Jangan Katakan Ini ke Ibu dengan Anak Berbadan Kecil

Jangan Katakan Ini ke Ibu dengan Anak Berbadan Kecil

Berbahagialah kalian yang punya anak gemuk, chubby, dan masuk kategori menggemaskan. Lalu kalian bisa dengan bangga mengklaim bahwa anakku bayi sehat dan menuliskan berat bayi itu di sosial media setiap bulannya. Atau foto-foto bahagia saat anak sedang makan dan lalu komentar, “Oh.. anaknya susah makan sayur ya? Anakku ni makan nggak berhenti-berhenti.. Abis makan nasi sop, trus minta ngemil bolu kukus.”

Selamat ya sist… Cuma bisa menahan iri hati di sini. Kapann… aku bisa posting foto-foto bayi montok yang makan terus tiada henti.

Trus kalian salah? ENGGAKK… Lagipula itu kan akun sosmed kalian. Kami aja yang doyan baperan. Paling kalau lihat langsung skip, scroll cepet ke bawah. Dan kami cuma mau ngucapin selamat, karena berat badan anaknya bisa dibanggakan. Dan turut mendoakan, semoga dengan rajinnya kalian memposting foto menggemaskan anak kalian di sosmed, nantinya akan ada agensi iklan yang tertarik untuk menjadikan bayi kalian sebagai talentnya.

Eh, sekalipun semua iklan produk bayi selalu menggunakan talent bayi gemuk. Tapi, bukan berarti bayi kecil tidak lucu dan tidak sehat kan.. Anak kami cuma mau anti-mainstream, bahwa tidak semua bayi sehat HARUS gemuk.

Kami yang punya bayi dan anak dengan kategori imut (oke, kata “imut” lebih saya sukai ketimbang “kecil”), sebenarnya bukan berarti tidak pernah khawatir dengan angka yang lambat bergerak di timbangan setiap bulannya. Naik sihh… tapi kenapa tidak sesignifikan bayi-bayi lain ya.. Memang masih masuk grafik hijau, tapi selalu mepet mendekati grafik kuning. Pertaruhannya, kalau bulan depan tidak naik, bisa-bisa akan turun ke grafik kuning.

Segala cara sudah pernah kami lakukan. Mulai dari memberinya aneka macam vitamin, memeriksakannya ke dokter, melakukan serangkaian tes kesehatan, membuatkannya aneka macam makanan lezat dan lucu, endebrai-endrebrai. Tapi sedihnya semua itu tidak membuat anak kami lantas tumbuh menjadi anak gemuk dan chubby seperti Gempita Marten atau anak kalian.

Setiap kali kami bertemu orang-orang dan dengan spontan mereka mengatakan kalimat-kalimat ini, jujur yaa.. dalam hati kami merasa sedih. Duh Gusti… dosakah kami, kalau punya anak berbadan kecil. Apa kami lantas bebas dijudge sebagai ibu yang gagal karena tidak berhasil menggemukkan anak, tapi selalu berhasil menggemukkan diri sendiri?

Kalau pertanyaan-pertanyaan ini muncul di inbox atau comment sosmed, jangan kaget kalau tiba-tiba profil kami tidak lagi muncul di timeline kalian. Maaf, kita udah enggak temenan, sist… Lo nggak asik!

Tapi semoga, kalimat-kalimat ini tidak pernah terucap dari bibir kalian yang selalu merasa bahwa anaknya gemuk dan sehat, lalu membatin anak kami yang kecil ini kurang gizi.

1. “Kok anakmu kecil?”, “Anakmu kurus ya..”
Plis… kata “kecil” dan “kurus” itu agak enggak nyaman di telinga. Sepertinya anak kami itu abnormal. Lebih baik ganti aja dengan kalimat yang lebih santun, “Aih… imutnya anakmu.” Entah dalam hati kalian mau membatin anak kami ini kurus kecil, terserah.

2. “Berapa beratnya anakmu?”
Basa-basi-busuk. Mending enggak usah ditanya deh… Karena kami tahu ujungnya pembicaraan ini adalah… mengatai anak kami kecil, kurus, kurang gizi. Atau kalian kemudian membandingkan dengan berat badan anak kalian. “Ohh… 10 kilo. Anakku tu loh.. baru 2 tahun udah 14 kilo.” Okay sist… bhay!

3. “Oh.. sudah 2 tahun? Kirain masih setahun.”
Pliss… enggak usah diucapin deh. Mending dibatin aja. Cukup ucapkan “Oh, sudah 2 tahun… Lucunyaa… imutnya..” Kalimat ini jauh lebih enak didengar di telinga dan hati. Lagipula ya.. Kami bisa baca pikiran kalian, “Oh.. sudah 2 tahun ya? Kecil badannya ya.. kayak masih setahun.” Ohh.. thank you so much, sist!

4. “Lemaknya disedot ibunya semua ini..”
Ya ampunn.. ya kali ada teknologi transfer lemak dari tubuh orang ke orang lain. Kami akan langsung mentransfer lemak ini ke tubuh mereka. Kalau perlu, semua-mua lemaknya sampai tinggal kulit dan tulang yang nempel di badan kami.

5. “Wah.. makanannya dimakan ibunya semua yaa.. Hihihi.”
Heloow… becandamu enggak lucu, sist. Andai di rumah tinggal ada satu cup beras, pasti akan kami kasih ke anak semua, asal dia mau menghabiskannya. Kami rela banget puasa seharian, asal anak kenyang. Ingat ya.. Kami bukan orangtua kejam yang mengambil jatah anak demi kesenangan perut sendiri.

6. “Masakanmu kurang variatif mungkin..”
Kalau di dapur kami ada cctv, kalian harus lihat, bagaimana kami sibuk browsing menu mpasi atau makanan untuk anak, lalu betah-betahin masak lama, demi anak. Padahal dulu sebelum nikah, masuk dapur seminggu sekali aja belum tentu.

7. “Harusnya anak dilatih untuk makan itu duduk, biar dia mau makan.”
Duh, makan yang indah itu kok sepertinya hanya ada di The Return of Superman ya… Dimana Daehan, Minguk, Manse duduk manis di baby chairnya, makan dengan penuh belepotan, disuapin dengan penuh ketenangan. Mungkin kalian hanya belum pernah merasakan bagaimana punya anak yang begitu aktif, sampai mau makan hanya kalau dibolehin ngunyah sambil lari atau joget-joget. Sekarang mending mana? Anaknya bertingkah polah tapi mau makan buanyak, atau anaknya nangis kejer karena dipaksa duduk dan enggak mau makan sesuap pun.

