. Sindu Kusuma Edu Park
Nih, tempat baru yang asik banget. Lokasinya di Jalan Magelang. Dekat banget sama pusat kota. Kalau main ke sini belum sah kalau belum foto sama Bianglala besar yang keren itu. Asik deh, bisa melihat kota Jogja dari ketinggian. Selengkapnya tentang tempat ini, bisa dibaca di sini.

4. Gembiraloka Zoo
Tiket masuk: Rp 25.000. Mahal? Lihat dulu fasilitas dan kualitas kebun binatang ini. Kebun binatang Gembiraloka sekarang sudah jauh bertransformasi. Binatang koleksinya makin banyak, tempatnya bersih, enggak bau, dan yang pasti ramah banget buat bayi. Sekalipun perjalanan menikmati binatangnya kadang menanjak, tapi ada jalur khusus stroller dan ada kereta mini juga yang siap angkut kita kalau capek jalan. Binatang terkeren di GL Zoo adalah koleksi aneka reptilnya, burung, dan… ada Pinguin juga. Bisa dibayangin, Pinguin masuk ke Jogja. Ruangannya di sana uademmmm buangetttt. Ohya, GL Zoo sudah meraih nilai terbaik untuk kebun binatang se-nasional lho.. Enggak usah khawatir, letaknya deketttt banget sama pusat kota. Dari Malioboro atau Taman Pintar, tinggal ke timur aja beberapa kilometer.

5. Monumen Serangan Umum 1 Maret
Ayooo nongkrong-nongkrong gaul di sini. Tiket masuk: Gratis. Biar disangka masih mahasiswa, padahal udah kepala tiga yang ngembol anak bayi. Biarkan anak-anak lari-larian sepuasnya, trus kita selfie berdua sama suami. Jangan lupa, foto-foto juga sama patung-patung artistik buatan seniman Jogja yang ada di luarnya. Lalu share Instagram dan add place: Kawasan Nol Kilometer, Malioboro.

6. Alun-Alun Kidul
Wisata outdoor supermurah yang ada di area keraton Jogja. Anak-anak bisa lari-larian sepuasnya di sana. Sambil kita lesehan makan jagung rebus di pinggir jalan. Atau mau buktikan mitos atau fakta, kalau bisa jalan lurus dari ujung ke tengah alun-alun melewati dua pohon beringin, dengan mata tertutup, maka keinginan kalian akan terkabul. Coba deh. Tidak semudah yang dikira. :))))) Ohya, serunya lagi sekarang sudah ada mobil kayuh warna-warni. Seru buat main sama keluarga.

7. Museum De Mata

museum de mata.jpg
[sumber foto]
Museum yang juga ada di Semarang, Palembang, Surabaya ini, sekarang ada di Jogja tepatnya di area XT-Square alias ex-terminal lama Umbulharjo. Enggak perlu jauh-jauh ke Singapore buat foto-foto sama lukisan 3 dimensi. Main ke Jogja aja. Trus share ke Instagram. Tar dikira di luar negeri. :)))))

 

Tu kann… Sekalipun Jogja mulai diserbu mall dan hotel, tapi masih ada wahana bermain keluarga kok. Yang saya sebutin itu yang lokasinya di pusat kota semua. Belum yang ada di Jogja pinggiran. Masih ada Grand Water Park punya Ciputra Grup, yang tinggal 5 menit doang dari rumah saya. Atau… waterboom baru tinggal jalan kaki dari rumah uti-kakungnya Luna, dan sekarang masih proses pembangunan.

Belum lagi Kaliurang yang makin yahud taman bermainnya, merasakan sensasi memetik buah segar di Kebun Buah Mangunan, atau bablas main ke deretan pantai-pantai eksotis di Bantul dan Gunung Kidul.

Ayooo… kapan ke Jogja. Jangan lupa main ke rumah saya ya..

 

*dedicated to my lovely city, yang tanggal 7 Oktober ini sedang berulang tahun ke-259*

10 thoughts on “Wisata Keluarga Tanpa Mall di Jogja

  1. iya betul, tapi kota tempat tinggalku gak ada ruang terbuka seperti taman yg bisa digunakan untuk sekedar duudk-duduk, makanya suka iri lihat kota yg punya banyak runag terbuka hijaunya

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)