Serunya Bermain Profesi di Kidzania

Berhentilah berpikir bahwa hanya dokter dan insinyur yang bahagia di dunia ini.

Itulah penggalan surat seorang guru di Singapura yang tersebar luas termasuk di Indonesia.

Mengenal Berbagai Profesi di Kidzania Jakarta.jpg
Foto: Dok. Kidzania Jakarta

Apa sih, cita-cita kalian sewaktu kecil?

Kalau diingat-ingat, saya dulu bercita-cita pengin jadi pramugari, karena bisa naik pesawat gratis. Pengin jadi guru, karena kalau murid libur bisa ikutan libur. Setelah agak gedean, saya pengin jadi arsitek, karena melihat orang tua temen yang arsitek bisa sekolah ke luar negeri gratis.

Sesimpel itu cita-cita saya dulu. Saya memimpikan profesi-profesi yang bisa dilihat bentuk nyatanya di sekitar saya.

Baru setelah dewasa, saya menyadari bahwa profesi itu ada banyak sekali. Profesi itu tidak selalu punya jam kerja umum, berangkat pagi pulang sore, seperti yang biasa saya lihat di orang tua saya. Profesi tidak selalu punya kantor sebagai tempat kerja, bahkan di rumah atau di perjalanan liburan pun suami saya mengurus pekerjaannya. Dan profesi juga tidak selalu punya seragam sebagai identitas, seperti profesi saya sebagai editor.

Baca juga: Tidak Semua Profesi Punya Seragam

Sekarang, kalau Luna ditanya apa cita-citanya. Dia belum bisa menyebutkan dengan jelas. Pikirannya masih random seputar tokoh-tokoh kartun idolanya. Pengin jadi Masha, Sofia The First, atau Upin Ipin.

Anak itu menginginkan sesuatu yang bisa dilihat. Karena saya melihat pramugari yang cantik saat di pesawat, guru yang bisa pulang siang dan libur saat murid libur, dan arsitek yang bisa sekolah ke luar negeri. Maka saya bercita-cita ingin seperti mereka.

Sama dengan Luna yang pengin jadi Masha, Sofia, atau Upin Ipin, itu karena Luna melihat mereka setiap hari.

Lama-lama saya jadi mikir Saya enggak pengin pengetahuan Luna tentang profesi terbatas itu-itu aja yang ada di sekitarnya. Editor, Programmer, Guru, atau Polisi. Ada banyak sekali profesi di dunia ini dan semakin dini dia kenal, maka dia akan semakin menghargai profesi yang beragam itu.

Menghargai sebuah profesi itu penting sekali untuk bekalnya hidup anak ke depan. Kita hidup sekarang ini sangat ditunjang peran serta profesi-profesi lain. Kita pakai baju, ada penjahit yang terampil menjahit baju. Kita lagi suntuk, bisa nonton film yang dimainkan aktor-aktor handal. Kita makan roti yang lembut dan enak, karena ada baker yang lihai mengadoni tepung.

Yang lebih penting lagi, cara anak menghargai profesi sangat bergantung pada cara kita menghargai profesi. Bagaimana kita menghargai asisten rumah tangga di rumah, tukang sampah yang tiap hari rajin mengambil sampah, atau tukang batu yang membangun rumah.

Dengan menghargai semua profesi, anak akan belajar menghargai orang lain. Tidak melihat status ekonomi, latar belakang keluarga, atau SARA.

Baca juga: Pentingnya Stimulasi pada Anak Usia Dini

Pertanyaan selanjutnya, gimana cara saya mengenalkan ratusan profesi itu kepada Luna? Sementara di sekitar kami, profesinya ya itu-itu aja..

Untungnya, sekarang ini di Jakarta sudah ada tempat wisata keluarga yang mengutamakan pendidikan dan hiburan (edutainment), yaitu KidZania. Berasal dari Mexico, KidZania yang sudah ada di 19 negara besar di dunia ini, menawarkan wahana bermain dan belajar untuk anak usia 2-16 tahun.

Berkonsep city of kids, KidZania Jakarta menyajikan lebih dari 110 profesi global di 70 establishment yang bisa dimainkan anak-anak. Ada Acting Academy yang mengenalkan profesi Aktor, Pesulap, dan Seniman Jalanan. Archaeological Site yang mengenalkan profesi Arkeolog dan Paleontolog. Baking Center dengan profesi Pembuat Kue. Bank yang ada banyak profesi seperti Teller, Customer Service Staff, Customer Service Assistant, dan Customer. Beauty Salon dengan profesi Asisten Make Up, Ahli Manikur, Penata Rambut, dan Pelanggan. Serta masih banyakkk lagi lainnya.

Mengenal Berbagai Profesi di Kidzania.jpg
Wafer Factory di Kidzania | Foto: Dok. Kidzania Jakarta

Cuman, sayangnya belum ada perusahaan penerbitan buku di KidZania. Mungkin suatu saat KidZania bisa bekerjasama dengan kantor saya untuk membuat replika penerbitan buku. Bagaimana penulis bekerja, editor menyeleksi naskah masuk dan menyuntingnya, lalu petugas mesin mencetak tiap lembar bukunya, petugas marketing mendistribusikan ke toko buku, hingga ke pramuniaga yang menjual buku di toko buku.

