Tempat Wisata Keluarga Recommended di Bandung

Tempat Wisata Keluarga Recommended di Bandung

Kenapa Bandung? Kok bukan Jogja?

Karena yang Jogja udah pernah ditulis di sini.

Karena Bandung itu kota yang asik, sekalipun macetnya enggak ketulungan. -____-

Karena Bandung punya Gubernur yang kece. Hasrat enggak pernah bisa ngerasain Pilkada jadi selalu mengagumi Gubernur kota lain.

Karena Bandung menyimpan kenangan,tempat saya dan suami honeymoon kere. Berangkat naik kereta bisnis, di Bandung naik angkot dan nyewa motor, nginepdi hotel kelas embuh, dan bawa-bawa surat nikah di dalem tas karena takut digrebek, soalnya KTP kami masih single, padahal udah sah menikah.

Karena selalu suka dengerin logat Sunda yang kental. Gimanaaa.. gitu..

Karena perjalanan ke Bandung itu menantang adrenalin. Perjalanan kereta sih tepatnya. Ngeri-ngeri sedap kalo lihat keluar jendela. Sambil merapal doa, semoga keretanya bisa melewati bukit-bukit dengan selamat.

Karena kami belum pernah kesampean jalan-jalan ke Bandung, setelah punya anak.

*

Saya pengin banget ajak Luna ke Bandung. Tapi, entah kapan kesampean ya.. Semoga bisa di tahun depan. Tiap lihat kenyataan biaya pendidikan naik sekitar 10% tiap tahunnya, trus jadi mengurungkan niat untuk jalan-jalan. Pendidikanlebih penting daripada travelling. Tapi tetep ya, kami butuh menyalurkan hasrat liburan.

*mlirik suami yang pasti baca tulisan ini*

Saat kami berdua dulu ke Bandung, wisata Bandung kayaknya belum sekece sekarang deh.. Atau mungkin sayanya yang kurang update ya.. Jadi mainnya ya seputaran Bandung kota dan Dago aja.

Padahal, Bandung punya banyak tempat wisata kece yang rekomended untuk dikunjungi oleh keluarga. Apalagi buat liburan akhir tahun besok ini.. Yakin banget, tempat-tempat wisata tersebutbakal rame dikunjungi banyak keluarga bahagia.

Temen saya Atanasia Rian, pernah berbagi di blognya www.kulinerwisata.com tentang tempat wisata wajib di Bandung. Sebagian kecil, saya pernah kesana, tapi kebanyakan belum.. :(

Nih.. Sengaja saya list, buat wishlist juga kalau besok ke Bandung. Juga buat kalian yang punya rencana liburan akhir tahun ke Bandung.

1. Trans Studio Bandung

Wahana permainan yang keren abis, terutama yang suka menantang adrenalin ya.. Wajib banget ke sini.

Wahana yang paling tidak terlupakan itu Yamaha Racing Coaster dan Giant Swing. Tapi kalau sekarang disuruh nyoba lagi, entah deh.. berani atau enggak. Iya, setelah punya anak aku jadi makin cemen banget sama atraksi-atraksi menantang.

Ada cerita lucu pas di sini. Entah itu di wahana apa ya… yang ada Jeng Kelin-nya. Saat masuk, saya dan suami gandengan, penganten baru kan… Tiba-tiba ditunjuk sama Jeng Kelin dengan suara khasnya, “Cie..cie.. lagi pacaran ya.. Cie..”

Sewot beratlah, saya.. Udah susah payah bisa nikah gini, dikatain masih pacaran.”Enak aja! Udah nikah tauk!” sambil nyodorin cincin di mukanya.

Mwuahahahaha…

2. De’Ranch Lembang

Belum pernah ke sini, dan pengin banget ke sinii…

Kata Rian, di sini kita bisa merasakan wisata kuda ala cowboy. Naik kuda dan foto-foto ala cowboy lengkap dengan kostum suku Indiannya. Dan ada wahana keluarga lain di dalamnya, seperti The Gold Hunter, Fun Boat, Kolam Pancing, Flying Fox, Balon Air, Sepeda Track, Sepeda, Loncat Anak, Tangkap Ikan, Trampolin, Panahan, dll.

Ahhh.. harus ke sini besok!

Tempat Wisata Keluarga Recommended di Bandung

3. Hutan Raya Juanda

Taman hutan raya konservasiyang nyaman dan asri. Padahal lokasinya deket banget sama kota. Makanya sering banget dibilang “paru-parunya kota Bandung”.

Ada taman bermain anak-anak juga di dalamnya. Jadi pas banget, bisa dipake Luna untuk menyalurkan tenaganya yang enggak pernah habis itu.

