Travelers Couple: Manda dan Panda

Travelers Couple: Manda dan Panda

Satu tahun yang lalu, untuk kedua kalinya saya ikut acara yang diselenggarakan oleh KEB. Setelah kali pertama datang di acara sharing bareng Gendhis Bag, lalu yang kedua ini Arisan Ilmu yang diadakan di rumah salah satu blogger, Primastuti Satrianto atau yang sering dipanggil Ima atau Manda.

Sebagai #WanitaManjaMasaKini, saya minta diantar-jemput suami. Padahal sebenernya perumahannya itu jajahan saya waktu kecil. Tapi namanya juga #WanitaManja, beli gula di warung aja minta diantar. Lol

Sesampainya di rumah Manda, di halaman depan kami disambut sama suaminya, yang ternyata temen SMP dan SMA-nya suami saya. Woooo… itu pertemuan yang tidak terduga. Ternyata itu pertemuan pertama mereka selepas lulus SMA, yang artinya udah lebih dari 15 tahun. Sejak saat itu, tiap syndrome #WanitaManjaMasaKini lagi kumat, suami saya selalu dengan sabar nungguin saya acara KEB sampe kelar sambil ngobrol sama suaminya Manda.

Di acara Arisan Ilmu itu juga, untuk pertama kali saya mengenal sosok di balik www.tamasyaku.com. Biasanya cuma baca-baca doang, dan menikmati setiap cerita pengalaman travelingnya sama suami. Sambil mupeng dan mbribik-mbribik ke suami,

“Yank, kapan kita honeymoon ke Eropa…”
“Besok kalo Luna udah nikah, biar enggak nanggung tiket bertiga. Luna biar pergi sendiri sama suaminya.”

Dan itu artinya masih luamaaaa… -______-

*

Manda klop banget ya sama Panda, sama-sama suka traveling. Hobi ini sudah sejak pacaran atau baru setelah menikah?

 

Hobi makan sih sejak masih pacaran. Kalo hobi traveling baru setelah nikah.

Anw, mereka ini pacaran udah lama buangettt.. 10 tahun bo! Sama seperti periode Pak SBY menjabat jadi Presiden.

Kenal sejak SD karena satu tempat bimbel, trus ketemu lagi pas SMP karena satu tempat kursus bahasa Inggris, dan jadian pas udah SMA karena ketemu lagi di lagi-lagi tempat bimbel.

Hikmahnya, bimbel tidak cuma menjodohkan kita pada universitas idaman, tapi juga suami idaman.

Trus sejak kapan tertarik menuliskan cerita traveling?

 

Aku tuh hobi nulis diary. Karena nulisnya di buku, lama-lama ada kesulitan menyimpan. Akhirnya kepikir punya blog di tahun 2008.

Ohya, Manda bisikin dikit. Nama Elton, pacarnya yang sekarang jadi suaminya, selalu mewarnai lembar diary-nya sejak tahun 2008.

Setelah nikah mewarnai tiap halaman blog yaa… Sweeettt…

Kalau dibaca blognya, Manda enggak cuma review tempat wisata, tapi juga kuliner. Mana yang paling asik dan disukai?

 

Semuanyaa.. Review kuliner dan tempat wisata itu sama-sama asik. Semuanya saling melengkapi. Misal ya.. pas lagi traveling ke suatu tempat wisata yang ternyata jelek, kumuh, enggak terawat. Itu bisa nurunin mood. Nah cara ngembaliin mood-nya lagi, ya cari tempat kuliner yang asik dan recomended.

Ngomongin soal makanan, Manda ini jago banget bikin bento. Sumprit!

Di saat aku sama sekali enggak telaten menghias-hias makanan. Niatnya bikin spongebob, jatuhnya malah nasi kuning kepal . -___- Eee.. ini orang pinter banget ngebento. Trus, bikin blog khusus bento, yang dikelola bareng 3 sahabat lainnya.

Tertarik utk review hotel nggak? Kan banyak tuh traveller blogger yang sering review hotel.

 

Review hotel selalu kami lakukan juga, walau masih bayar sendiri voucher hotelnya. Terus yakin didekatkan dengan #berkahngeblog, semoga dilamar untuk mereview hotel.

Ihhh… udah lumayan deket loh sama #berkahngeblog. Buktinya kemarin dapat voucher menginap di Hotel Puri Asri Magelang yang kuereeennn buangeettt itu.

Anw, mana fotonya sama angsa-angsa di Puri Asri. Huahahaha…

Tiap traveling, bikin budgeting gitu enggak? Biaya hotel maksimal sekian, tiket sekian, makan sekian, transport di sana sekian, oleh-oleh sekian.