Kayaknya bakal seru. Anak-anak jadi paham, dari mana asalnya buku-buku yang mereka baca itu.

Baca juga: Life As Editor Series

Taman bermain anak dan keluarga ini, dibangun khusus menyerupai replika kota yang sesungguhnya, tapi dalam skala anak-anak. Lengkap dengan jalan rayanya, fasilitas kota seperti rumah sakit, kantor pemadam kebakaran, supermarket, teater, pabrik, salon, dan banyak lagi lainnya.

Trus, memang anak bakal ngapain aja sih, di KidZania?

Di dalam kota ini, anak bisa memainkan peran atau profesi orang dewasa. Mau jadi pemadam kebakaran, ayo mainkan di establishment Fire Station. Mau ngisiin bensi mobil, coba jadi petugas pengisian bahan bakar di Gas Station. Atau karena sering diajak traveling jadi pengin ngerasain jadi resepsionis hotel, bisa juga main di establishment Hotel.

Seru dan fun!

Mengenal Berbagai Profesi di Kidzania.jpg
Fire Station di Kidzania | Foto: Dok. Kidzania Jakarta
Mengenal Berbagai Profesi di Kidzania.jpg
Hospital di Kidzania | Foto: Dok. Kidzania Jakarta

Tapi.. tapi.. yang bisa main cuma anak-anak aja dong ya? Orang tua enggak bisa ikutan. Kan, kita juga pengin bermain profesi bareng anak. Apalagi di usia Luna yang serba nanggung ini. Mau dilepas sendiri kok ya enggak tega, dianya juga masih takut main sendirian. Tapi kalau ditemenin kok ya nggak bisa.

Ternyata yang mikirin hal yang sama enggak cuma saya. Banyak orang tua yang menginginkan bisa ikut main di dalam establishment KidZania.

Akhirnya, sejak April 2017 lalu KidZania Jakarta bikin program Parents Experience. Di sini, orang tua mendapat kesempatan untuk quality time bareng anak dengan bermain peran profesi.

Iyes!

Mengenal Berbagai Profesi di Kidzania Jakarta.jpg

Parents Experience hanya bisa dinikmati setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu. Ya iya sih ya.. Karena kebanyakan hanya di hari-hari itu kita akan meluangkan waktu untuk bermain di luar bareng anak. Hari lainnya buat kerja, cari duit, dan mewujudkan profesi yang sebenarnya. LOL

Kalau tiketnya gimana? Mahal enggak?

Mahal atau enggak itu tergantung masing-masing yaa.. Tapi kalau dilihat dari keuntungan yang akan didapatkan anak dan quality time kita, jelas worth it banget. Harga tiket Parents Experience adalah Rp150.000 saat weekdays, Rp 200.000 saat weekend, dan Rp250.000 saat holiday season.

Dan keuntungan lain mengikuti Parents Experience adalah.. orang tua cuma bayar tiket sebesar harga tiket anak, seperti yang sudah disebutkan tadi. Lalu bisa bebas menemani anaknya bermain profesi di dalam theme park-nya.

Mengenal Berbagai Profesi di Kidzania.jpg
TV Studio di Kidzania | Foto: Dok. Kidzania Jakarta

Berkunjung ke KidZania adalah salah satu #parentinggoal saya. Segera saya mengarrange short trip ke Jakarta khusus untuk ke Kidzania, mumpung program Parents Experience masih berlaku sampai dengan 31 Desember 2017 mendatang.

Karena saya ingin mengenalkan ke Luna, betapa semua profesi itu berharga dan layak untuk dihormati. Serta memberi bekal untuknya, bahwa untuk menjadi bahagia, dia tidak harus berprofesi menjadi dokter atau aktris.

Kebahagiaan tidak dihitung dari materi atau penghasilan atas sebuah profesi . Tetapi kebahagiaan adalah saat kita mencintai dan melakukan profesi kita sepenuh hati.

 

KidZania Jakarta
Location:
Pasific Place Mall lantai 6, Kawasan Niaga Terpadu, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta
Follow Us:
Facebook: KIDZANIA JAKARTA
Twitter: @kidzaniajakarta
Instagram: @kidzaniajakarta
Website: jakarta.kidzania.com

 

*This is a sponsored blogpost. Thank you for supporting brands that support this blog.

10 thoughts on “Serunya Bermain Profesi di Kidzania

  1. Sejak dulu, pengen deh bawa anak-anak ke sini. Tapi karena jauh harus ke Jakarta, dan juga karena anak-anak belom mandiri untuk bisa ditinggal, gak jadi aja ke sana. Beruntung sekarang ada program Parent’s Experience, ya. Kita bisa ikut masuk untuk seru-seruan. Kudu segera dijadwalkan nih main ke KidZania nanti saat ke Jakarta…

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)