#1000BooksForKids: I Love You Mom

image

Udah bacain anak buku apa hari ini?

Saya tu suka banget baca sejak kecil. Makanya pake kacamata udah sejak kecil. Kalau anak sekarang pakai kacamata biasanya karena keseringan main PS atau game online kan yaa… Kalau anak jaman dulu, karena keseringan baca yang nggak tahu waktu. Bahkan lampu mati aja diperjuangkan baca pake senter. T____T

Saya jadi pingin ngajakin Luna untuk suka baca, tapi jangan sampe dia pake kacamata kayak saya yaaa… Siapa tahu besok dia mau jadi pramugari atau polisi.

Trus, untuk menyemangatinya, dan diri sendiri juga sih… Saya bikin hestek #1000BooksForKids di instagram. Ayuk ikutan ramein hestek itu. Biar kita bisa saling berbagi informasi buku apa yang rekomended dibaca anak kita.

Read more

Belajar Percaya Pada Anak

 photo luna and messy room_zpsjk7yaxqg.jpg

Minggu lalu saya nulis ini: Milestone Anak 2 Tahun. Tentang Luna yang rasa ingin tahunya makin tinggi, tentang Luna yang selalu ingin dilibatkan ketika orangtuanya melakukan sesuatu, dan tentang saya yang harus lebih sabar lagi menghadapi dia yang selalu ingin belajar melakukan hal-hal baru.

Sekarang mau nambahin satu hal lagi yang ada hubungannya juga untuk perkembangan dia di usia-usia selanjutnya. *lumayanlah bund.. bisa buat nambah-nambah ide postingan*

Jadi kalo kemarin saya bilang, highlight milestone anak 2 tahun adalah merasa bisa melakukan segala sesuatunya sendiri. Nah, highlight orangtua menghadapi milestone-nya selain sabar adalah, PERCAYA BAHWA DIA BISA MELAKUKANNYA SENDIRI.

Siapa sih yang sebel kalo merasa tidak dipercaya? Kita yang gede aja suka sebel kan, kalo dianggap belum mampu. Padahal sebenernya kalo dikasih kesempatan, kita pasti bisa melakukannya. Read more

Surprise dari Kantong Ajaib

image

Sejak zaman purba, saya tu orang yang suka nyampah di tas. Tiba-tiba nemu tisu bekas, bungkus permen, uang receh, atau flash disk yang sudah dianggap ilang sejak 2 bulan terakhir. T___T

Semuanya muncul aja gituh di tas. Berasa kantong ajaib yah? Padahal kebiasaan nyampah ini bikin repot diri sendiri kalo buru-buru nyari sesuatu yang penting. Seperti… pulpen. Eh, malah nemunya bungkus permen. :)))

Setelah punya anak, kebiasaan ini semakin menjadi. Apalagi ditambah sama surprise yang diberikan sama Luna. Pas lagi kerja, buka tas, trus nemu surprise aneh itu, langsung pingin pulang saat itu juga. Kangen anakk..

Read more

Mengenal Flu Singapura

hug baby
sumber foto

Seminggu yang lalu Luna ngeluh mulutnya sakit. Kadang ditunjuknya geraham kanan, kadang kiri. Awalnya, kami ngira itu karena gigi geraham yang mau tumbuh. Tapi berhubung sudah 2 hari dia mengeluhkan masalah yang sama dan itu bikin dia susah makan, kami jadi khawatir ada sesuatu dengan giginya. Akhirnya, Rabu siang kemarin kami bawa Luna ke klinik gigi ter-kids friendly di Jogja: Peri Gigi.

Pas diperiksa sama tante dokter, ternyata Luna bukan sakit gigi tapi sariawan. Posisi sariawannya vital banget, di bawah lidah. Enggak heran kalo dia jadi susah makan.

Sedih rasanya, dia bilang minta makan tapi tiap ngunyah langsung nangis karena kesakitan. :(((

Ditambah malemnya badan sempat panas. Bukan demam tinggi sih, karena masih di kisaran 37-38. Tapi tetep aja sedih hati ini bund..

Pas cerita sama temen, juga pamit ke bundanya di daycare. Mereka nanya, “Bukan flu singapura kan?” Karena lagi musim kering, katanya Flu Singapura sedang mewabah.

