#IdeMainAnak: Berhitung dengan Stik Warna-Warni

Berhitung dengan Stik Warna-Warni

Luna yang sudah 3 tahun, sekarang lagi seneng-senengnya berhitung. Semua dihitung dan dijajar-jajar dengan rapi. Dia memang baru bisa menghitung dari 1 sampai 10. Selebihnya selalu lompat ke empatbelas, empatbelas, empatbelas. Angka empatbelas sepertinya paling enak diucapkan kayaknya. Lol

Meski udah paham dengan konsep berhitung, tapi dia belum hafal dengan bentuk-bentuk angka. Sebenernya saya enggak ngejar target apa-apa sih, untuk ilmu-ilmu dasar ini ke Luna. Tapi sekarang dia sudah mulai penasaran dan bertanya, “Ini huruf apa? Ini angka apa?” Jadi saya mulai mengenalkan dikit-dikit angka dan huruf. Enggak perlu muluk-muluk harus hafal 1 sampai 20 atau A sampai Z. Dia bisa hafal dengan huruf A aja saya udah hepi banget.

Trus saat lihat kardus susu bekas Luna dibuang begitu saja, duh.. kayaknya kok sayang banget ya.. Ini seharusnya bisa dibuat jadi sesuatu. Ditambah lihat stik es krim juga masih banyak, saya jadi kepikiran bikin mainan sekaligus media belajar berhitung buat Luna.

Berhitung dengan Stik Warna-Warni

Berhitung dengan Stik Warna-Warni

Bahan yang dibutuhkan cuma simpel:

  • Kardus susu bekas
  • Kertas putih
  • Stik es krim warna-warni
  • Pastel atau spidol
Cara bikinnya juga gampang:
  • Bungkus kardus susu dengan kertas putih. Selain supaya enggak kelihatan mereknya, jugasupaya bisa diwarnai.
  • Lubangi kardus dengan cutter. Berhubung kardusnya cuma kecil, jadi saya hanya bisa membuat 6 lubang. Tapi ini terserah kalian, kalau punya kardus susu yang lebih besar, dan muat dibuat 10 lubang, kenapa enggak?
  • Warnai masing-masing lubang dengan warna yang berbeda-beda, sesuai warnai stiknya.
  • Tuliskan angka di bawah masing-masing lubang. Berhubung lubang di kardus saya cuma 6, jadi saya pilih angka 4 sampai 9.
  • Ini khusus saya yang tidak punya stik es krim warna-warni. Semua stik es krim saya warnai sendiri dengan pastel. Bagian ini saya minta bantuan Luna untuk mewarnai stik-nya. Emang rada ribet sih, tapi keuntungannya bisa bebas milih warna, juga warna stik dan warna di kardus jelas bakalan sama.
  • Selesai, bisa dibuat mainan.

Berhitung dengan Stik Warna-Warni

Cara mainnya sederhana banget:

Anak usia 3 tahun, sudah bisa shorting color, tinggal ajari mereka untuk menghitung jumlah stik yang sewarna. Sebelum saya berikan mainan dengan kardus, saya ajak Luna untuk menghitung masing-masing stiknya terlebih dahulu. Lalu disendiri-sendirikan berdasarkan warna.

Tujuannya sih untuk mengenalkan anak dengan konsep berhitung terlebih dahulu.

 

Setelah itu baru ajak dia memasukkan stik ke dalam lubang kardus sesuai dengan warnanya masing-masing, dan menghitungnya. Selesai menghitung, kenalkan bentuk angka di bawah lubangnya.

Berarti angka enam itu yang perutnya di bawah, angka sembilan yang perutnya di atas, dan angka delapan yang perutnya dua. Dan seterusnya.

Sederhana kan?

Berhitung dengan Stik Warna-Warni

Berhitung dengan Stik Warna-Warni

Berhitung dengan Stik Warna-Warni

Ohya, lubang warna dan stik warna-warni ini, sebenernya untuk membantu mereka supaya lebih paham dengan konsep berhitung dan angka. Angka 9 warnanya kuning, dan jumlah stiknya juga harus 9. Sehingga merekatidak akan memasukkan stik lebih dari 9, karena stik kuningnya sudah habis.

Sedangkan untuk tahap lebih lanjutnya, permainan ini bisa berkembang lagi. Misal tanpa menggunakan stik warna-warni dan tanpa mewarnai lubang di kardusnya. Lalu ajak anak untuk memasukkan stik ke dalam lubang, sesuai dengan angka yang tertulis di bawahnya. Anak bisa belajar berhenti memasukkan stik ke dalam lubang angka 9, ketika stiknya sudah 9.

Berhitung dengan Stik Warna-Warni

Kemarin saya videoin serunya Luna berhitung dengan stik warna-warni ini. Dilihat yuk!

Kalian punya ide permainan apa lagi nih, yang tentang belajar berhitung? Siapa tahu bisa menginspirasi saya untuk bermain dan belajar bareng Luna.

11 thoughts on “#IdeMainAnak: Berhitung dengan Stik Warna-Warni

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)