8. “Mungkin kamu kurang telaten nyuapinnya.”
Kami yang sebenernya sudah nahan lapar, dan tergoda untuk nyomot ikan di piring anak, tapi tetap dibetah-betahin nyuapin anak yang makannya ngemut berjam-jam. Kayak gitu masih dibilang enggak telaten. Sedihnya…

9. “Untungnya anakku enggak susah makan, karena dia selalu kubiasain ini, itu, endrebrai-endebrai..”
Ohh cukup. Kami tidak pernah suka mendengarkan ceramah panjang, apalagi sampai membanding-bandingkan. Mau anak kami kecil dan susah makan, kami tetap beruntung memilikinya dalam hidup ini. Dengan penuh keyakinan kami percaya, Tuhan selalu bersama ibu-ibu dengan anak berbadan kecil dan susah makan. Semua badai ini pasti akan berlalu.

 

Tertanda,
Laskar Ibu dengan Anak Berbadan Kecil dan Susah Makan.

121 thoughts on “Jangan Katakan Ini ke Ibu dengan Anak Berbadan Kecil

  1. Ya ampun maak..ahahah senasib ya kitaa..anak pertamaku dulu masih ada gembil gembilnya waktu bayi. Giliran anak kedua..singset dari bayi ampe sekarang. Alhasil orang-orang jd gampang banget ngebandingin antara kakak ama adiknya. Sebelnya kadang yg komen malah keluarga sendiri lho x__x

  2. Meski belum nikah, rasanya sedih mendengar ada saja orang yang komentar begitu.

    Yang pasti, Ibuku pernah mengalami yang mak Noni tulis di atas karena postur tubuh kami yang kontras (bahkan sampai sekarang). Sejauh pengamatanku, beliau cuek saja dikomentari ‘anak pertamanya kecil dan kurus’. “Wislah, anjing menggonggong, gajah berlalu..”

  3. Wahahaaa i feel u mak.. Si kakak ini makannya kaya piara anaconda di ususnya, tapi badannya tipis ga ketulungan.. jadi kalo ada yg ngomong “makannya kurang banyak nii..” rasanya pingin lempar centong deeh

  4. Huahhhh sama mak :(
    Anak saya banget ini, Usianya sudah hampir 5 tahun tapi beratnya 15kg πŸ˜€
    Tapi ya sepanjang dia sehat dan lincah-lincah aja sih ya udah gak papa, sudah diperiksakan ke dokter pun gak papa hehehe..

  5. Hahahaha…
    Yakaliii lemak bisa ditransfer 😛😛😛😛
    Kalo ada gituan, siniiii eke mau ikuutt

    #ikutpersatuanlaskaribudengananakberbadankecil

  6. Nomor 4, sudah melewati fase ini beribu kali sampe baal rasanya :D, tapi allhamdulillah, sejak sekolah SD dan banyak gerak plus lincah banget udah lumayan keliatan (tingginya) bukan gemuknya :D.

  7. Sama makkk, buat anak yg aktif mau makan sebanyak apapun pasti energi langsung terbuang beda sama yg diem aja.
    Aku juga suka depress udah di masakin susah payah tauk nya anaknya gak mau makan n minta makanan yg lain :(

  8. Badai ini pernah ku lalui mak, yang lebih nyakitin bu bidannya ikutan nge judge.

    Tapi sejak umur 2,5 tahun beratnya naik terus sehingga bisa mengejar ketertinggalan. Tapi tetep imut sich cuma badannya padat berisi gitu *eh apa ya namanya*

    Tetep semangat mak, yang penting cerdas, sehat, lincah. :)

  9. Anakkupun Maaak, kecil juga badannya dibanding anak-anak seumurnyaaa. Susah sih kalo mengharapkan orang berlaku seperti yang kita mau. Kalo aku, intinya mulai dari diri sendiri aja Mak, nggak usah ikut ngomenin buruk atau sok tau tentang anak lain, apalagi komennya ke orangtuanya sendiri.. Karena setiap orangtua beda kan cara mengasuh dan tantangan membesarkan anak-anaknya.. Mari mulai dari diri sendiri ajaa, inshaallah menular ke bu-ibu lain. hihi

  10. Ya Alloh maaaaakk…. Ekeu bangeeet…. Paling sedih kalo dibilang gak telaten pdahl sampe gak makan ngebelain anak biaar mau makan sambil lari2an terus dilepeh. Semangaaat maaak… Anak kitaa aktiiif sehaat

  11. Ga usah baper bu,ga usah jg ampe hrs kabur dr medsos ato gmn2 k org2 ky gt..syukurin aja apapun yg tuhan ksh…ibu mgk cm masalah berat badan,,,saya skg single parents dgn kondisi anak thalasemi minor,org ngomong ini itu sy biasa aja,manusia boleh komentar tp yakinlah tuhan yg punya rencana..ttp semangat biar anak jg semangat..big love for my lovely son

  12. klo bisa gambar diatas d hapus, jangan pake gambar itu. efek nya malah kami jadi mikir “oh anak yang itu yang badannya kecil dan emaknya stres?”. lebih baik dihapus saja atau ganti.

  13. Hal ini aku alami juga kowq mba… Aq merawat anak dr suami (ibunya meninggal saat 3 jam stlh melahirkan).

    Setelah menikah sy ingin mengasuh dan mendidik dirmh kami (sebelumnya diasuh oleh ibu mertua dan kk ipar yg blm menikah, juga saudara2 yg serumah dg mertua).

    Selama 9bln bersama kami, si kecil yg sebelumnya susah makan jd byk makannya bahkan bisa dikategorikan sering makan. Sebelumnya lebih sering minum susu formula dan paling susah makan nasi juga sering muntah pas baru 3 suap.

    Berjalannya waktu, tyap sy kirim foto ke kel suami, mereka selalu blg “kurusan” / “kowq jd kurus bgd” / “susunya kurang tuh” dsb… Pdhl jam 6 pagi udh minta makan, jam 10 (plg dr TK) makan lg, bgn tidur jam 1 makan, jam 5 sore makan juga, bahkan saat makan malam suka minta makan juga (bersama kami). Memang pola minum susunya sy ubah, boleh minum susu setelah makan nasi. Jd yg tadinya sehari bisa 8-10 botol susu berkurang menjadi 3-4 botol, krn sudah kenyang dg asupan makan (juga buah2).

