#MyLifeAsEditor 7: App Review WATTPAD

Selamat hari Rabu!

Di #MyLifeAsEditor kali ini saya mau share aplikasi ya. Aplikasi yang enggak jauh-jauh sama dunia perbukuan.

Mononton ya kayaknya hidup gue.. Di kantor ngurusin buku orang, di rumah baca buku, di hape isinya juga aplikasi buku. :))))

Pada tahu aplikasi Wattpad enggak? Yang suka nulis atau baca, wajib banget nih punya aplikasi ini.

Jadi, Wattpad itu semacam socmed yang berbasis buku/tulisan. Orang bebas nulis buku di sini, tanpa diseleksi sama editor. Dan orang lain juga bebas komentarin tulisannya. Nulisnya pun enggak harus langsung satu buku kelar. Banyak penulis kok yang upload ceritanya per bab.

IMG_20150617_101136

IMG_20150617_100956Dan pembaca bebas komentarin di part mana aja. Mau di paragraf kedua, bisa. Paragraf ketiga. Paragraf terakhir. Terserah. Caranya persis kayak ngomentarin tulisan di Ms.Word. Teksnya diblock, trus diklik kolom comment.

Namanya juga socmed, jadi di wattpad ini kita bisa berteman dengan banyak orang. Bisa follow mereka, ataupun follow bukunya aja. Jadi kalo temen kita itu abis nulis, muncul deh notifikasinya. Atau kalau buku itu abis update cerita, muncul juga deh notifnya. Kayak ginih..

IMG_20150617_101105

Trus, cara nyari buku mana yang mau dibaca gimana, Nik?

Gampang kok. Tinggal browse aja, mau kategori yang mana. Trus pilih-pilih mau yang mana. Bisa berdasarkan covernya, judulnya, atau rating yang tinggi. Tar dimasukin ke library, jadi sewaktu-waktu mau baca tinggal buka library-nya.

IMG_20150617_101202

Kalo saya suka baca yang tipe-tipe chicklit gitu, trus milih yang rating pembacanya tinggi. Sekarang lagi ngikutin baca Billionare. Sebelumnya TKI (Tenaga Kerja Istimewa) yang sempet booming banget di Wattpad.

Sebenernya di Wattpad ada macem-macem jenis tulisan. Fiksi dan non fiksi. Tapi kalo diliat-liat, kayaknya banyakan yang fiksi novel deh. Peminatnya banyakan yang itu kali ya..

IMG_20150617_101034

Aplikasi yang asik itu yang seru, fungsional, dan yang pasti gampang. As easy as one, two, three. Dan, Wattpad itu seperti ituh.. Cocok buat buibu yang agak gaptek kayak saya. :))))

Ohya, banyak loh penerbit-penerbit yang hunting naskah di Wattpad. Dan, udah banyak yang panen naskah dari Wattpad. Karna dari Wattpad, kita bisa tau cerita seperti apa yang disukai sama pembaca.

Jadi, temen-temen yang pada suka nulis . Coba deh nulis di Wattpad. Siapa tau dilirik sama penerbit, trus digandeng untuk diterbitin versi bukunya deh. Lumayan kan.. ;))

Ohya, available on Android and iOS. Semuanya free. Downloadnya free, baca bukunya pun free. Pan, aku cinta gratisan. :))))

3 thoughts on “#MyLifeAsEditor 7: App Review WATTPAD

  1. Nah, ini apps memang lagi hits ya, beberapa temen ngomongin. Jadi pengen coba, mungkin naskah yg nasibnya cuma dua bab terus bingung mau diapain lagi, bisa kali ya di titip ke sini dulu sambil nunggu pencerahan yg entah kapan datangnya… Mbak noni nulis di sini juga?

    1. Iyaps.. Kdg ide datang setelah dicomment sama pembaca.
      Aku sih cuma silent reader aja. Hehehe..

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)