Top 10 Blog Post 2016

Top 10 Blog Post 2016.jpg

Tahun ini jadi tahun yang menyenangkan di dunia blogging saya. Bukan karena menang lomba blog atau karena banyak job review. Soalnya pertama saya bikin blog 9 tahun yang lalu bukan untuk ikutan lomba. Cih! Alasan sebenernya sih, karena saya sering kalahan kalo ikutan lomba blog.

Tapi jelas yaa.. Kalau ada rejeki datang dari blog, selama bisa dikerjakan ya enggak akan ditolak. #hambauang

Baca juga: Berbagi Kebaikan Melalui Blog oleh Hani Widiatmoko

Di tahun 2016 ini saya bahagia, karena dari blogging jadi punya banyak kenalan dari berbagai penjuru Indonesia. Dan dari blogging juga, ternyata tulisan saya bisa menyebar viral di jagad dunia maya. Rasanya ituu.. bahagia tak terkira.

Dan berikut ini, 10 tulisan saya terpopuler di tahun 2016, versi Google Analytic.

10. Jangan Lakukan Ini Ketika Menjenguk Bayi Baru Lahir

Tulisan ini terinspirasi dari obrolan temen-temen blogger di grup Whatsapp. Selain buat catatan sendiri, juga bisa mengedukasi orang-orang, gimana etika menjenguk bayi baru lahir.

Eh, enggak nyangka tulisan ini ditaksir sama Mba Carra untuk dimasukin ke Rocking Mama. Dan dengan polesan sana-sini, biar lebih pas gaya bahasanya, jadilah tulisan yang sama di sini.

9. Suami dan Istri Berdandan

Tulisan ini murni curhat, tentang pendapat suami saya lihat istrinya dandan. Untungnya dia bukan suami yang suka larang dan membatasi istrinya berdandan. Dia enggak pernah cemburu tiap liat saya dandan lama buat berangkat kerja. Baginya, istri yang cantik dan pandai mempersolek diri, itu kebanggaan buat suami. Berarti dia bisa membahagiakan istrinya.

Cium sayang bapaknya Luna ah, habis ini… :*

8. Alasan Kenapa Ibu Harus Bekerja

Tanpa pengin memperpanjang perdebatan stay at home mom dan working mother, menurut saya… apapun pilihan kita, paling enggak zaman gini ibu harus berpenghasilan. Mau kerja dari kantor atau kerja dari rumah, mau kerja gaji tetap tiap bulan atau kerja freelance dengan gaji tidak tetap. Yang penting ibu harus bekerja dan berpenghasilan. Tidak selalu tergantung sama suami.

Dari banyaknya yang baca dan komentar, sepertinya banyak yang menyetujui pendapat saya itu. Gimana kalian?

7. Saya Setuju dengan Full Day School

Masih inget perkataan Mendiknas, bapak Muhadjir Effendy tentang program Full Day School untuk jenjang SD dan SMP? Timeline saya langsung penuh dengan cuitan ibu-ibu yang tidak setuju anaknya ikut Full Day School. Seharian kok belajar terus, kasian anaknya..

Sebaliknya, saya setuju dengan program itu. Sekalipun program itu tidak diberlakukan secara serentak ke semua sekolah, tapi saya sempet kepikiran untuk nyekolahin Luna besok di SD full day school. Menurut saya, full day school enggak seseram itu kok…

6. Serunya Main ke Jatim Park 2, Kota Batu

Akhir tahun 2015 lalu, saya sekeluarga natalan di Malang. Dan mampirlah ke Jatim Park 2 di Kota Batu.

Serunyaaa… Pengin balik sana lagi. Tapi Malang masih punya banyak tempat untuk dieksplore.

Akhir tahun 2017, rencana mau natalan di Malang lagi. Entah deh, mau mampir kemana lagi besok di Malang.

Top 10 Blog Post 2016.jpg

5. Menikah Beda Agama

Saya dan suami itu dulu nikahnya beda agama. Saya Kristen Protestan, suami Katolik. Mirip ya kayaknya? Sama-sama ngerayain natal dan paskah, juga..

Etapi, Protestan dan Katolik beda loh.. Secara konsep dan ritual sangat berbeda. Kalo sama, ngapain juga dibedain. Udah beratus-ratus tahun yang lalu, di segala penjuru bumi, Protestan dan Katolik menjadi dua agama yang berbeda.

Beberapa orang ada yang curhat dan nanya ke email, gimana prosedurnya saya dan suami bisa menikah dengan masing-masing tetap pada agamanya. Dan ketimbang jelasin hal yang sama satu per satu, saya lalu bikin blog post ini.

