Anak Bukan Investasi

 photo 1495387124556_zpsv5dywkaf.jpg

Di postingan sebelumnya saya menulis tentang pertimbangan memilih sekolah untuk anak. Setelah menulis itu saya jadi mikir (dasar anaknya pemikir), sebenernya apa sih yang kita (orangtua) harapkan dari sekolah-sekolah itu? Apa yang kita cari? Apa yang kita inginkan? Read more

Pertimbangan Memilih Sekolah untuk Anak

Pertimbangan Memilih Sekolah untuk Anak.jpg

Di tahun ini usia Luna genap 4 tahun. Tapi saya belum merencanakan untuk memasukkannya ke TK. Besok aja saat usianya sudah genap 5 tahun. Kebetulan, ulangtahun Luna di bulan Juli, pas banget dengan pergantian Tahun Ajaran Baru. Sehingga nanti saat masuk SD, usianya sudah genap 7 tahun. Read more

Kenapa Anak Saya Tidak Pernah Tidur Larut Malam?

Kenapa Anak Saya Tidak Pernah Tidur Larut Malam?.jpg

Beberapa hari yang lalu saya cerita di Instagram, bahwa Luna begadang sampai malam. Ada yang nebak Luna baru tidur jam 12, ada juga jam 3 pagi. Dan tebakannya salah semua.

Percaya atau enggak, tidur termalamnya Luna itu jam 11 malam. Itu pun karena dia tidak tidur siang, dan baru tidur sekitar pukul 5 sore, lalu pukul 7 malam dia terbangun. Akhirnya saya musti nemenin dia melek, biasanya jam 9 malam dia udah tidur lagi, kadang baru jam 11 malam. Kalau kondisi normal, misal dia bobok siang, ya nanti jam 9 atau 10 malam dia udah ngantuk sendiri. Read more

Menjelaskan Konsep Kematian pada Anak

Menjelaskan konsep kematian pada anak.jpg

Sampai sekarang, saya anti bawa Luna ke acara layatan dan jenguk orang sakit di rumah sakit. Untuk jenguk orang sakit di RS, ada alasan ilmiah lah ya.. RS itu gudangnya penyakit, sedangkan anak-anak masih rentan tertular penyakit. Daripada ambil risiko, jadi kalau terpaksa harus jenguk orang sakit di RS, saya dan suami jenguknya bergantian. 30 menit pertama saya masuk duluan, 30 menit kedua gantian suami yang masuk.

Kalau acara layatan, enggak tahu deh.. Saya kok ngerasa auranya enggak cocok untuk bawa-bawa anak ikut layatan. Jadi tiap mau layat, sebisa mungkin saya titipkan Luna ke daycare atau rumah eyangnya. Dan kalau kepepet enggak ada yang bisa, cukup salah satu aja yang layat, entah saya aja atau suami. *beda cerita kalau layat anggota keluarga ya..* Read more

Drama Membelikan Anak Mainan

Akhir-akhir ini saya lagi males banget nulis. Banyak kerjaan di kantor dan sampai rumah, langsung pengin istirahat. Kalau biasanya setelah Luna tidur, saya masih menyempatkan diri untuk curhat di blog, kali ini penginnya ngelonin Luna langsung bablas tidur. Enggak mau ngoyo maksain bangun untuk nulis. Meski akhirnya merasa bersalah, kok udah lama enggak ngisi blog yah..

 photo 1491327106328_zps6p3th8t2.jpg

Minggu kemarin pulang misa di gereja, Luna tantrum berat. Sebenernya, dia bukan anak yang mudah tantrum di tempat umum. Tapi kemarin, tantrumnya bener-bener bikin kewalahan. Enggak sampai tiduran di bawah sih.. Tapi memberontak di gendongan, nangis keras sampai muntah kena baju princess-nya. Read more

Sikap Anak yang Bikin Terharu

Sikap Anak yang Bikin Terharu.jpg

Sebelumnya saya pernah cerita ya, tentang kelakuan Luna yang makin lama makin bikin ngelus dada. Di fase threenager ini, dia semakin keras kepala, susah diberi tahu, makin beranian, suka melawan, dan drama queen banget.

Baca juga: Menghadapi Si Terrible Three

Read more

Korupsi Usia Anak: Yay or Nay

Judulnyaaa… Habisnya enggak nemu diksi yang pas selain Korupsi Usia Anak. :)))

Korupsi Usia Anak: Yay or Nay.jpg

Bagi sebagian orang, paling enak ngajakin anak jalan-jalan itu saat mereka masih under 2 or 3 yos. Karena harga tiketnya masih murah, bisa cuma 30% atau 50% dari harga tiket utuhnya. Misalnya aja kereta api, baru diberlakukan harga tiket utuh untuk anak 3 tahun ke atas. Kalau pesawat, usia anak 2 tahun baru bayar tiket utuh. Read more