#SelasaSehat: Honey Ginger

Udah lama banget ya, tulisan #SelasaSehat ini enggak pernah publish. Biasanya sih, ditulis sama Nadia, tapi berhubung dianya sibuk, saya mau coba tulis sendiri. Semoga aja seri #SelasaSehat ini bisa publish terus 2 minggu sekali tiap Selasa. Diusahakann..

#SelasaSehat: Honey Ginger.jpg

Oke, kali ini saya mau bagi resep tradisional yang biasa saya kasih ke Luna tiap dia kena flu atau baru gejala flu. Resep ini aslinya enggak ada namanya, tapi saya kasih nama sendiri asal. Hahaha..

Tahu sendiri kan ya, anak balita itu gampang banget kena flu. Perasaan baru kemarin kelar batuk, eh seminggu kemudian keluar pilek, dua minggu lagi demam. Hishh.. rempong. Kasian juga anaknya, kalau dikit-dikit sakit gizi yang terserap juga bakal terhambat. Dulu naikin badannya susah, giliran sakit turun bbnya cepet banget.

Di usia 1-2 tahun, Luna gampang banget sakit. Dan saya masih sering was-was, kasih obat nggak ya.. Tapi kalau enggak dikasih obat, nyatanya kok enggak sembuh-sembuh. Dan kalau dikasih obat, masak ya obat lagi-obat lagi. Baru kemarin dia selesai minum obat batuk, masa sekarang obat lagi.

Suatu siang, pulang dari gereja, ketua lingkungan seperti biasa menyalami kami. Beliau melihat Luna batuk panjang enggak berhenti-henti. Lalu beliau membagi resep tradisionalnya ini ke kami. Katanya, resep ini juga diberikan ke anak batitanya. Dan manjur.

Yang paling penting, bisa meminimalisir konsumsi obat.

Sepulang dari gereja, kami bergegas mencari bahan-bahannya di warung. Simpel, dan pasti ada.

Bahan:
2 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
1/4 iris jeruk nipis
1 sendok makan madu

Caranya:
1. Kupas bersih kunyit dan jahe, lalu memarkan.
2. Rebus 1 gelas air beserta kunyit dan jahe geprek tadi.
3. Rebus hingga mendidih, air berkurang separo, dan air sudah berubah warna jadi merah-orange.
4. Saring dan ambil airnya saja di gelas.
5. Beri perasan jeruk nipis.
6. Masukkan madu. Jika masih terlalu kecut atau pedas tambahkan madu lagi, sampai didapat rasa manis yang diinginkan.
7. Sudah manis, selagi hangat bisa diminum anak-anak. Dan aman..

#SelasaSehat: Honey Ginger.jpg

Sampai sekarang, resep ini terus saya kasih ke Luna tiap dia gejala flu, atau sedang flu. Biasanya dikasih 2x sehari, tiap pagi dan malam hari.

Enggak ada aturan pastinya sih.. Cuman saya kasih pagi, supaya aktivitasnya enggak terganggu dengan sakitnya. Dan ditambah dikasih malam, supaya tidurnya bisa lebih nyenyak tanpa batuk-batuk berkepanjangan.

Dulu saat masih usia 2 tahun, konsumsi minuman ini paling banyak cuma 10 sendok makan sekali minum. Tapi sekarang dia udah mulai doyan, dan bisa diminum habis segelas.

Bagusnya lagi, minuman ini terbukti enggak cuma berkhasiat untuk anak kecil saja. Pernah suatu kali saya hampir flu, kalau gini biasanya langsung ngobat dan tidur. Trus iseng bikin minuman ini. Dan, flunya kabur enggak jadi hinggap.

Lalu bagaimana penggunaannya untuk anak bayi?

Paling aman, lebih baik dikonsumsi untuk anak 1 tahun ke atas. Dia sudah bisa minum madu dan sedikit rasa kecut dari jeruk nipis.

Dicoba deh. Semoga resep tradisional ini juga manjur buat kalian sekeluarga.

 

Punya resep tradisional juga buat jaga kesehatan keluarga? Share yuk.. Siapa tahu saya bisa contek resepnya. :)

22 thoughts on “#SelasaSehat: Honey Ginger

  1. Saya biasanya pakai perasan jeruk hangat + madu aja, gak pakai jahe dan kunyit. Memang bagus juga kalau ditambah jahe dan kunyit. Karena jahe bisa menghangatkan tubuh dan kunyit bisa mempertahankan napsu makan.

  2. Wah boleh dicoba nih resepnya. Aku paling malas soalnya sama obat-obat yang kimia-kimiaan gitu. Mendingan minum yang beginian. Sayangnya kalo jamu gak doyan, soalnya pait hahaha alternatifnya boleh, nih, Mbak. Terima kasih, ya. :3

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)