4. Kawah Putih

Ini semacam danau yang airnya hijau keputih-putihan. Kalau dilihat dari jauh danau ini seperti diselimuti hujan salju, padahal sebenarnya dikelilingi pasir putih.

Jadi penasaran….

Tunggu aku kesana yaaa…

5. Tangkuban Perahu

Dulu enggak jadi ke sini, karena aktivitas gunung api itu lagi meningkat, jadi harus ditutup sementara.

Sayang banget yaa…

Berarti besok lain kali, kalau mau ke Bandung cek dulu… Wisata gunung ini dibuka atau enggak.

6. Observatorium Bosscha

Kenal ini pertama kali di film “Petualangan Sherina” yang udah ditonton seribu kali seribu kali.

Sebuah tempat pengamatan bintang yang lokasinya di Lembang. Tapi kalau mau ke sini harus mendaftar terlebih dahulu, jadi enggak bisa langsung datang dan masuk.

Pas bangetlah, buat ngenalin dunia antariksa ke anak. Enggak usah anak-anak sih, saya termasuk orang yang tertarik sama ilmu antariksa. Meski bingung berat pas nonton Interstellar.

7. Kebun Strawberry Ciwidey

Buah tercantik itu Strawberry. Kata saya sihh… Hahaha.

Warnanya merah, meski rasanya rada-rada kecut gimana gitu. Tapi tetep cantik. Apasihh.. -___-

Di sini, kita bisa metik buah strawberry sendiridan bayar sesuai berat strawberry yang udah dipetik itu tadi. Entah deh, kalau kamu makan langsung strawberry di kebun. Mungkin perutmu ikutan ditimbang juga, berapa banyak strawberry yang udah kamu makan tadi.

Saran Rian, datanglah saat musim kemarau, karena kualitas strawberry lebih bagus dibandingkan saat musim hujan.

Tempat Wisata Keluarga Recommended di Bandung

8. Saung Udjo

Ahhh.. sukak banget sama tempat ini. Dulu ke sini, pas barengan sama bule-bule, dan nunggu sebentar untuk bisa melihat sesi pertunjukannya.

Jadi, di sini kita bisa melihat pertunjukan angklung dan ikutan main angklung juga. Setiap penonton dibagikan angklung satu-satu. Saya kira itu bisa dibawa pulang, padahal buat dimainin bareng. Semacam tutorial main angklung gitu…

Trus juga disuguhi pentas anak-anak yang nari dan main angklung dengan fasihnya. Aduh… gemes. Gemes pengin bisa juga, tapi enggak bisa-bisa. Hahahahaha.. Aku emang lemah dalam hal main musik.

Tapi tempat ini bisa banget untuk pendidikan alat musik tradisional ke anak. Trus bubar pertunjukan, mampirlah di toko souvenir depan. Belanja souvenir bambu lucu-lucu, dan bisa juga kalau mau beli angklungnya sekalian.

*

Saat nulis ini, saya lagi sedih banget. Karena foto-foto saya dulu di Bandung enggak bisa dibuka. :((((( Padahal niatnya buat bukti, bahwa beneran loh.. kami dulu pernah ke sana. Juga buat ditunjukin ke Luna, kami pernah bebas jalan-jalan tanpa mikir anak.

Foto-foto itu ada di netbook lama. Netbooknya rusak, foto-fotonya ada di harddisk yang dialihfungsikan jadi harddisk external. Trus ini nyoba buka harddisk-nya, tapi enggak bisa kedetect.Lagi mau coba diperbaiki, semoga bisa yaa….

Banyak foto penting di situ. Foto-foto memori travelling, termasuk foto-foto honeymoon kere di Bandung. Kalau file skripsi, udah enggak penting lagi kan? :))))

9 thoughts on “Tempat Wisata Keluarga Recommended di Bandung

  1. Bandung emang salah satu tujuan wisata yang paling digemari. Semenjak menetap di Jogja, saya belum pernah lagi ke Bandung. Kangeen…postingan ini bikin mupeng dan membawa kenangan banyak di Bandung. Ah, pagi2 dah ter baper. Hihi…

  2. Sudah beberapa kali ke Bandung, pakai mobil, kereta api, pesawat sudah semua. Paling mengesankan waktu nginap didalam kompleks ciwalk. Bisa santai2.

  3. Hahaha…pengen ke Boscha gara gara petualangan Sherina itu gue bangeeet wkwkwk. Aniway pernah ke Bandung tapi belum pernah ngider kemana mana, jadi whistlist juga ini maaak. Makasih ya udah dibantuin bikin list :*

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)