Serba-Serbi Royalti Buku

Tentang royalti.jpg

“Buku barumu kan udah terbit, bagi 1 dong buat aku..”

Bagi temen-temen penulis, kalimat itu pasti sering banget didengar ya. Dan rasanya gemes gimanaaa gitu. Saya sebagai editor juga ngerasa gemes kok.

“Justru, kalau kamu temen, kamu wajib beli buku baruku. Beli 1 buku aja, udah nambah recehan royalti yang akan aku terima nanti.”

Read more

Apa Impianmu?

“Kalo kamu besok udah kerja, jangan cuma mengandalkan gaji utama pekerjaanmu. Sebesar-besarnya gajimu, tapi kamu enggak akan tau apa yang akan terjadi pada perusahaanmu nantinya. Sekalipun besok km bakal jadi PNS yg digaji negara. Tapi apa ya, kamu mau hidup dengan gaji yang gitu2 aja.”

“Jadi.. kuncinya. Punya usaha sampingan di luar pekerjaan pokok itu penting. Dikerjakan di luar jam kerja dan tidak boleh mengganggu pekerjaan utama. Kamu harus belajar untuk itu.”

Demikian, kakak sepupu saya menceramahi semenjak saya masih kuliah. Ya, dia memang sosok pekerja keras yang bisa dijadikan contoh bagi kami, adik-adiknya. Sukses menjadi Polantas di Banjarmasin, tidak lantas membuatnya berleha-leha saja. Tetapi, berdagang & berjualan asesoris & pakaian. Hasilnya, tentu sukses di dua2nya dong. Read more