Saat Anak Susah Makan

saat anak susah makan

Anak susah makan itu masalah banget ya buibu.. Bagi kalian yang tidak pernah merasakan anak susah makan, bersyukurlah. Karena anak yang susah makan itu, menguras emosi, jiwa, dan raga.

Sebagai mamah muda yang hidup di era teknologi begini, dapet informasi dan pengetahuan bisa dari mana aja. Googling di internet, “tips mengatasi anak GTM”. Pulang-pulang langsung praktekin ke anak. Baca majalah ibu-anak, “saat anak susah makan”. Selesai baca, langsung dipraktekin. Baca buku parenting dan resep-resep MPASI, “aneka resep MPASI yang bikin anak doyan makan”. Bawa bukunya ke dapur, trus masakin buat anak.

Semuanya sudah dipraktekin. Semua-muanya. Mulai dari duduk manis, kasih mainan di mejanya, masakin aneka resep MPASI, setelin youtube (yang ada video anak makan),beliin vitamin penambah nafsu makan, sampe ganti peralatan makannya.

Saking kami stresnya, dulu Si Bapak beli sepasang sendok Dr Brown yang harganya 70.000. Tujuh puluh ribu mennn.. Hanya untuk 2 buah sendok makan bayi, yang setelah dia bisa makan nasi langsung enggak bisa dipake. Karena bentuknya yang rata jadi cocoknya cuma buat bubur.

Enggak tahu nih kalo mamah-mamah muda yang lain ya.. Kalo saya, pas anak susah makan, bukannya menyemangati untuk terus berkreasi di dapur dan masakin aneka masakan yang yummy buat dia. Tapi malah bete. Udah dimasakin ini-itu, udah dibeliin ini-itu, tetep aja males makan. Aaahhh… Ya sudahlah, bawa aja ke daycare, kasih Bundanya untuk disuapin.

Hahaha… Iya, Luna emang selalu takluk sama Bundanya. Mau makan banyak di daycare, dengan menu apa aja. Mungkin karena banyak temennya kali ya..

Baca: 10 Alasan Kenapa Pilih Daycare

Pernah juga kami dateng ke dsa-nya dan konsul tentang Luna yang lagi susah makan. Niatnya minta vitamin penambah nafsu makan, tapi dia cuma bilang gini, Vitamin penambah nafsu makan itu cuma sendok dan tangan ibunya. Nah looo… Iya Dok, tapi enggak ngefek. :(((((

Konyolnya lagi, saya suka kasih target makan ke dia. Makan pagi minimal 10 suap. Kalo belum 10 suap, dia lari pun akan saya kejar untuk makan. Hahaha…

Dan kalo dia lagi doyan-doyannya makan, udah habis 1 mangkuk penuh pun suka saya tambahin dan suapin sampe diomelin mama, “Udah to.. nanti malah muntah”. Huahahaha.. Lah, mumpung dia mau makan. Kan bisa jadi persediaan tenaga kalo pas dia enggak mau makan besok. XD

Setelah Luna 2 tahun. Akhirnya, sekarang kami ada dalam fase terserah dia. Kalo enggak mau makan ya udah terserah. Kalo maunya makan itu ya udah terserah. Karena nantinya, dia ya mau makan juga kok. Enggak perlu repot-repot dibeliin vitamin, atau dimasakin ini-itu, pasti nanti akhirnya dia menyerah pada lapar dan bilang, “Abuk.. Na, aem.”

Paling kiamat emang kalo dia belum bisa ngomong. Kita cuma menebak-nebak kenapa dia enggak mau makan. Sambil ngecek mulut, jangan-jangan tumbuh gigi.

Untungnya, sekarang kalo dia enggak mau sarapan pagi atau makan siang, dia nanti pasti akan makan malam. Dirapel critanya. Sayang waktunya buat makan, mending buat lari-lari dan manjat-manjat. XD

Mengajari anak untuk disiplin waktu itu memang penting. Tapi memaksanya makan di jam makan, padahal mungkin dia masih kenyang, itu cuma bikin stres. Anaknya stres, nangis. Ibuknya stres, marah-marah.

Jadi, saya membiarkannya mengenal rasa lapar. Kalau lapar ya makan, bukan malah keluyuran. XD

Berdasar cerita temen kantor nih, anaknya tetangganya ada yang dipaksa makan di jam makan, jadinya malah kayak robot. Tiap jam segitu, dia makan, sekalipun belum lapar. Trus sekarang dia guendut buangett. Duh, enggak tahu juga dink itu karena penerapan disiplin makan atau karena emang dia mbakat gendut ya.

Lagian, biasanya kalo anak enggak mau makan itu, dia doyan nyemil. Mungkin dia lagi bosen makan nasi. Ya udah, biarkan aja dia makan kentang rebus, roti, oatmeal, dan minum susu banyak. Hahaha…

Dulu pas masih nyusuin, kalo dia enggak mau makan, ibuknya kurus. Karena dia nenen tiada henti. Tapi sekarang karena udah sapih. Dia enggak mau makan, ibuknya gemuk. Lah, ngabisin makannya yang udah terlanjur diambilin di mangkuk. XD

Yang jadi PR sampe sekarang adalah… Ngajak makan Luna kalo lagi plesiran ke luar kota. Duh! Perasaan makannya udah di tempat yang keren, menunya juga super yummy. Tapi dianya enggak mau makan. :((((

saat-anak-susah-makan.jpg
Gayanya main masak-masakan, nyuapin diri sendiri. Tapi kalo dikasih nasi beneran belum tentu mau dimakan. XD

14 thoughts on “Saat Anak Susah Makan

  1. Selalu pusing kalau anak nggak bisa makan ya mak 😀
    Btw kalo traveling aku akalin makannya baby dengan roti, buah atau telur orik. Makanannya ditusuk pake sate gitu. Wah dia senang banget. Ada yang masuklah ke mulut.

  2. Untungnya anak saya jarang GTM mbak, paling kalo lg sakit ato mau sakit. Memang sih anak ga mau makan tu bikin esmosi, apalagi diajakin tidur malah pada lompat2an dimejaa… Arghhh

  3. Pernah ngalamin Gtm. Awalnya saya paksa eh jadinya seperti yg mak bilang sama-sama stres. Untungnya bisa ganti strategi, segala makanan dibentuk lucu-lucu. Lebih repot sih tapi kalau liat makannya lahap lagi, rasanya senaaang

  4. Saya malah lagi bingung anak saya 1,5 tahu cm lahap makan sama tahu..
    Udh coba masak, beli belum berhasil alhasil menyerah ajaa deh kalau udh lapar ternyata mau makan yg lain asal udh laper dia nya. Kadang jadi ibu suka rempong anak belum makan takut masuk angin.. Pdhl bisa jadi kaya kita yg lagi malas makan hahhaa
    Salam hangat ya untuk Luna

  5. si bungsu lagi ngalamin itu mak…seleranya ga terduga, pagi malan lahap sore ga mau atau sebaliknya…
    si kakak lagi lahap makan, smp bis alebih dari tiga kali, tapi selalu menolak tidur siang.

    dibawa enjoy aja tp kalau lagi pms kedua amsalah itu bikin esmosi hahah

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)