    Tiap kami bawa ke rmh mertua, kk ipar pasti ngecek timbangan. Siapa yg gag sedih?! Pdhl klo diliat dr BB 13 kg (kadang naik 14 kg) TB 97 cm pada saat itu sudah mencukupi (bukan kategori kurus)…

    Karena alasan liburan di kota kelahiran suami, kk ipar membawanya kesana hingga lebaran (selama sebulan) tp pas dijemput alasannya krn sakit, biar gemuk disana saja… Nanti klo udh 6 bln (sembuh) baru bisa dibawa plg. Tapi hingga kini (9 bln berlalu) ortu ingin si anak bileh ikut kami setelah masuk SD… Sedih bgd…. Sampai2 suami ribut dg mertua untuk minta hak asuh, dan akhirnya kita harus mengalah.

    Tyap kami dikirimkan foto, si kecil badannya makin kurus… Mungkin tambah tinggi juga, wajahnya juga tirus.

    Bedanya klo merawat bukan anak kandung, lebih baper dibanding anak kandung… Benar saja salah, apa lagi salah… Alhamdulillahnya, suami hingga kini selalu mensupport saya dlm kondisi apapun.

    Yang sabar dan semangat ya mba… Yg penting anak kita sehat… Aamiin…

  14. Mba…. i feel you! Thanks for writing this. Mewakili kedongkolan aku kalo ketemu orang yg ngomenin anakku kurus hahaha..

  15. sebelumnya aku mau bertrima ksh karna mba noni udh bikin artikel gini…aku baru aja ngalamin di omel2in Mamah sndiri krn anakku tergolong ‘imut’…awalnya iya sakit hati tapi makin kesini yang penting anaknya mau makan,kecerdasan makin meningkat jadi ya sudahlah…dianggap angin lalu aja…selama ni anak msh mau buka mulut utk makan jadi ya udah ga pa2…hahahahhaaa
    btw kalo mau bikin komunitas ibu beranak imut aku ikutan ya…😊😊😊😊😊😊

  16. Ngalamin banget ini, ortu sendiri (kakek neneknya) ma DSAnya yg judge begitu. Padahal sdh setengah mati.usahainnya, Mak. Tadinya ASI krn saya hamil saya mau optimalin makan bkn susu. Pdhl makannya banyak ga gemuk2, anaknya aktif banget, eh sama kakek nenek dibilang kurang gizi. Begitu kasih susu makannya ga kayak biasa, pusing juga jdnya saya. Saya sih yg penting sehay

  17. Maaakk..sama lah kaya saya
    Langsung jurus andalan keluar deh “yaelah, emaknya segini klo anak gue gede tar gue disangkain babysitternya dong hahaha”
    Berusaha woles aja padahal hati remuk redam hihihi

  18. Anak susah makan itu emang dari anaknya sih bingung jg knp. Kadang klo lihat anak kurus gk berani komen. Tanya umur doang buat basa basi tp gk sok2an kyk gitu. Takut emaknya baper. Soalnya aku jg gmpng baper, haha.

  19. pas anak pertama, sy ngalamin dr bayi sampe anaknya gede. isya pas bayi gendut ginuk-ginuk tp dia ga bisa tengkurap (emg dari sononya gitu), sy jd baper klo ada orang nanya, ‘udah bisa apa?’
    udah gitu pas anak2 tetangga seusianya udh bisa jalan, dia br jalan usia 15 bln, ada aja yg usil ‘bu, anaknya diajari jalan dong.’..uurrrrgghh
    begitu isya udah bisa jalan beratnya stabil dan langsing, apalagi cowok kan aktif, suka lari kesana kesini, alhamdulillah sehat, eh pas jalan2 di Ancol ada yg bilang
    ‘anaknya kurus, cacingan ya…Ya Allah..:(

  20. Saya gabung atuh lah di Laskar Ibu dengan anak berbadan kecil dan susah makan. πŸ˜€

    Terakhir ada yg komen: “oh… bahkan bb-nya g nyampe 9 kg ya?” Plis deh, ibu……… :( rasanya pengen banting stroller.

  21. anakku juga kecil mak, susah makan.. tapi insyaallah semua ada masanya, pas 3 tahun dia mulai rajin makan, bangun tidur makan, semangat maaaak..

  22. thx u banget bun, udah buat artikel ini. saya sempat patah semangat juga, anak saya umur 4,5 tahun berat 14 kg. makan doyan, apa aja yg saya masak gak pernah nolak. saya udah periksa kedokter, udah 3 dokter spesialis anak malah, semua bilang anak saya baik2 aja. gak sakit apa2.. dan jawaban terakhir dokter apa coba bun, “faktor genetik”.. ayah dan bunda nya waktu kecil pasti gak jauh beda ama anakny..dan emang iya seh bun, saya dan suami waktu kecil, imut..hehehehe jadi saya juga berfikir, saya udah berusaha dan selalu ngasi yg terbaik buat anak..bomat ama omongan ibu2..yg penting anak saya sehat, aktif, dan menurut saya anak saya cerdas..apalagi udah baca artikel bun, semangat 45 nongol lg bun..kl mau buat komunitas, saya join bun..hehehehe.. tetap semangat bunda2 cantik.

  23. iya… mak.. anak kami kecil karena gizinya lari ke otak.. biar pinter..dan mikir juga kalo ngomong..

    adaloh badan gedek tapi ngomong gak mikir dulu…. kayaaa….situ..

    ****hahahahahah..ngajarin jahat mah.. πŸ˜€

  24. You’ll never walk alone mom, asliiiii samaaaa. aku pun ngalamin. Nyesss rasanya tiap orang bilang kerempeng, kurus, apalagi keluarga besar yang selalu banding2in…di mata ku si kecil (dan kata dokternya) sehat dan pas aja badannya. Dokter pun bilang memang dia imut aja. Huhuhuu…trims mom, jadi berasa ga sendiriii…

  25. Walau imut tp tetap sehat..
    alhamdulillah anakku ga gampang sakit. Udah 1 th berat 7 kg. baru 1x panas kena uap sama 1x batpil ketularan kelurga besar yg kena batpil.. debay kena belakangan..

    Tapi aku tetap posting foto debay ku bunn.. karena lucu imut gak ingusan..

