Rapikan Rumah Mungilmu, Yuk!

[sponsored post]

Rapikan Rumah Mungilmu, Yuk!

Akhir-akhir ini saya lagi kesel. Kesel sama rumah. Emang ya, rumah saya itu aslinya mungil, luasnya aja enggak nyampe 100 meter. Tapi saya bukan kesel sama luasnya. Lha wong, dari awal saya emang mampunya beli rumah segitu kok, apa yang mau disesali. Cuman, saya kesel lihat rumah yang kayaknya kok berantakan mulu.

“Itu karena kamu punya anak kecil, Ni.. Rumahku juga enggak kalah berantakannya.”

Iya sih.. Tapi bukan berarti punya anak kecil trus jadi excuse rumah boleh berantakan kan.. Banyak kok, rumah-rumah orang dengan beberapa balita, tapi tetap terlihat rapi.

“Mungkin kamu terlalu perfeksionis, Ni.. Keseringan lihat instagram homedecor.”

Hahahaha.. Saya emang follow beberapa instagram homedecor, dan lihat timelinenya emang bikin stress sendiri. Kenapa rumahku enggak serapi ituuu.. Pengin juga punya perabot ini-itu, tapi enggak mungkin belinya langsung borongan. Uang dari mana neng..

*

Kenapa sih, saya bisa kesel banget sama rumah? Padahal kalau rumahnya kecil, sebenernya bisa lebih gampang rapiinnya. Nyapu dan ngepel lantai juga lebih gampang. Enggak perlu mengeluh capek, karena luas area yang dibersihkan enggak sampai satu hektar.

Rumah berantakan itu enggak nyaman dipandang, sis. Harusnya rumah bisa jadi tempat yang nyaman untuk beristirahat, tapi kok malah kayak kapal pecah.

Saking keselnya, akhirnya mulai minggu kemarin saya melakukan beberapa hal ini untuk merapikan rumah:

1. Memberikan wadah atau lemari penyimpanan untuk semua barang.

Kunci rumah terlihat rapi adalah ketika semua barang berada pada tempatnya. Semua tertutup di dalam lemari penyimpanan, sehingga tidak terlihat dari luar gimana kondisi di dalamnya yang bertumpuk-tumpuk. Dan saya melakukan ini untuk menyimpan perabot dapur dan mainan Luna. Karena area yang paling sering terlihat berantakan adalah dapur dan area bermain Luna.

2. Disiplin meletakkan barang pada tempatnya.

Ini nih, kebiasaan jelek saya yang asal taruh barang sembarangan. Bisa gitu, kunci di atas meja makan. Tas di lantai. Laptop pindah ke atas meja makan. Dan meja kerja penuh dengan tumpukan kertas yang kalau dipikir-pikir udah enggak penting-penting amat.

Malu sama Luna. Saya disiplinin dia untuk clean-up mainannya. Kok malah saya enggak disiplin meletakkan barang pada tempatnya.

3. Sortir barang dan buang yang sudah tidak diperlukan.

Sebagai makhluk penyimpan kenangan, bagian ini agak susah dilakukan. Tapi, ketimbang barang-barang itu makin memenuhi rumah mungil saya dan bikin enggak kelihatan rapi. Sepertinya cara satu-satunya ya, relakan saja.

Oke, bye buku-buku yang sudah membuka wawasanku, tapi kamu cuma numpuk di rak tanpa pernah kusentuh lagi. Bye juga baju-baju yang menemaniku di berbagai momen special, tapi sekarang sudah tidak muat lagi. And many thanks to Marie Kondo yang ngajarin aku tentang the art of decluttering.

4. Mencuci piring dan mengosongkan sinc sebelum tidur malam.

Ini dampaknya positif banget buat pagi hari saya, jadi lebih bersemangat. Lihat dapur rapi, bebas kotoran piring. Menghemat waktu juga, bisa mengerjakan yang lain langsung, seperti masak dan menyiapkan sarapan.

Lagipula, enggak ada piring kotor di malam hari itu mencegah kehadiran tikus-tikus yang berkeliaran di dapur cari makan di atas sinc.

Hiiiii jijay enggak sih.

 

Eh, ngomongin tikus yaa.. Saya kesel banget sama tikus-tikus di rumah. Area mereka itu seringnya di dapur dan di perbatasan plafon dapur. Ya karena salah saya juga sih sebelumnya. Dapur enggak pernah dijaga kebersihan dan kerapiannya, sehingga tikus seneng banget main ke sana.

