Menikmati Jogja di Pesona Jogja Homestay

Menikmati Jogja di Pesona Jogja Homestay

Ada yang masih inget enggak, curhat tentang saya yang butuh banget staycation. Kerjaan di kantor lagi penat-penatnya dan deadline yang kalau diturutin tidak ada akhirnya. Pengin liburaann… tapi enggak usah jauh-jauh. Jogja tetap bisa menghibur kok. Asal dinikmati dari sisi yang berbeda.

Baca juga: Jogja Bukan Kota Wisata

Alam semesta benar-benar mendukung. Rejeki itu datang dari Pesona Jogja Homestay, yang mengundang saya untuk menikmati me time semalam. Sambil wedangan cantik dengan teman-teman blogger dan dimanjakan oleh segala fasilitas di dalamnya.

Namanya aja homestay ya.., jadi jangan dibayangkan bentuk bangunannya megah ke atas seperti hotel. Di dalamnya terdapat 6 unit rumah yang masing-masing dibangun 2 lantai, dan dilengkapi dengan fasilitas kamar, dapur, dan ruang tamu.

Lalu kenapa homestay?

Karena Jogja sudah terlalu banyak hotel magrong-magrong, dengan konsep yang jauh dari lokalitas Jogja, malah cenderung mendekati kebarat-baratan. Padahal banyak loh, wisatawan yang ke Jogja pengin merasakan ramahnya kota Jogja yang menawarkan kehangatan seperti di rumah.

Sering diucapkan oleh temen-temen saya yang pernah tinggal di Jogja untuk studi, “Tinggal di Jogja itu enak banget, kayak di rumah sendiri. Jauh sama keluarga, tapi temen-temen di sini kayak saudara sendiri.”

Itulah kenapa sampai sekarang homestay tetap punya daya pikat sendiri bagi wisatawan.

Menikmati Jogja di Pesona Jogja Homestay

Menikmati Jogja di Pesona Jogja Homestay

Menikmati Jogja di Pesona Jogja Homestay

Dari 6 unit rumah yang ada di Pesona Jogja, 1 unit rumah dijadikan kantor administrasi, jadi 5 unit rumah sisanya bisa ditempati oleh wisatawan. Baik yang mau sewa harian, mingguan, bahkan bulanan. Ada loh, mahasiswa asing yang betah tinggal di situ selama beberapa bulan.

Gimana enggak betah coba, kalau tiap pagi kita disapa ramah dengan Mbak Widhi, salah satu staf yang sigap dan murah senyum. “Selamat pagi.. Gimana istirahatnya..”

Lalu keluar kamar, di meja makan sudah terjadi masakan rumahan yang sedap. Soto, sayur pecel, sate usus, manuk enom, brongkos daging, dan aneka jajanan pasar. Malamnya, kami wedangan cantik di halaman dengan disuguhi nasi kucing dan wedang ronde khas angkringan. Serta dihibur dengan lantunan gamelan.

Malam yang dingin jadi terasa hangat. Khas Jogja.

Menikmati Jogja di Pesona Jogja Homestay

Menikmati Jogja di Pesona Jogja Homestay

Ketika kita masuk ke dalam rumah, terdapat 3 sampai 4 kamar yang lengkap dengan fasilitas moderennya. Dan sekalipun mereka menyediakan 1 unit rumah, kita tetap bisa menyewa per kamar.

Misal nih, saya cuma pengin staycation bertiga. Ngapain juga sih nyewa 1 unit rumah, mending nyewa 1 kamar aja kan.. Tapi beda lagi kalau saya pengin staycation bareng keluarga besar. Tiap kepala keluarga kan harus dapet kamar satu-satu. Dan paling enak kalau kamarnya deketan, jadi bisa lebih akrab kalau mau ngobrol-ngobrol santai di ruang tengah atau ruang tamu.

Pesona Jogja, fasilitasin semuanya…

Mau sewa per kamar, bisaaa.. Mau sewa per unit rumah, bisaaa… Apalagi mau nambah extrabed, bisa bangettt. Kayak kemarin, sekamar bertiga sama Mbak Indah Julianti dan Dian Ismyama, trus kami minta extrabed dipasang sekalian. Enggak mungkin kan ya, kami bertiga tidur umpel-umpelan di satu kasur. Ketendang sama Mbak Indah, ngglinding kita berdua ke bawah. :))))

Menikmati Jogja di Pesona Jogja Homestay

Menikmati Jogja di Pesona Jogja Homestay

Kalau lokasinya, meski agak masuk-masuk ke dalam gang, tapi sebenernya Pesona Jogja Homestay termasuk strategis, karena berada di tengah kota Jogja deket dengan Pura Pakualaman, Malioboro, Taman Pintar, Benteng Vrederburg, Kebun Binatang Gembiraloka, dan Museum Batik.

Dari titik nol kilometer Malioboro, tinggal susuri saja ke arah timur hingga masuk ke Jalan Kusumanegara. Lalu sebelum Taman Makam Pahlawan belok ke selatan. Atauu… order Gocar atau Gojek, dan mereka akan mengantarkan kita dengan cepat sampai ke lokasi.

Buat saya yang kemarin nyetir sendirian dan buta arah meski sudah baca GPS, saran saya sih.. sebaiknya beri papan petunjuk jalan mulai dari jalan protokol hingga jalan masuk ke dalam homestay. Untuk mengantisipasi pengunjung buta baca GPS kayak saya.

Belum lagi, kalau sinyal provider enggak stabil. GPS enggak bisa diandalkan sepenuhnya kan.. Kecuali kalau kita mau turun dari mobil dan pake GPS (Gunakan Penduduk Setempat). :))))

Dan untunglah… semua itu terbayar lunas setelah menikmati segala fasilitas di dalamnya. Termasuk bobok siang cantik di atas kasur empuknya.

Menikmati Jogja di Pesona Jogja Homestay

Lumayan banget deh, kemarin bisa fresh setelah staycation dan me time bareng temen-temen blogger. Emang ya, sekalipun saya pernah dengan jumawa bilang, “Me time-ku itu ya di kantor.” Tapi ternyata bisa eneg juga sama suasana kantor. Dan di rumah juga pusing liat cucian numpuk belum disetrika.

Duh.. hidupku tanpa ART. *lempar cucian ke laundry*

Eh iya, adakah yang mau menghabiskan malam tahun baru besok di Jogja? Pasti asyik deh, tahun baruan di Pesona Jogja Homestay. Ajak keluarga atau temen-temen untuk seru-seruan di sini deh.. Pasti Mbak Widhi dan staf yang lain akan memfasilitasi kebutuhan kalian dengan sigap dan penuh senyum.

Ohya, kabar-kabarin ya kalau mau ke Jogja. Tar saya samperin kalian sambil bawain wedang uwuh kesukaan. <3

Pesona Jogja Homestay

Alamat: Gang Pandu no.484, Celeban UH III, Tahunan, Umbul Harjo,Yogyakarta

Telp:+62 274-287 2723

www.pesonajogja-homestay.com

FB: Pesona Jogja

Twitter: @pesonajogja

Instagram: @pesonajogja_homestay

2 thoughts on “Menikmati Jogja di Pesona Jogja Homestay

  1. Penasaran kalau nyewa kamar doang, berarti satu rumah bisa dihuni sama beberapa tamu dong ya?

    terus, tiap kamar apa ada kamar mandi dalamnya jeng?

    Ada syarat tambahan yang gak masuk di list syarat2 mereka gak ya?

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)