  26. Kita senasib, Mak.
    Mama saya tiap liat anak saya pasti komentarnya sama: kurusaaan.
    Ya mau gimana anaknya susah gemuk, pas udah gemukan, turun-turun lagi timbangannya :’)

  27. Wah, mak sama anakku yang kedua juga kurus..tapi aku punya dalih.. Kan ikut ibu nya.. Hehe ada alesan buat Bela diri padahal maksudnya menghibur diri wkwkw

  28. Aaahhh Mbaaaakkk, aku padamuuu padamuuuuu bangeeet ini.
    Anakku itu dari awal GTM, ampuuun deehh pake drama klo urusan makan.. dulu cuma suka buah, lama kelamaan jd malas makan buah jg. Sekarang sih udh mendingan mulai mau buka mulut tp masih sering pake drama. Sebeeellnyaa itu klo ketemu orang dan negur klo sekarang Faraz kurusanlah bla bla blaaa, aduuuhhh bawaannya jd baper. Rasanya ingin kurung di rumah aja, gak mau keluar2 biar gak dengar celotehan rese, hiiikss

  29. Omaigod. Cocok banged sama sayah.. anak dua2nya imut padahal pas masi blom mpasi pipinya luber2 ky balon. Dikira gak ngasi makan.. hiks. Yasudahlaaahh.. dsanya aja udah lempeng skrg meski dulu sering menghela napas..

  30. Toss ah bu ebuu …

    Anak saya bgt inih… hahhaha
    Udah ga baper da skrg mah… begimana lagi DSA subspesialis gizi nya pun sdh geleng2…
    hihi yg penting sehat,,aktif,,pinter *ngeles

  31. Iya banget, yg paling sedih klu udah ditanya mertua klu emak2 tetangga or yg lain sih biasa aja, berat dd berapa? Nanya berat mulu… Sekali2 gitu nanya yg lain.. Padahal anak sy tumbangnya bagus betul dibandingkan sepupunya yg gemukan, usia segini segitu sdh bisa ini itu (maaf, sebenernya gak mau ngebandingin, krn sy tau tumbang setiap anak beda2, masing2 mereka unik, tp terpaksa jd ngebandingin dsini, seandainya bisa ngomel2 di depan mertua) Hiks2.. Duh, jd curcol -_-

  32. Huwaaaa. Sama bgt. Satu lg bun, anakku makannya porsi org dewasa. Dan sering. Tp badannya kecil. Yg tau porsi makan anakku biasanya blg “cacingan kali anaknya.makan banyak gk gede2.” sedih bgt. Anakku sehal wal afiat dibilang anak cacingan.

  33. Adekku, dari jaman kecil sampai jadi ibu, badannya awet tripleknya. Sudah ke ahli gizi, minum susu penggemuk, dan makan sekuli, tep aja gak bisa gemuk. Mungkin ususnya elastis ya mak, hahaha. Kecil-kecil yang penting sehat yaaa sayang…

  34. Sama bun anak ku yg ke3 jg imuuut bgt, cpe di bilang kcil mlulu pdhl mkn mau full ASI tp badan ny teteup imut. Tp super aktf biar perwmpuan tp aktif :)

  35. kalo saya, bgtu org nanya, brp bulan? sy jawab 8 bulan tapi imut ini mah… mereka langsung bilang, gpp yg penting sehat. alhamdulillah, aman. hi3

  36. Bu RT: “Perasaan si adek (anak sy) ga gede2, ya. Susah makannya, ya?
    Kaya Mas Abid, donk.. (cucu si Bu RT), makannya doyan, susunya kuat banget.”

    Saya : “Ya, Bu.” jawab kalem.

    Dalam hati:

    Gw liat tu anak disuapin makan cuma sama bakso + kuah bakso. Anak gw, doyan makan dan selalu gw usahain makanan bergizi, buatan sendiri, dan tanpa MSG.
    Cucu si ibu udah hampir 3 tahun ngomongnya belum begitu lancar, anak gw baru 23 bulan ngomong udah lancar jaya, tinggal huruf R aja yg masih belum jelas.
    Cucu si ibu idungnya meleran mulu, anak gw, thanks God jarang sakit.

    Maaf, baper saya T.T

  37. Haduh mbak sama.. senasib kita.. padahal anakku doyan makan, tapi ya badannya segitu aja. Aktif memang. Tapi om tantenya itu lho, ampe bilang “aduuu bungkringnya. Kasian. Gk dikasih susu ama ibumu? Gk dikasih makan ya? Enteng bener kamu nak”. Langsung aq ambil anakku, ngomong ke suami biar suami negur omongan adik2nya. Mentang2 anak2nya lucu gemol ginuk2 pas seumuran anakku. Padahal secara pencapaian pertumbuhan, misal jalan, lari dan babblingnya duluan anakku. Tapi tetep, bb jadi patokan “ini lho anakku sehat. Gemuk gk bungkring”

    Aq mesti mau nangis kalo dibeginikan. Sampe2 males ngumpul ama keluarga besar kalo gk bener2 perlu..

    “Tuhan selalu bersama ibu-ibu dengan anak berbadan kecil dan susah makan. Semua badai ini pasti akan berlalu.”

    *salaman dan pelukan*

  38. Ya ela mbak, kata kata ibu ibu bego lu masukin ati. Gue dari kecil cungkring ampe skg jg biase aje. Anak gw kecil kurus jg biase aje ngadepinnya. Udah tau semua anak berbeda, dibikin baper. Yang penting anak sehat lincah udah.