Hah? Apaan tuh Flu Singapura? Luna belum pernah ke Singapura. Dan dalam waktu dekat terakhir ini, kami enggak ada yang barusan pulang dari Singapura. Bagaimana mungkin?? *kemudian lebay*

Trus, langsung deh cari tahu informasi tentang penyakit ini.

Read more

10 Alasan Kenapa Pilih Daycare

image

Jadi, saya itu #teamdaycare. Banyak orang yang mencibir dan mengkhawatirkan pilihan saya untuk titipin anak di daycare, tapi I don’t care. Kan Luna anak saya, bukan anak situ. Saya yang lebih ngerti dia luar-dalam.

Pilihan untuk tidak pakai nanny juga sudah dipertimbangkan masak-masak. Selain kami enggak nyaman kalau ada orang lain tinggal di rumah kecil ini, hati kecil saya juga enggak bisa mempercayakan Luna sama nanny yang enggak ada pengawasnya. Luna belum bisa ngomong, belum bisa ngadu. Kalau diapa-apain, dia nggak bisa cerita.

Trus terpikirlah untuk menitipkan Luna di daycare, dan itu sudah sejak dia usia 7 bulan. And so far, saya ngerasa itu pilihan yang tepat.

Kenapa?

Read more

Drama Milestone Anak 2 Tahun

image

Enggak kerasa deh, Luna sekarang udah 2 tahun 2 bulan. Perasaan dulu masih bayi yang ngomongnya cuma au-ao, sekarang udah ceriwis. Kayaknya barusan aja bisa jalan, sekarang udah hobi lari, manjat-manjat, dan lompat katak. Dulu sepertinya gendong dia 1 jam aja betah, tapi sekarang 10 menit aja udah pegel luar biasa.

Milestone Luna banyak sekali perkembangannya. Dari motorik sampai sensorik. Dari emosional sampai spiritual. Tapi yang paling jadi highlight milestonenya di usia 2 tahun adalah merasa bisa melakukan semuanya sendiri.

Mandi maunya sendiri, padahal nyiram badan pake gayung, airnya nggak kena badannya sama sekali. T___T

Minum dari gelas maunya minum sendiri. Walaupun kadang airnya jadi tumpah di baju. *laundry mana laundry*

Makan maunya makan sendiri, ambil sendok sendiri, nyuapin sendiri, dan nanti naruh piringnya sendiri di bak cucian. Emang sih makannya jadi lebih cepet. Tapi berhubung dia masih gampang bosenan, jadi suapan ke 10 langsung kabur, turun dari kursi.

Yang paling nyebelin adalah kalo lihat Bapak Ibuknya makan, maunya nyuapin. T___T Mending kalo bener nyuapnya. Ini yang sendok kena gigilah, nasinya tumpah-tumpah, atau terlalu dalem nyuapnya. *helppp…*

Read more

Ajak Anak Kerja dan Tentang SAHD

IMG_20150625_115722
Nemenin Bapak meeting dulu sama klien.

Jadi ceritanya, seperti yang pernah saya bilang di postingan sebelumnya.

(Baca: Anak Bayi Terima Rapor)

Daycare Luna itu ada hari liburnya. Libur semesteran, libur natal, libur lebaran. Persis kayak sekolahan.

Buat orangtua yang kerjanya guru enak-enak aja ya.. Murid libur, guru ikut libur. Nah kalo saya, enggak ada satu pun dari kami yang terpanggil jadi guru. Jadi libur panjangnya ya cuma lebaran besok.

Masih untung sih, saya bisa nitipin Luna ke eyangnya, kalau enggak ya bawa Luna ke tempat kerja. Tapi kalau orangtua enggak memungkinkan seperti itu, ya saran saya jangan pilih daycare seperti punya Luna ini.

Libur semester tahun lalu, Luna di rumah eyangnya. Liburnya barengan sama rumah yang lagi dibangun, debunya banyak banget. Mana dia alergi debu pula. Jadi, ungsikan dia ke rumah eyang. *sekalian biar dia liburan, bebas dari kecerewetan emaknya*

(Baca: Saat Anak Sering Sakit Batuk)

Nah, di libur semester tahun ini, suami saya prefer Luna di rumah sama dia. Saya kerja kantoran, punya bos, dan ada aturan jelas, enggak memungkinkan banget bawa anak setiap hari sepanjang jam kerja. Nah, untungnya… Suami saya lebih tepat dibilang entrepreneur muda sejati (ehem, lempar poni). Dia bisa handle kerjaan dari rumah dan bisa atur jam kerja sesukanya. Read more