4. #ScienceExperiment: Susu Pelangi

Suami saya iseng bikin eksperimen sains di rumah untuk Luna. Eksperimen pertama “Susu Pelangi”. Bahannya murah dan gampang, tiap rumah pasti punya.

Ternyata seri #ScienceExperiment ini banyak yang baca yaa.. Hahaha.

Setelah lama vakum, akhirnya saya dan suami sepakat untuk bikin tulisan dan video eksperimen sains lainnya.

Baca juga: #SainsExperiment: Percobaan Massa Jenis Air

Yang nulis jelas bapaknya Luna. Kalau saya yang nulis, khawatir enggak meyakinkan. Lha wong, saya ini mantan anak IPA yang gagal kok. Lol.

3. Pengalaman Pap Smear Pertama

Tahun ini, untuk pertama kalinya saya memberanikan diri Pap Smear. Dan ternyata enggak sakit sama sekali loh.. Beneran!

Entah dokternya yang pinter atau dasarnya saya yang kebal, tapi Pap Smear yang wajib dilakukan oleh wanita yang sudah menikah ini, beneran enggak bikin mules atau berdarah-darah.

Pengalaman saya Pap Smear dan berapa biayanya, saya ceritakan di blog post ini.

2. Daftar Imunisasi Anak dan Manfaatnya

Saya itu ibu yang sangat pro-imunisasi. Imunisasi anak saya komplitin bener-bener. Saya catet dan enggak pernah lupa. Bagi saya, imunisasi itu salah satu investasi penting untuk masa depan anak.

Karena tahun kemarin, beberapa macam imunisasi ada yang kosong stoknya, akhirnya jadwal imunisasi Luna ada yang tertunda. Dan tahun 2017 besok, ada 3 macam imunisasi yang akan saya kasih ke dia.

Saking seringnya Luna suntik imunisasi, dia udah enggak nangis lagi lo tiap disuntik.

1. Jangan Katakan Ini ke Ibu dengan Anak Berbadan Kecil

Ini adalah tulisan dengan view tertinggi hingga sekarang. Enggak nyangka loh kalau tulisan curhat baper ini pembacanya banyak. Berarti ternyata yang ngerasa hal seperti saya banyak ya.. Yes! Aku tak sendiri. Lol

Dari tulisan ini saya belajar bahwa menulislah dengan baper. Baper itu bisa membawa nyawa dalam tulisan. Trus yang baca bisa ikut ngerasain.

Ohyaa.. ada satu lagi tulisan saya yang ditulis dengan baper dan PVnya banyak. Enggak ditulis di blog ini jadi enggak masuk ke list. Tapi berdasar laporan, tulisan ini PVnya masih tinggi. Yaitu, tulisan di website KEB: Belajar Menjadi Tidak Sempurna.

Dan tulisan-tulisan dengan PV tinggi, apalagi sampai viral inilah yang jadi pencapaian tinggi saya di dunia blogging.

Hepinya lagi, tahun 2017 ditutup dengan kabar bahwa saya jadi Blogger of The Month (Desember) dari KEB.

Penghargaan ini bikin saya makin terpacu untuk menyeriusi profesi blogger. Mengupgrade skill menulis saya, dan mencari ide-ide teranyar untuk tulisan saya. Karena semakin sering kita nulis, ide itu justru tidak akan pernah habis.

Dan di tahun 2017 depan, ada beberapa seri yang akan saya konsistenkan untuk posting.

#ParentsTalk, cerita dan vlog saya dengan suami tentang dunia parenting kami.

#LifeAsEditor, cerita seputar dunia penerbitan dan editing. Ya karena profesi utama saya adalah editor buku.

#SelasaSehat, tulisan yang posting tiap Selasa yang awalnya digarap sama guest blogger temen saya, Baiq Nadia. Tapi selanjutnya, saya mau ikutan nulis juga..

#1000BooksforKids, atau children book review. Buku-buku cerita Luna yang saya ulas ceritanya di sini. Bisa buat referensi kalian yang mau cari buku untuk anak-anak.

Dan awal tahun depan, saya juga akan ada collab blog dengan Istiana Sutanti, yaitu #Familife, cerita-cerita kami seputar kehidupan keluarga dan parenting. Posting tiap Kamis, dua minggu sekali.

Yey! Tahun 2017 kayaknya bakal lebih seru lagii..

Terima kasih banyak ya, untuk setiap kunjungan kalian di blog ini. Enggak pernah bosen baca curhatan saya, baik itu sebagai silent reader ataupun pemberi komentar aktif.

Apa jadinya ku tanpa kalian.

Muwaaahhh..

2 thoughts on “Top 10 Blog Post 2016

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)