Serunya Main ke Jatim Park 2, Kota Batu

jatim park 2 photo jatim park 2_zps2bywwkqn.jpg

Entah sudah berapa kali saya ke Malang. Keluarga besar saya tersebar di seluruh penjuru kota di Jawa Timur, salah beberapanya ada di Malang. Bahkan kalau ditarik ke garis keturunan, saya sebenarnya mungkin orang Malang, karena Mbah Buyut (simbahnya Bapak) saya asli Malang. Rumah tuanya yang ala-ala Belanda masih ada sampai sekarang, ditinggali oleh anak ragilnya (omnya Bapak), tetua yang puji Tuhan masih diberi umur panjang sampai sekarang.

Dulu, Malang tidak sekeren sekarang. Saya selalu pengin buru-buru pulang tiap kali main ke Malang. Batu Malang juga cuma gitu-gitu aja. Pol mentok main ke Selekta. Taman bunga yang cantik.. Enggak kalah sama taman bunga di Belanda.

Tapi, liburan natal-tahun baru kali ini saya berniat menyempatkan sebentar mampir ke Malang, dalam perjalanan dari Jogja menuju ke Surabaya untuk natalan bareng keluarga besar. Yang paling excited tentunya Kakung atau Bapak saya, ini pertama kalinya ngajak Luna traveling dengan mobil yang rutenya jauh. Kursi di belakang sudah disulap Bapak menjadi kasur empuk buat tidur Luna (dan Ibuknya).

Berhubung ke Malang cuma sehari, jadi itinenary di sana cuma main ke Jatim Park 2 dan Museum Angkut. Itu pun sudah bikin betis kami mau meledak. Tapi kami berjanji mau mengulang main Malang lagi lain hari dengan waktu yang lebih lama.

Jatim Park 2

Jatim Park 1-nya manaa..? Ada kok, masih sejalan, jauhnya paling cuma 1 kilometer doang. Beda kedua Jatim Park ini adalah, Jatim Park 1 lebih lama ketimbang Jatim Park 2, dan isinya lebih ditujukan pada taman bermain dan hiburan. Sedangkan Jatim Park 2 lebih menjadi tempat belajar sekaligus bermain. Berhubung saya bawa toddler yang belum bisa diajak main Gokart, Flying Tornado, atau bahkan Flying Fox, maka kami memilih untuk main ke Jatim Park 2.

Letak Jatim Park 2 ada di Jl. Oro-oro Ombo, Kota Wisata Batu, Malang yang adem dan asri. Naik angkot ke sini juga bisa, atau naik mobil juga boleh. Tanya sama Google Map dijamin enggak bakal kesasar.

Ternyata di Jatim Park 2 ada banyak tempat wisata lagi; Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park. Kita bisa milih mau kemana aja. Dan berhubung kemarin waktu kami terbatas, jadi cuma beli tiket untuk masuk ke Batu Secret Zoo dan Museum Satwa.

Tiket dan Jam Buka Jatim Park 2

Harga tiket yang berlaku sampai dengan kemarin saya kesana adalah:
– Untuk 2 objek Batu Secret Zoo dan Museum Satwa
Weekday Rp75.000
Weekend Rp105.000
– Untuk 3 objek Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park
Weekday Rp95.000
Weekend Rp125.000

Untuk anak yang tinggi badannya di bawah 85 centi, seperti Luna yang pas 85 centi. Gratis-tis.

Buka setiap hari pukul 10.00-18.00 WIB. Tapi khusus Eco Green Park sudah tutup pada pukul 16.00 WIB.

Pagi-pagi pukul 09.00 tepat, kami sudah sampai di area Jatim Park 2 yang sudah super rame. Sepertinya mereka sudah nongkrong di sana sejak pukul8 pagi. Mungkin karena saking ramenya wisatawan, jadi kemarin wahana sudah dibuka pukul 09.30. Setengah jam lebih awal.

Batu Secret Zoo

Ada apa aja di Batu Secret Zoo? Ada banyak sekali koleksi binatangnya. Terutama mamalia. Karena kalau koleksi reptil, menurut saya sih masih jauh lebih banyak di Gembiraloka Zoo, Jogja.

