Liburan Keluarga ke Kota Batu, Malang

liburan keluarga ke kota batu malang

Di tengah kerjaan kantor yang lagi padat-padatnya karena kebiasaan akhir tahun adalah menyusun rencana kerja tahun depan yang bikin ku stress. Di perjalanan pulang kerja saya mikir, akhir tahun ini stress release kemana ya?

Enggak kerasa loh, sebentar lagi bakal masuk tahun 2018. Lalu jadi mikir, udah traveling ke mana aja ya, sepanjang tahun 2017 ini. Seperti sebelum-sebelumnya, saya pengin menutup tahun ini dengan liburan bareng keluarga.

Sepanjang tahun ini yang paling support segala kerjaan, cita-cita, dan berbagai macam kondisi hidup kita adalah keluarga. Jadi mereka berhak mendapatkan liburan juga.

Baca juga: Merencanakan Liburan Keluarga Tahun Depan

Saya bukan orang yang pelit untuk liburan. Nabung first, tapi liburan juga harus. Kita sudah bekerja keras setahun penuh ini. Gaji udah naik juga kan.. Banyak pencapaian yang kita dapat. Layaklah untuk bersenang-senang dengan liburan.

Setelah itu, masuk kerja bisa lebih fresh dan semangat lagi.

Lagian ya, liburan itu enggak harus mahal dan ke luar negeri yang bisa lebih menguras budget trus pulang-pulang malah stres. Cukup ke kota yang deket-deket dan bisa dijangkau dengan transportasi darat pasti juga enggak kalah seru. Liburan offroad itu menyenangkan, meski bonusnya badan jadi pegal-pegal, tapi worth it banget dengan kebersamaan dan keseruan pengalamannya.

Akhir tahun 2015 lalu saya bareng keluarga besar ke Mojokerto dan Malang. Akhir tahun 2016, sekeluarga jalan-jalan akhir tahun ke Jember, trus Dieng. Dan di akhir tahun 2017 ini, saya udah arrange schedule mau ke Kediri dan sekitarnya, bareng mertua.

Tu kan, aslinya liburan akhir tahun saya ya ke situ-situ lagi. Karena yang terpenting dari liburan adalah kebersamaannya, bukan tempatnya.

Baca juga: Serunya Main ke Jatim Park 2, Kota Batu

Kalau dipikir-pikir, liburan akhir tahun saya ke daerah Jawa Timur mulu ya.. Selain karena keluarga besar berada di sana, Jawa Timur juga punya pesona yang bikin kita kangen untuk kembali lagi.

Salah satu kota di Jawa Timur yang paling saya sukai adalah Malang. Di kota ini banyak banget tempat-tempat wisata yang bisa didatangi bareng keluarga.

Adakah yang pengin liburan bareng keluarga ke Malang, boleh sontek itinerary saya selama di Malang kemarin. Tempat-tempat ini buat saya WAJIB dikunjungi selama liburan sama keluarga di Malang. Sisanya, bisa eksplore dan tambahkan sendiri.

1. Jatim Park 1

Wahana bermain keluarga, mulai dari yang paling cemen sampai paling menantang. Seperti fying tornado, spinning coaster, volcano coaser, drago coaster, wall climbing, gokart, mini jet, sky chopper, dll. Paling cocok kalo ke sini bareng anak-anak yang udah agak gedean. Karena kalau bareng baby dan toddler, tinggi mereka belum nyampe dan palingan cuma jalan-jalan dan nontonin doang.

2. Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo ini ada di area Jatim Park 2, yang dikenal juga sebagai Eco Green Park. Bedanya dengan Jatim Park 1, tempat ini konsepnya lebih pada edukasi teknologi, kimia, fisika, dan biologi. Dan yang paling favorit tetep Batu Secret Zoo, dengan koleksi binatang yang buanyak banget, bikin betah anak-anak. Pantes aja, Batu Secret Zoo jadi kebun binatang favorit se-Asia, versi Trip Advisor.

Liburan Akhir Tahun ke Kota Batu, Malang

3. Batu Night Spectaculer

Malem-malem di Kota Batu, paling asyik nongkrong di BNS. Dihiasi dengan lampu-lampu yang menarik dan lucu-lucu buat spot foto asyik. Ditambah ada berbagai permainan anak-anak yang bikin mereka betah. Cocoklah buat wisata keluarga yang anaknya masih kecil-kecil kayak saya

4. Taman Selecta

Pemandangan di Taman Selecta sangat memanjakan mata. Hamparan taman bunga, hawa yang sejuk, suasananya asri. Asyik buat ngademin pikiran yang stress karena kerjaan.