  39. Moms yg galau dan krn pny anak yg imut mari saya jabarkan kegalauan saya yg pny anak well bisa dibilang paling besar dan tinggi plus paling gendut di bandingkan dg seluruh anak di Kelas TKnya
    1. Susah cari bajunya
    Gmana ga sedih coba baju2 yg cantik2 itu kebanyakan unt anak ukuran petit alias imut seperti anak2 kalian.. JD klo gw cari bajunya Tanya ukuran dulu yg paling besar ada ga baru cari model pdahal kan pngn dandani anak pake baju princess tapi apa data ukuran ga ada satu2nya cara ya pesen ke penjahit
    2. Dikit2 minta makan
    Bukannya pelit sama anak tapi yg bikin zebel itu baru udah makan yg pastinya pake nambah itu masa iya 3 jam kemudian laper lg apalagi kalo sampe didenger ibu2 yg mungkin anaknya susah makan dan bilang ke gw udah mb kasih aja mumpung anaknya mau ktimbang anak saya susah makan huh ini bukan msalah mumpung anaknya mau ya emang anaknya doyan makan bukan krn mumpung.. Ksian perutnya yg makin lama makin bulet kesian juga ama jantungnya, kesian ama kakinya nopang badan sbesar itu klo bukan ortunya yg mikir siapa lg coba situ aja yg sneng liat anak gembol lah gw ortunya yg sedih kapan ini anak mau diet
    3. Takut kalo ktemu DSA
    Ini beneran loh moms gw sampe pindah DSA keluarga yg dulu bantuin Ibu gw ngelahirin gw dan 3 adek2 gw krn tiap main ke dokter mesti diomelin ini anaknya jng dikasih makan terus susunya kurangin kasih susu pagi aja!!! Mau anaknya nanti klo dah besar penyakitan!!! Tau ga kalo anak gendut itu susah kalo mau diinfus uratnya ga keliatan!!! Gw kan jadi takut maka dengan pertimbangan daripada nanti balik kesini si anak msh gendut2 aja trs diomelin lg trus gw stress anak sakit gw diomelin pula mending ke DSA lain aja paling ga kan cuma Ibu gw yg ngomel2 knpa pindah dokter dan ika kenapa msh gendut jg gw masih tahan denger bokap ngomel ktimbang dokter
    4. Nyambung ke point 3 makanya jng sampe anak kita sakit yaa mau gendut mau imut tetep aja anak2 itu kalo sakit mesti nemplok kaya prangko ke emaknya nah bayangin dah gendong anak sakit seharian kira2 bayangannya kek bawa beras 40 kg seharian anak gw bb-nya kurangin 2 angkanya aja.. Badan berasa rontok mak..
    5. Anak lebih besar kemungkinan untuk jadi korban bullying
    Gw cerita beneran apa adanya murni pengalaman pribadi.. JD anak gw udah 4 bulan ga mw sekolah baru mgg ini aja mau masuk lg Tanya kenapa? Karena di sekolah dia dipanggil gendut dan dia ga suka dipanggil ndut bahkan guru2nya memang ada beberapa yg suka manggil anak gw endut krn gemes setelah gw kasih tw pnyebab anak gw ga mw sekolah barulah guru2nya ga lg panggil ndut tp temen2nya masih ada bbrp yg suka panggil ndut setiap ada kesempatan gw slalu ngasih tau ke anak gw unt berani speak up bilang ke temannya jg panggil gw ndut nama gw Ika.. Inget / tau ga kejadian ada anak yg ga sengaja mukul temennya sampe temennya meninggal krn apa coba?krn dikatain gendut miris ga?amit2 ga jng sampe kejadian lg sperti itu..
    Jadi ya moms yg penting anak kita sehat ya ga masalah mau imut maupun gendut..

  40. Endebray-endebray-nya ngingetin sama ucapan kakak2 saya… Jadi nostalgia.. #gagalfokus
    Anakku jg ga ada yg bdnnya “ginuk2” atau bahkan cuma pipi mbem. Tp yang penting buatku itu mereka sehat dan bahagia. Itu sudah cukup. Jd klo ada yg ngomong aneh2 kyk point2 di atas itu saya lgsg end chat, delcon, unfriend dan endebray-endebray… hahah

  41. aku mah gak pernah ambil pusing dg kedua anakku yg kurus keringda ri sejak kecil, yg penting sehat. tapi ada untungnya juga, anak bungsuku mungil, imut2 disangka anak smp padahal sdh kuliah

  42. Sama Mbak. Memang sering dapat omongan yang tidak mengenakkan didengar. Berusaha tetap sabar dan semangat untuk ngasih makan tanpa terpengaruh komentar miring sana-sini.

  43. setuju banget……….. senasib seperjuangan bagi yang anaknya kecil dan kurus….. mau di bilang gimana emak sama bapaknya juga kurus jakung….. anak aku juga kurus cuma pertumbuhan tingginya lebih cepat dari yang seusianya memang… cuma nyesek banget kl yang komen anak aku kurang gizi itu adalah dokter spesialis anak…. setelah di bilang gitu langsung dech pindah dokter… masak anak kurang gizi kok aktifnya ngalahin anak laki2… di playgroup nya ajah gurunya sampai bilang kalau anak aku punya baterai cadangan. kl temen laki2 nya udah capek semua. walaupun dia perempuan masih ajah bisa lebih aktif dan lari2 tanpa kenal capek. dan makan pun sudah standart. nggak sedikit tapi nggak bisa di bilang banyak juga. dan gag pilih2 makanan. smua makanan yg di suapin masuk. asal ndak pahit hehehehe…..

  44. Wew,,, ninggali jejak dulu disini,,,
    Br 2 bln kemarin pulang kerumah mertua, komennya orang2 disana sama persis ky yg diatas sampe sy nangis ke misua.
    Anak saya makan gak susah,mimik ASI kuat, makan buah mau, cemilan doyan. Tapi, emang faktor genetik dr ayahnya yang kurus dan sy wktu kecil juga kurus, ya emang susah buat gendutt,,, Sampe sekarang udah mau setahun masih asi, mpasi bikin sendiri panduan WHO,,, keki bangett (walau dlm ati) tetangga bandingin cucunya yg obesitas,, sampe disarani ganti ASI pake sufor,, Buat saya yg penting anak saya sehat, tumbuh kembangnya sesuai usianya, gak rewel,, anak saya juga termasuk jarang nangis, nangis klo udah gak sabar mau mimik,,, sekarang mah utk orang2 yg komen negatif, disenyumi aja la,,, daripada dipikirin bikin pusingg,,,

  45. Tenang aja ibu2.. sy ngalamin ngurus 2 keponakan (sblm sy punya anak sendiri) yg sampe umur 5 taun makannya cuma icip2… sampe diblender jd air spy ada yg masuk ke perut. Nyatanya ada masanya mereka makan banyak sampe susah distop. Skrg keponakan2 sy udh SMP dan badannya tinggi besar semua dgn napsu makan kyk bapak2.

    Yang penting sehat, lincah dan ceria!

  46. Sama bunda2 anakku jg skr hampir 2 thn msh imut2 :) dulu kalau ada yg blg kecil/kurus aku suka sedih padahal segala kebutuhannya, makanannya, cemilannya, cek dokter sana sini sudah aku lakuin tp untuk naikin bb nya susah bgt, tp sekarang kalau ada yg bilang kecil/kurus aku udh bodo amat krn aku udh berusaha memberikan yg terbaik utk anakku.. Yg penting anakku aktif, ceria, alhamdulillah jarang sakit pula.. :) tetap bersyukur atas apa yg kita miliki, apalagi ini anak, makhluk yg diciptakan paling sempurna dr Allah Swt yg dipercayakan dititipkan kpd kita bunda2 yg beruntung memilikinya :)