 

Karena kami masih berdua, budget emang masih untuk berdua. Kami memilih menjadi flashpacker karena setiap jalan-jalan selalu menyesuaikan waktu libur Panda, yang pasti Sabtu-Minggu atau di peak season. Tau sendirilah.. berapa tarif di peak season. Hiksss…

Tapi tiap traveling, saya memang selalu merencanakannya dengan matang dan disesuaikan dengan budget. Trus ngajuin proposal liburan itu ke Panda, dan menetapkan waktu 2-3 bulan untuk menabung.

Kenapa harus menabung? Karena liburan itu untuk refreshing. Bukan pulang-pulang pusing karena tagihan utang.

Sepakat!!

Sekalipun sekarang traveling sudah jadi lifestyle, tapi jangan sampai memaksakan diri hutang demi eksis di instagram, kemarin abis traveling ke sana-sini.

Saya juga penggemar traveling. Tapi ketika menikah itu, semua plot pengeluaran itu punya skala prioritas. Enggak luculah.. maksa traveling dan bawain oleh-oleh mewah supaya terkesan wah, tapi SPP anak bayarnya nunggak.

Suka bikin target tamasya gitu enggak? Misal, tahun ini harus tamasya ke Bali atau kemana gitu?

 

Target tamasya enggak ada. Kami lebih sesuai mood aja mau jalan kemana.

 

Kalo impiannya, pengin traveling kemana nih?

 

Insyaallah, minta didoain yaa.. dijanjiin jalan ke Jepang dan Eropa lagi. Aamiinnn. Itu yang luar negeri.

Kalo yang dalam negeri, semoga dimampukan untuk ada libur panjang atau Panda mau cuti. Pingin ke Belitung, Makassar, Banyuwangi, Lombok, Danau Toba, dan Bangkok.

Lalu saat nulis blogpost ini tersadar, itu Bangkok bukan dalam negeri, Manda.. Sejak kapan Indonesia mengakuisisi Bangkok yakk…

LOL.

Pengalaman traveling yang paling unforgetable saat di mana?

 

Traveling berdua yang selalu berkesan itu saat di Bali. Dan entah selalu pengin kembali lagi ke Bali.

Kalo traveling sekeluarga yang berkesan pas di Singapore. Berkesan banget deh, ngajak tamasya orangtua usia 60 tahun. Trus akhirnya jadi tahu alasan kenapa harus kita harus bertamasya saat masih kuat.

Sepakat lagiii…

*lalu brb buka Agoda, Traveloka, Trip Advisor*

Sekarang terakhir nih, apa aja yang perlu diperhatikan saat menulis review tempat wisata, hotel, atau kuliner dan pengalaman traveling?

 

Review yang tamasyaku lakukan selama ini masih sebatas “sharing is caring”, karena reviewnya belum sponsored post. Mungkin saya masih asyik menuliskan dengan Gaya Manda.

Yang pasti, sejelek dan setidak menarik apapun yang kami temui, kami tidak ingin menjatuhkannya dalam tulisan. Sekedar mengingatkan untuk berjaga-jaga, iya. Tapi tidak menjudge buruk secara terang-terangan di postingan.

Eh Manda… cerita traveling yang bukan sponsored post itu malah bagus lohh.. Jujur dan pasti berdasarkan murni pengalaman pribadi.

Tapi kalo emang dapet sponsor sih, siapa yang nolak yaaa… Lol.

 

10 thoughts on “Travelers Couple: Manda dan Panda

  1. Waaaaa, kece kece kece. Namanya juga editor, kalau gak kece kan malu sama #rumputtetangga, ya kan #wanitamanja, loh. Langsung deg pas Spanish Step yang dipilih, huaa pingin ke sana lagi. Jadi seneng ketemu suami #wanitamanja kali2 ditraktir lagi, hihihi. Banyak toss nya kita *senyum kedip-kedip merasa sehati. Btw busway, ikut pocer puri asri menang tulisan progo rafting. Semogaaa dimudahkan dapat undangan #reviewhotelbintang5 terus ya.. aamiinn.. Ayuk kapan kita jadwalkan traveling bareng yaaa #wanitamanja hihihihihi

  2. Waaa…iyaaah
    Mupeng liat foto dua sejoli ini hij hik hik…
    Semoga besok juga nyusul jalan jalan (kalau Aisha sudah menikah #ehhh)

  3. Saya juga pengen traveling luar negeri, kalau bisa tinggal disana min 2 tahun. Semoga sih Alloh memampukan, syukur syukur ada hadiah atau apa gitu hehheheh…. TFS yaaaa

  4. Huwaaaaa asik banget. Aku jadi pengen kenalan juga sama Manda dan Panda. Impian aku banget, kalo udah nikah, bisa traveling bareng suami. Doakan doakan.

    *pindah ke blog Manda buat kepo-kepo

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)