5. Museum Angkut

Ini wisata favorit saya. Berbagai koleksi transportasi dari dalam dan luar negeri ada semua. Mulai dari transportasi zaman dulu, sampai mobil listrik, angkot di kota Batavia juga ada. Komplit. Saya sampai ternganga-nganga lihatnya. Sambil mikir, ini gimana ngumpulin semua koleksinya ke dalam satu museum gini ya.. Layak bangetlah, jadi the best museum se-Indonesia.

Liburan Akhir Tahun ke Kota Batu, Malang

Baca juga: Nostalgia Transportasi Dunia di Museum Angkut

Sebenernya ada banyak lagi wisata di Malang yang lainnya. Tapi karena kemarin saya nguplek-nguplek Kota Batu aja, dan pergi bareng baby, jadi enggak terlalu ambisius untuk bisa menjelajah semua tempat.

Dan seperti biasa, karena saya adalah orang yang well-planned. Tiap mau liburan, selalu menyiapkan tiket, hotel, dan akomodasinya dari jauh-jauh hari. Apalagi saya pergi bareng keluarga. Jadi demi menjaga kebahagiaan banyak orang, maka saya siapkan semuanya sebelum berangkat. Termasuk ketika merencanakan akan liburan ke Malang ini.

Urutannya: pesen tiket dulu, trus hotel, itinerary dan akomodasi selama di sana, terakhir wisata kuliner apa aja yang bisa dijelajah.

Semua dilakukan satu-satu, tiket dulu, baru hotel. Trus jadi mikir, lama-lama ribet juga ya, enggak efektif. Belum lagi kadang saking sibuknya, saya suka lupa booking hotel. Tiket pesawatnya udah, trus kesela ngurusin kerjaan, sorenya baru inget kalau belum booking hotel.

Banyak aktivitas dan banyak pikiran itu emang beda tipis. -_____-

Baca juga: Tips Booking Hotel Murah dan Tetap Nyaman

Akhir-akhir ini, saya baru aja menyadari kalau ada fasilitas paket pesawat hotel Traveloka yang harganya lebih murah, ketimbang pesen sendiri-sendiri dan satu-satu. Bahkan, pesen paket tiket pesawat dan hotel, jatuhnya jauh lebih hemat hingga 20%, tanpa kode promo apapun.

Mayan banget, duitnya bisa dialokasikan untuk yang lain. Buat akomodasi selama di sana, juga buat wisata kuliner.

Hish.. Kemana aja aku selama ini.. Udah make lama Traveloka, tapi enggak pernah ngeh dengan fitur paket ini.

Gampang dan simpel, tinggal tentukan kota atau negara tujuan, nanti mesin pencari Traveloka akan memberi beberapa alternatif hotel dan tiket pesawat dengan harga per pack-nya. Kalau pengin hasil pencarian sesuai dengan keinginan kita, bisa filter by maskapai atau bintang dan fasilitas hotel.

But honestly, saat melihat beberapa tawaran dari hasil pencarian di fitur ini Traveloka tidak selalu menawarkan harga termurahnya. Jadi kadangkala kita musti ubah jadwal penerbangannya untuk mendapatkan harga tiket yang lebih murah lagi.

Tapi tetep aja sih, fitur ini jauh lebih praktis karena kita tidak perlu pesen dan bayar dua kali. Cukup sekali transaksi, satu kali transfer dengan berbagai metode pembayaran: transfer ATM, internet banking, mobile banking, atau credit card.

Simpel, karena bisa meminimalisir keteledoran pribadi yang suka lupa booking hotel dan baru booking mepet hari liburannya. >.<

Baca juga: Merencanakan Liburan Keluarga Tahun Depan

Kalau kalian, gimana rencana liburan akhir tahun ini?

Jangan terlalu keras bekerja ya.. Kalian berhak men-charge semangat dan energi dengan liburan. Banyak banget keuntungan dengan liburan. Selain kebersamaan keluarga, anak-anak juga akan belajar banyak hal dari yang dialaminya selama liburan.

Dan Traveloka siap membantu liburan kalian lebih simpel dan menyenangkan.

Because work hard, play hard. And yes, you deserve it!

 

 

One thought on “Liburan Keluarga ke Kota Batu, Malang

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)