  47. Ko nasibnya sama sech sist 😁.. Frustasi jdnya denger anak dibilang kurus2 mulu 😠.. Tp dah berusaha… Hua aaa
    😥…

  48. Aku pernah bawa anak ketemu temen kantor. reaksi dia pertama kali ketemu “Kok kurus sih anak lo?” kesel banget, aku jawab aja “Iyaa. gak pernah gw kasih makan”
    Kesel banget, mbok ya cari kalimat apa kek buat basa basii. Trus pas aku liat anak2nya dia, juga ternyata sama aja kurusnya. mungkin dia mau nyari temen kali ya

  49. Ayo aku ikut kalo mba noni bikin grup,, anakku imut pake bingit mba 3thn bb 11kg ga nambah2 anakku aktif bgt,, smpe kalo ke posyandu selalu dan selalu di ceramahin kader dan suster dri Rs. Dulu2 aku kuesel bgt tiap ke posyandu malah jd males karna yaitu di ocehin anu ini ono. Faktor genetik kleluarga ku dan suami ya ramping2 mau gimana anakku biar gemuk di pompa aja kali yah.. haha gemes kadang sama mereka yg suka blg macem 2 ke anakku, imut yo gapapa sing penting waras slamet mbak.. aku suka bgt sma artikel mba noni ini penyalur kata yg tak terucap oleh ku. Thanks mba noni

  50. Tebel kuping aja saya mah dan kalo sampe mulut gatel, kalimat magicnya adalah: tumbuh itu keatas bukan kesamping. Hahahaha, selamat baper.

  51. Wahhh…kita sm mba.. Anakku sdh sgala mcm vitamin dkasi, sgala mcm usaha buat makanan yg enak & menarik, ga pake marah, puanjanggggg sabar (walo kdng dmarahin jg), rela ngejar2 dia, rela ladenin mkn sampe 2 jam bhkn lbh (asalkan hbs & bnyk dmkn) smbil nahan lapar, sampe brhenti krj ehhh…trus dkatain ga pny anak yg sht, ga pintar masak sm tmnku yg ngerasa sdh top markotop. Ihh…sebel. Biarin..yg penting anakku tahan banting, pintar, bijak, sehat walopun imut kyk emaknya. Dan Tuhan sdh ijinkan nitip dia sm kita.

  52. Dulu gue waktu kecil, nyokap gue juga dapet kritikan kayak gini. Alhasil segala macem vitamin di kasih ke gue karena gue ga nafsu makan katanya. Padahal bukan karena ga nafsu makan tapi karena amandel gue yg besar untuk ukuran anak kecil bikin gue lebih baik engga makan daripada gue makan terus tenggorokan gue sakit. Nyokap gue orangnya ga bisa dapet sindiran2 kayak gitu segala macem metode buat gue makan dilakuin sampe setiap gue makan gue mesti di cubit biar gue mau nelen makanan. gue inget gue dari tk gue selalu dicubit biar gue mau nelen makanan, alhasil bikin gue takut buat makan dan takut sama nyokap gue sendiri. gue nganggep dulu nyokap gue itu iblis yg seenengnya nyubit gue.
    Baru ketahuan itu pas gue kelas 2 sd kalau amandel gue penyebab gue selalu sakit kalau makan. nyokap yg merasa bersalah akhirnya langsung operasi amandel gue dan skrg gue udah ga sakit lagi kalau nelen makanan.
    Efek vitamin yg di cekokin ke gue biar gue nafsu makan itu justru baru bekerja pas gue sekitar kelas 3 smp. akhirnya badan gue sangat jauh lebih berisi bahkan nyokap gue sering ngatain gue gendut karena nafsu makan gue yg skrg susah banget di kontrol.
    Sekarang coba deh para ibu2 ini mikir lagi. ga mau kan kalo entarnya malah anaknya jadi overweight pas udah gede? atau mungkin penyebab anak susah makan bukan karena makanannya tapi karena ada sesuatu di dalam dirinya juga kan? atau kalau anak anda kurus tapi dia lincah berarti energi yang dia keluarkan lebih banyak daripada makanan yang masuk. Yuk stop judge anak kita atau anak orang lain karena setiap anak itu berbeda. jangan sampai apa yang terjadi pada saya terjadi juga pada anak-anak lain. enggak mau kan kalau para ibu2 dianggap anaknya sebagai penyihir yg dibenci? :)

  53. Toss lah kita mbak.. Akupun punya anak yg berat bdnnya nth kenapa berehnti di angka 11 doang -_-. Tp lincah sih.. Cm pikiran positifku, aku toh juga Kecil bdnnya πŸ˜€ wajar dong anakku imut juga :p

  54. Yang kita rasakan sama mba. Sedih banget klo ad yg mengucapkan kalimat2 spt yg mba posting.
    1.Umur anak 2 th dbilang kyk 1 th.
    2.Anaknya kok kurus, ht2 jgn sampe jatoh nnti takut patah tulangnya. Ya ampun, rasanya pengen nngis. ?
    3.Anaknya kecil amat, dikasih makan gak? Minum Susunya kuat gk? Ya ampun mana ad sih ortu yg tega gk ngasih makan anaknya ?

  55. Samaaa persis plekkk kyk yg ditulis mbk…padahal anakku hobi ngemill,doyan sayur bgtt,doyan buah bgtt,tp tetep aja kurus..udah dikasih multivitamin dari yg murce mpe yg mehong,konsultasi sana sini,daaan tetep aja dikatain kuruss…agak dongkol pake bgtt ngett rasanyaa..tp yg penting sehat lahh yaaaa…aktifff,kreatiff…cerdaaaa amiinnn

  56. ehhh..banyak yg senasib ternyata…anakku cuma selisih 15 bulan usianya..paling besar 39bln. semua bodynya imut2. suka juga dikata2in ma tetangga..secara dilingkunganku..balitanya ukurannya pada jumbo. cuma dibanding teman2nya…anakku emang yg plng pecicilan…kdng dalam satu minggu mereka pd gampang banget makannya..trus dikomenin sama budenya…ihhh..pipinya gembilan…ehhh…gak lama pd mogok makan lagi..trus kuyus lagi..begitu deh…pasrah aja…kalau ada yg ngatain saya jawab aja…iyalah kecil..emak bapaknya juga kecil…

  57. Tos Mba…suka banget dengan tulisan Ini. Menyadarkan banyak half. Anak says seeing dibilang kurus ama aki Nini nya padahal kalau dilihat anak sy termasuk sehat dan mungil.. Dan ternyata pertumbuhan badannya lebih k tinggi badan…bukan k gemuk…

