Masalah yang Timbul Ketika Anak Bermain dengan Teman

masalah yang timbul ketika anak bermain dengan teman

Tahun ini Luna bakal genap 5 tahun. Udah masuk kelas TK (yang sebenernya udah dicicil mulai Januari kemarin), udah bukan anak daycare lagi, dan jadi anak rumahan yang tiap pulang sekolah langsung pulang ke rumah.

Karena jadi anak rumahan, otomatis pergaulan dia di rumah jadi luas. Siang pulang sekolah main sama tetangga di situ. Sorenya main sama tetangga di sana. Kadang main di rumah mereka, kadang di rumah kami, kadang main sepedaan, atau istana-istanaan di gazebo kompleks. Read more

Melatih Anak Berani Tidur Sendiri

Tips Melatih Anak Berani Tidur Sendiri

Sebelumnya, saya pikir melatih anak berani tidur sendiri adalah perkara yang sulit. Mengingat saya dulu baru berani tidur sendiri saat kelas 6 SD, jadi saya tidak menaruh ekspektasi tinggi ke Luna. Tapi ternyata, Luna jauh lebih berani dari yang saya kira.

Sudah genap satu minggu lebih, Luna tidur sendiri di kamarnya, tanpa tengah malem nangis nyariin saya. Tapi ada terbersit rasa sedih di hati saya. Berasa mau ditinggal jauh sama anak, padahal kamarnya cuma di depan kamar saya. Read more

Luna’s Talk #2

Luna's Talk #2

Ada yang nungguin cerita ringan Luna’s Talk enggak? Please ada yaa…

Kalaupun enggak ada ya nggak pa-pa sih.. Niatnya bikin ini, biar besok bisa dibaca Luna, dan dia mendapati bahwa masa kecilnya dia sangat rame sekali.

Baca juga: Luna’s Talk #1

Sekarang udah agak gampang bikinnya. Karena tiap ada celetukan dan tingkahnya yang lucu langsung dicatet di notes hape. Ini lebih gampang ketimbang ngerekam video. Read more

Luna’s Talk #1

Luna's Talks

Tulisan ini adalah tulisan yang paling menguras pikiran. Bukan karena materinya sulit. Tapi karena saya harus kerja keras mengingat-ingat apa saja momen lucu yang berlangsung bersama Luna. *anaknya pelupa*

Dan sebelumnya, saya enggak pernah berniat untuk mengabadikan celotehan-celotehan Luna. Tapi orang-orang yang ketemu Luna pasti selalu mengira anak ini pendiam dan jarang ngomong. Padahaalll..

Read more

Antara Bisul dan Barbie Kesayangan

Antara Bisul dan Barbie Kesayangan

Barbie ini punya sejarah lucu. Lucu karena sebenarnya saya enggak suka Barbie dan enggak pernah punya niat beliin Luna Barbie. Apalagi anak tomboi begini, ngapain sih dibeliin boneka girly macam Barbie. Eh, malah kebeli juga deh Barbie ini gara-gara suatu peristiwa.

Rentetan ceritanya panjang, dan semoga nggak membosankan.

Read more

Melepas Gelar Batita

Melepas Gelar Batita

Saya sudah tidak punya anak batita lagi. Tepat di hari ini, si mantan batita itu sudah berusia 3 tahun. Dia sudah bisa ngeyel, keras kepala, jago dealing dan lobbying untuk mendapatkan keinginannya, dan sudah jago acting dengan air mata buayanya.

Siapa sih yang menyadari bahwa tiba-tiba dia gede begini. Kayaknya baru kemarin ngeden-ngeden di rumah sakit, sekarang udah ceriwis. Dan yang paling keliatan adalah ketika melihat-lihat album fotonya, dulu dia berambut cepak pendek kayak anak cowok, sekarang panjang lurus berponi. Kalau ganjennya kumat, minta dikucir dua serta sesekali minjem rol rambut ibuknya.

Dulu tidak pernah terbayang bakal punya anak cewek yang secentil ini. Jujur saja, saya mengharapkan anak laki-laki sebagai anak pertama. Tapi Tuhan berkehendak lain, dan saya juga belum kenalan sama kalender cina yang konon katanya manjur itu. Besok kalau sudah program anak kedua, akan saya buktikan kemanjurannya yaa..

Read more

10 Ide Kencan Ayah dan Anak

10 Ide Kencan Ayah dan Anak

Suatu hari, pagi saat saya baru saja sampai kantor, suami saya kirim whatsapp dan bilang yang intinya adalah Luna hari itu enggak masuk daycare. Dia juga lagi enggak ada pekerjaan yang dikejar deadline, jadi mau ngajak Luna pergi berdua seharian. Mereka mau berenang berdua.

Wuaa.. mau juga. *brb lalu ijin kerja setengah hari* *tapi boong*

Awalnya saya mikir, seriusan ini? Ngajak anak usia 2,5 tahun jalan berdua itu enggak segampang anak 6 tahun loh. Mereka masih sok bisa, padahal enggak bisa. Jalan bertiga aja kadang suka kerepotan sendiri, apalagi jalan cuma berdua. Tapi suami saya menenangkan dengan bilang, Luna mah sekarang udah gampang anaknya, enggak gampang cranky juga kalo diajak ke tempat-tempat baru atau ketemu orang baru.

Yasudh.. Sok, silakan. Dan sementara saya mendekam di gedung kantor, mereka berdua asyik main otok (istilah Luna yang artinya perosotan) setinggi 5 meter, berkali-kali. Cuma bisa manyun aja dikirimin fotonya.
Read more