Dapur saya juga belum sempurna, lemari dan rak-raknya belum terpasang. Jadi gampang banget buat disisipin sama tikus. Dan kalau malem, mulai terdengar suara gesekan perabot atau cicit-cicit tikus yang sedang menikmati area mainnya.

Belum lagi plafon atas dapur belum terpasang sempurna. Area ini sering buat jalan keluar-masuk tikus. Mana banyak kabel juga disitu. Bahaya kalau digigitin sama tikus, bisa terjadi konsleting.

 

Rapikan Rumah Mungilmu, Yuk!

Kalau dulu, kebiasaan Bapak saya mengusir tikus adalah dengan memberinya perangkap tikus. Jadi tiap malam, perangkap tikus dipasang di sudut-sudut rawan Tikus masuk. Dipancing dengan potongan ayam, maka tikus bakal masuk, dan esok paginya sudahlah tamat riwayatnya di tangan Bapak.

Tapi suamiku enggak seberani itu untuk bunuh tikus. >.<

Jadi dia menggunakan racun tikus yang dipasang di dapur. Racun itu bikin tikus mati sendiri dan bangkainya tidak berbau. Mau tikus mati di atas plafon rumah, kita enggak bakal mencium bau aneh-aneh.

Tapi pagi harinya saya kaget, saat menemukan tikus mati di atas keset dapur! Hampir aja keinjek.

Kesel banget sama Tikus.. Kenapa sih, Tuhan menciptakan Tikus kalau buat ganggu manusia. Huhuhuhu

*

Ini namanya mestakung. Ketika lagi galau-galau rumah yang enggak rapi-rapi dan tikus yang doyan banget main ke rumah, gara-gara temen aku baru tahu ada produk pengusir tikus yang efektif banget. Tanpa membunuh tikus, tanpa meninggalkan bangkai tikus.

Namanya Tissor Alat Pengusir Tikus.

Review Extro Tissor Pengusir Tikus

Beda dengan alat pengusir tikus lainnya, Tissor adalah alat pengusir tikus elektrik yang bekerja dengan gelombang elektromagnetik dan gelombang ultrasonik. Jangkauan Tissor bisa sampai sekitar 200 meter dan irit listrik, cuma makan daya 4 Watt.

Cara kerjanya, tinggal tancapkan aja Tissor pengusir tikus ini ke colokan listrik dan biarkan gelombang ajaibnya menjauhkan tikus dan rumah kita. Alat ini bukan untuk membunuh tikus, melainkan membuat tikus takut dan jauh-jauh sama rumah kita.

Gelombang elektromagnetik dan ultrasonik dari Tissor juga hanya terdengar oleh tikus dan tidak akan terdengar oleh kita.

 

 

 

Review Extro Tissor Pengusir Tikus

Review Extro Tissor Pengusir Tikus

Review Extro Tissor Pengusir Tikus

So far, selama hampir satu bulan ini pakai Tissor, tidur malam saya jadi lebih nyenyak tanpa denger suara cicit tikus atau gesekan perabot dapur.

Rumah mungil saya juga pelan-pelan mulai ditata rapi, kami belajar untuk lebih disiplin meletakkan barang pada tempatnya, kami (saya terutama) belajar untuk merelakan barang-barang yang sudah tidak dipakai lagi untuk pindah rumah, dan perabot homedecor yang lucu-lucu perlahan dicicil beli satu-satu untuk mempercantik rumah.

Rumah mungil bukan berarti terlihat sempit dan berantakan kok. Justru rumah mungil, jika ditata dan rajin dirawat bisa kelihatan bersih dan bebas tikus.

35 thoughts on “Rapikan Rumah Mungilmu, Yuk!