  58. Ini persis sekali yg aku alami bunda ..
    Anakku juga sering kali d ejek orang sana sini karna badannya kuruss
    Sedihnya lg yg selalu bilang gtu mertuaq sendiri bahkan menyentuhnya pun dy jijik .ankqw sllu dbanding2kn dg cucunya yg lain ..
    Yg lebih gemuk yg lebih dan lebih ..tuhan dlm hati sedih knp harus anakqw aq rela biar aq saja yg d benci jgn ankqw ..maav sekedar berbagi

  59. Sedih waktu dsa bilang anakku peyot & kurNg gizi padahal masih di garis ijo walopun ijo deket kuning… Sebelnya minta ampun sama tuh dokter

  60. samaaaaaaa.. di puskesmas dimarahin bidan karena anak badannya kecil.. sediiiihhhh.. T_T mertua udah ribut nyaranin anak dikasih susu ini itu..
    tapi alhamdulillah anak sehat, lincah, ceria..emang badannya aja yg imut.. πŸ˜€

  61. Buibu, kalo menurut saya, yang penting selalu positif dan gak nyinyir, kalo dinyinyirin orang soal bb atau perawakan anak ya terima saja, anggap aja yang nyinyir hidupnya segitu mentedihkan sehingga gak bisa berlaku positif pada sesama.

    Dengan ibuibu bilang sehat gak harus gemuk, yang penting anak lincah, tumbuh itu ke atas bukan kesamping, kan secara gak sadar ibuibu juga nyinyirin anak orang lain yang gemuk, sakit2an, gak bisa lincah, dll.

    Semua anak punya kondisi masing2 yang patut disyukuri. Diluar sana banyak loh anak yang lebih kurang beruntung drpd anak ibuibu yang imut. Banyak juga ibuibu yang susah payah pengen punya anak tapi blm dikasih sama Tuhan..

    Jadi daripada bilang kesel di nyinyirin orang tapi secara gak sadar melakukan yang sama, yuk dibalas pake senyum dan bersyukur aja atas apa yg kita punya..

    Bukan bermaksud menggurui, hanya saling mengingatkan :)

  62. Sama bgt mom sm saya.
    Dari anak pertama and kedua. Pas bayi geeez lihat ginuk2 gmn gitu. Pas udh mulai lancar jalanny. Lgsg menyusut.
    Pengalaman anak pertama, dari usia 2 thn sampe 4 thn susyaaaaaaah pake buanget makanny.
    Udh mendekati usia 5 thn alhamdulillah makanny pinter.
    Nah klo yg kedua saya lg mengalami nih anak2 kgk mau makan. Sehari paling 1x doank makan nasi. Selebihny ASI sm buah.
    Sm ortu dibilang, kurang telaten nyuapinnya. Hellllooooooow… ampe hmpir 2 jam nyuapin. Baru masuk mulut tuh makanan lgsg di lepeh lgi.
    Tp alhamdulillahny anak2ku aktif bgt. Jd buat org2 yg blg anak saya imut..
    Makasih ya..
    Omongan kalian gak mempan buat saya..
    Say good bye to you..
    Bye maximal..
    Heheheheehehhee…

  63. Anak sy yg ke 2 jg kcil, beda bgt sm kknya yg montok, tiap x ktmu org psti komentar, mamanya aja kcil gmna anaknya mo gde,,kdg sdih kl dbandingin sm anak2 yg lain sm keluarga sndri, tp stlh liat sifat anak sy yg super aktif dan berani, baru dh mrka brubah jd kagum..dan bilang..kecil kecil cabe rawit..mungkin kl anak sy udh ngerti psti blg..jgn liat sy dr badannya dl kali ye..hehe

  64. Ternyata bnyak yang senasib kita yah moms.. saya jg pnya anak jagoan usia 11 bulan badannya imut tapi aktifnya pake banget.. smpai dicomment mertua kasih makan yang beneran dikit apa itu anak..yaa Allah pdhl apa juga dibuatin buat anak mah yah.. pernah lagi di mall lg pilih2 baju buat si jagoan imut, krna anak saya gak bisa diam selalu want to know tetiba ada ibu2 gak kenal nyamber gledeg nanya2 anaknya brp bulan ?? Waaah anak saya mah bru sekian bulan beratnya sdh sekian baju2nya pun sdh harus diganti semua karna gak muat lagi itu kok anaknya kecil bgt yaah sambil senyum ngeledek.. (iiisshh..helllloooooww… masbuloooh) rasanya mau saya sumpal itu pkai baju2 xixixixi.. untung ada suami yg ngingetin utk sabar jgn ditanggapin.. kalau ada yg buat komunitas ibu beranak imut saya mau gabung yah hihii.. setidaknya sya jd tidak terlalu baperan (smpet mikir apa saya yangsalah ngurus anak) thanks yaa mom noni dan semua mommy2 hebat.. :*

  65. Disyukuri ya Kak…
    Karena belum tentu semua bayi gembil itu tidak bermasalah.
    Anak saya waktu 5 bulan, beratnya 8,6 kilo. Kata dokter, harusnya 6,2 kilo.

    Lucu memang kalo dilihat orang. Menggemaskan katanya.
    Tapi nyatanya, anak saya harus diet ASI.
    Belum juga satu tahun, harus diet-dietan.

    Hasilnya?
    Dia ngamuk, nangis kejer sampai kejang.

    Well, kalo ada komentar miring soal anak kita, anggap aja angin lalu.
    Toh jadi ibu itu udah suatu anugerah…

    Semangaaaat yhaaa… :))

  66. Horeee kita bikin group ibu2 punya baby imut2 aja yuk… hehehe… gak boleh sedih momy noni… biar imut yang penting sehat. Anakku juga imut, gak sedikit juga yang banding-bandingin, yang penting si baby sehat dan aktif… perkembangan motoriknya baik.