Favorit Luna adalah Harimau yang ada di bawah kaca tebal. Hiiii… saya sumpah takut ketika menginjakkan kaki di kaca-kaca itu. Berkali-kali nanya, “Ini kuat enggak?” Tapi Luna udah sampe tidur-tiduran dan lepas sepatusegala di kaca itu. T___T

harimau batu secret zoo photo harimau batu secret zoo_zpsrzyfpa7n.jpg

Tapi, untuk ide dan rancang bangunannya sumpah, keren abissss… Pantes banget Batu Secret Zoo meraih rangking 9, Best Zoo in Asia, travellers choice 2015. Meski nomor 1-nya tetap disandang sama Singapore Zoo, tapi banyak travelers di trip advisor mengatakan bahwa Batu Secret Zoo tetap lebih baik.

Saya sih enggak bisa bandingin ya.. Belum pernah ke Singapore Zoo.Kalau di Indonesia ada kebun binatang yang enggak kalah bagusnya, kenapa harus jauh-jauh ke sana?

batu secret zoo photo batu secret zoo _zpsbpkyzhjc.jpg

batu secret zoo 2 photo batu secret zoo 2_zpsramxshmr.jpg

black swan photo black swan_zpsvb3bhqzw.jpg

flamingo photo flamingo_zpsy8u3rbzl.jpg

kura-kura raksasa photo kura-kura raksasa_zps0ru6tqgj.jpg
Kura-kura raksasa yang entah udah berapa tahun hidupnya.
tikus raksasa photo tikus raksasa_zpsjsqr6r7g.jpg
Tikus raksasa, yang lebih terawat ketimbang tikus wirok, bulunya bisa disisir…

winnie the pooh photo winnie the pooh_zpsf8xa9azp.jpg

masha and the bear photo masha and the bear_zpssto2cxce.jpg

komidi putar batu secret zoo photo komidi putar batu secret zoo_zpsarc29dq3.jpg

Museum Satwa

Saat memasuki gedung ini saya teringat film Night At The Museum. Mungkin bisa jadi rangka dinosaurus, miniatur orang purba, dan binatang-binatang itu hidup saat malam tiba. Bisa jadiii…. *lalu berkhayal*

Kalau adik saya bilang, bangunan ini seperti White House di Amerika. Iya sih.. mirip memang.
museum satwa 4 photo museum satwa 4_zpsr3dh1vr3.jpg

Nah, yang paling senang sampai lupa waktu saat di sini adalah adik-adik saya. Kami udah keluar karena menyerah dengan betis yang mau meledak ini, ehh.. mereka berdua masih asik menikmati koleksi satwa langka di dalam.

Iya sih, memang keren banget. Apalagi koleksi serangganya. Entah ada berapa ribu serangga di dalam kotak kaca itu. Sedangkan buat Mama, yang paling seru tetap saat memasuki wilayah antartika. Katanya, binatang-binatang kutub dan pemanjat tebingnya seakan benar-benar hidup.

museum satwa photo museum satwa_zps0ngx4t9r.jpg

museum satwa 2 photo museum satwa 2_zpsiwkxlp44.jpg

museum satwa 5 photo museum satwa 5_zpslm9s7rtw.jpg

museum satwa 3 photo museum satwa 3_zpsjkjdk59j.jpg

Jadi gimana? Kapan ya main ke Jatim Park lagi? *kode ke suami*

Jatim Park 2
Jl. Oro-oro Ombo No.9
Kota Wisata Batu, Malang
Telp. (0341) 597777
www.jawatimurpark2.com

16 thoughts on “Serunya Main ke Jatim Park 2, Kota Batu

  1. Bagusss!!! Walopun tiketnya rada mahal, tapi kayaknya sepadan deh sama isi dan ilmu yang didapetin disana :DD
    sayang jauh kalo dari Bogor..

  2. Emang bener-bener seru berkunjung ke Jatim Park. Dulu saya waktu ke Malang beli tiket masuk yang sekaligus untuk ke jatim park 1, jatim park 2 dan BNS. Maklum rumah saya di Semarang, perjalanan ke Malang jauh, jadi sekalian sekaligus kunjungi banyak tempat aja.

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)