  1. asik, postingan selanjutnya homedecor rumah bundanoni yah :D. btw, ajaib aja ya alat beginian, semoga bisa awet selamanya tikus nggak mampir lagi :)

  2. Ihhh, problem kita sama.. Rumah ku kok ya hg susah ya rapinyaaaa :(. Memang sih ada anak, tp ttp aku sebel kalo berantakan gt.. Udh beli banyak box mba utk nyimpen barang2. Tapi kemudian nth kenapa ya nambaaaah mulu tuh brg. Trs kalo aku buangin barang2, nth kenapa bbrp hr kmudian bisa mncul lg di rumah. Aku sih curiga baby sitter anak2 yg masukin balik. Dia prnh blg dulu, ga tega kalo mainan anak2 di buang.. Duuuh aku kan jd g tega jg mau marahin :(

    Makanya sesekali aku juga prnh dgr suara tikus jadinya.. Stress deh. Pernah yaa itu tikus kecebur k bak mandi, yg airnya kbetulan tinggal setengah. Dia ga bisa naik k atas.. Jdilah semalaman dia berenang.. Aku histeris jadinya pas msk kamar mandi.. Itu bak aku suruh steril ampe aku yakin bersih ekwkwkwkwkw :p

    Kyknya memang prlu ya ini alat supaya tikus pada kabur. Walo rumahku kecil jg, aku mw pasang 2 deh biar makin mantep tikusnya kabur

  3. iya mbak setuju semua…aku kalau mau tidur juga selalu cuci piring di dapur biar ga ada tikus.soale kalau males bisa dipastikan pasti ada tikus, atau kecoa.padhal aku paling jijik ma keduanya

  4. Persoalan kita sama mbak. Tapi kalau soal tikus ahamdulillah udah berakhir semenjak teras samping kami semen semua, jd nutup lubang.
    Pengen banget nih rapi2in rumah, semoga banyaknya liburan di bulan APril bisa beberes rumah 😀

  5. Wah, baru tau kalau ada alat pembasmi tikus elektrik. Itu semacam pembasmi nyamuk juga kah cara kerja? Kayaknya cocok di tempatin di rumah, soalnya di dapur aku juga gitu, banyak tikus kalau udh malem. Palibg dipakein perangkap lem tikus, kalau perangkap tikus yg terbuat dari besi malah ga mempan

  6. Problem ku sama rumah berantakan, beli banyak tempat mlh tmbh bnyk brng, tikus dapur juga ada karena nggak ada dipasang plafon

  7. Tipsnya bermanfaat. Iya aku juga sebelum tidur malam bersihin sink serta wastafel dari kotoran dan piring gelas kotor. gak betah aja gitu pagi2 liat cucian numpuk.
    btw… Aku juga pake alat gituan tapi yg bisa usir kecoak sama tikus gitu mbak. yg ini gak bisa untuk serangga juga kah?

  8. Tikus emang jadi musuh bebuyutan mamak-mamak, ya. Hahaha. Aku pernah digigit tikus pas lagi penelitian di kampus. Abis itu, aku jijay bajay sama tikus, geli. Padahal pas di kampus temenan. Wkwk. Btw kalo aku di rumah, ada 1 ruang khusus tempat anak2 main, jadi ga satu rumah diserakin mainan :’)

  9. rumahku lumayan besar dan berantakan selalu hahahaaa… tiap hari kondisinya kayak habis kehadiran hulk. mainan dan buku-buku sikecil tersebar ke seluruh penjuru.
    oke, aku akan mencoba semua tipsnya termasuk si tissor itu. doakan ya 😛

  10. Aku juga males banget bersihin rumah. Ya janganlah rumah, bersihin kosan aja jarang hahahah…
    Wah pembasmi tikus elektrik, waktu itu mba (lupa saya namanya) pernah ngebahas pembasmi tikus elektrik juga. Tapi gatau deh merknya sama apa nggak ahahah

  11. Ini nih kayaknya lagi butuh banget di rumah. Mama sama bapak pas aku pulang dari luar kota tau-tau pada ribet soal tikus di rumah. :(

    Mama masih pake lem tikus, tradisional banget hahahak boleh nih dicoba.

  12. benar sekali tata rumah harus dilakukan dengan yang baik dan harus ditaro ditempat yang benar supaya tidak berantakan. Itu alat pengusir tikus ya? karena berguna banget itu buat menghilangkan suara tikus yang mengganggu

  13. Senang banget akhirnya bisa icip-icip Extro ini. Sudah bebas bau, kimia eh ramah bumi lagi. Sukak!
    Bunyinya yang khas, tak-tak-tak kini menjadi bagian kehidupan.

    Siap berbagi testimoni dan rekomendasi.

  14. wah aku baru rapi setelah anak2 besar, trus kalau rumah kecil itu ada pada gak adanay gudang shg menyulitkan menaruh barang yg masih berguna tp tdk tiap hr dibutuhkan. Btw makasih tipsnya

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)