  67. Hehehhehe… Sy ngerasain… Anak sy 3 … Yg pertama (co) dan ke 3 (ce) emang terbilang montok… Tp anak ke 2 kurussssss bingit … Kadang2 dibilang kl anak sy yg k2 krn ga keurusan… Krn dicuekin ga spt kakak n adiknya…. Sedihhhhh dibilang gitu… Dn anak sy yg k 2 bahkan suka tanya ” mommy aku kok kurus sih? Aku kan makannya udah banyak? Mas dan dede tuh bisa gemuk?” sedih ga tuh dengernya?? Tp sy selalu bilang sm dia … “Kakak … Tau ga ? Kl badan km gini nanti pas besar ga perlu sibuk diet …kalau ud besar gemuk nanti repot kayak mommy musti diet .. Ga bisa makan yg enak2.. Yang penting makan dan sehat…. :)

  68. Sama ya bun. Anak aku jg gt, usia 10 bln, tp bb nya sa kyk bayi 3bln yg montok2 gt.
    Pdhl makan kuat, susu kuat, apalagi nyemil biskuit2 dan segala macam buah.
    Dan kebetulan jg kakak anak nya seumuran, tp laki2. Badan bikin gemes deh, perkembangan jg pas di usianya
    Tp anak nya santai, kalem
    Ngga kyk anak ku yg lincah luar biasa, but memang gigi blm tumbuh, jalan jg blm. Tp untuk perkara lain dia jauh lebih bisa di banding anak seumuran.
    Tau dong dpt celotehan nya kyk gimana, nyesek di dada
    Alhamduliah nya timbangan blm pernah turun smp detik ini, dan sakit cuma batuk pilek aja 😂

  69. Tosss dulu ah…

    I feel you, mbak…
    Klo buat group, ikutan yaa… Biar ga ngerasa sendirian dan bisa sharing tips trik yg sdh melewati masa2 ‘istimewa’ ituh…

  70. Sama bgt yg saya alami, saya bahkan sampe stress tiap kakak saya dateng kerumah selalu nanya bb anak saya dan selalu bilang anak saya gizi buruk. Rasanya gmn gtu d bilang begitu sama keluarga sendiri. Saya sampe di bilang gk pernah kasih makan. Walaupun anak saya makannya dikit tp saya sering kasih dy makan dan cemilan buah ataupun biskuit.

    Harus semangat ngadepin omongan mereka.. yg penting anak kita sehat.

  71. Anak saya yang no 2 ga susah makan. Tp bdnnya jauh lbh kcl dr usianya. Heran juga padahal lahirnya normal 3 kg, tapi pas 5 bulan susah sekali naiknya. Skrg udah 10 bulan msh ga nyampe 7 kg bbnya. Udah cb ini itu, ampe dicb ksh sufor/susu bantu, tp babynya emoh minum susu bantu, asi jg ga kuat.
    Pernah dibilang kurang gizi, disuruh minum vitamin. Pokoknya poin2 diatas yg bunda sebutkan semua dikatain ke saya dan anak saya.
    Tapi saya tidak merasa ada yang aneh dgn anak saya, cm kalau kecil hati sering.
    Anak saya rasanya sehat2 saja, aktif dan kepandaiannya sesuai umur.
    Senang rsnya ketemu artikel ini, ktm mak2 yg senasib.

  72. Sedih n jadi kepikiran kalau ada yg komentar anakku kurus banget n susah makannya.. Tiap ketemu, selalu komentarnya sama, jadi baper deh… Padahal beberapa kali saya tanya ke dokter, menurut dokter, berat badan anak saya masih normal.
    Saya juga udah kasih vitamin, tambah porsi makan, tapi yah belum berisi juga badannya dan kadang masih susah makannya..
    Moga-moga, next time saya bisa lebih cuek ya kalo ada yg komentar gitu lagi…

  73. Senyumin aja yuk Bunda, anakku jg kecil, sering bgt tuh dibilang “ih kecil bgt” pake nada nyiyir gitu. Tp Alkhamdulillah dia akyif, sehat.. Semangat emak yg punya anak badan kecil 😊

  74. wahhh… akuh banget ini,,senasib, kuping rasanya panas tiap kali pada komentar ini itu tentang anakku,, thanks for writing moms… tak share ya…

  75. Aaa, sama banget ini, bund sama saya. “kecil yaaa..” balesnya cuman senyum tipis. Anak saya mungil banget, ke posyandu di bilang BBnya kurang karena emang BBnya naik merangkak setiap bulannya. Setaun sebulan cuman 7,1 kg. Macem dikasih tetep lah BBnya ngerangkak naiknya, bahkan pernah stuck. Bukannya gak ngasih anak makan (saya buatin variasi makanan kok dan semenarik mungkin) emang anaknya susah makan ditambah aktif bener. Dalam 30 menit makan paling habis setengah porsi.

  76. Anak saya usia 18bulan tinggi 87cm tp kurus padahal maem banyak dan susu kenceng asi juga g pernah putus….
    Dan masalah aktif anak saya aktif banget lari sana sini….
    Bicara udah mulai pinter siapa2 ditiruin….
    Tolong dong klo ada tips…..

    Email saya:
    Antiturugasik@gmail.com

  77. anak saya jg imut-imut. baru ulang tahun ke 2 beberapa hari yg lalu, berat nya sekitar 10-11 kg. masih muter di angka itu aja. makan ya kadang klo lg gmn, doyan bgt malah minta nambah. kalo lg susah, paling 2-3 suap doank abis itu cuma cape mungutin lepehan nya.

    tinggi nya 85cm. secara postur overall sih masih ok, yg kadang saya cemas, ini anak “besok-besok” bakalan tambah gede apa ngga nih? haduh.

    btw susu nya minum SGM sejak lahir (maksud nya asi + sofur sgm)

    Asi nya cuma 2 bulan. soalnya asi istri saya uda gak keluar lagi. ditambah bentuk puting nya yg mingslep.

    istri saya termasuk orang yg pasang surut dlm ngadepin masalah ky gini, kalo cemas nya lg naik (pasti baru dpt omongan gak enak di sosmed atau kantor, atau abis baca apa gt di internet) langsung deh ngajakin ganti susu lah, ke dokter lah, ahli gizi lah, dll..

    sempet mikir jg apa anak kita kena “flek” paru ya? kan ciri2 nya memang anak tdk bisa “gede” badan nya.
    tp ciri2 lain nya tdk masuk, maksudnya, selera makan & minum susu nya masih cukup bagus.

    hampir test mantoux, tp gak jadi jadi.

    yaa, sekarang di bawa enjoy aja deh. yg penting anak sehat dan cerdas.

    salam

  78. Iiihhh ini keren bngt.. Aq share boleh yaa tulisan ini aq capture buat sentil2 orang yang mulutnya suka sembarangan ngmogin anak orang..

    πŸ‘πŸΌπŸ‘πŸΌπŸ‘πŸΌπŸ‘πŸΌπŸ‘πŸΌ

  79. Bahagia banget nemukan blog Mbak Noni ini. Anakku usianya 7 bulan, sejak usia 4 bulan bb nya sulit banget naik bahkan dari usia 6 bulan kmrn bb nya ndak naik tetap 6 kg. Sudah diberi vitamin waktu 4 bulan sama bidan, tapi ndak ngefek. Streess, sih, syukurnya anakku aktif banget. Mau periksa ke dokter anak semoga ndak ada permasalahan

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)