Healthy Dessert: CoYo [Guestpost]

Healthy Dessert: CoYo

Sudah Selasa lagi, sudah haus lagi sama asupan baru nan bergizi, kan? Halah :p

Kali ini tanpa banyak ngelantur di awal, temen saya, Nadia akan berbagi resep CoYo atau Coconut Yogurt hasil berguru dari Bu Janti @alterjiwo di kediamannya, Rumah Pendopo Maguwo, Sabtu lalu, 20 Januari 2016.

Ternyata gampang sekali loh.. Bahan yang dibutuhkan antara lain:

– 1/2 cup daging kelapa muda (eits, tapi jangan yang terlalu muda ya)
– 2 kapsul probiotik (misal: Synbio, bisa dibeli di apotek)
– buah-buahan potong sebagai toping, bisa semangka, pepaya, markisa, your choice.

Cara membuat:

– Haluskan daging kelapa muda dan kapsul probiotic
– Pindahkan dalam wadah kaca ditutup dengan serbet bersih atau tisu makan dikaretkan di mulut wadah
– Simpan di tempat hangat semalam (misal: di pojokan ruangan yang tidak terkena angin, didalam oven yang tidak dinyalakan, bebas selama itu hangat dan sekitarnya bersih)
– Keesokan harinya, aduk rata dan sajikan langsung dengan toping buah-buahan/muesli/granola/biji chia/apapun favoritmu. Atau simpan di lemari es, yang bisa mengawetkan CoYo 3-5 hari.

Rasanya ketika pertama kali nyoba, memang lebih masam dibandingkan dengan yogurt supermarket. Ya jelas sih, tanpa campuran tambahan ini itu, segarnya natural dan sebenernya sudah memuaskan banget.

Bisa disantap bareng pisang panggang kayu manis gula aren syurgawi juga lho, semakin syahdu lah pagi/siang/sore santai bareng keluarga.

Tertarik untuk coba? Yuk, kita bikin masing-masing. Dan kalau mau menyimak catatan Kelas Sarapan Sehat bersama Bu Janti yang lebih lengkap, sudilah mampir ke blog Nadia di sini: baiqnadia-baiqnadia.blogspot.com.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa!

resep healthy dessert probiotik

resep healthy dessert probiotik

Follow Nadia di sini ya..
Blog | Instagram | Twitter

4 thoughts on “Healthy Dessert: CoYo [Guestpost]

    1. Halo Mak, terima kasih sudah komen. Saya coba jawab ya, sesuai dengan prakteknya kalo kapsul itu tinggal dibuka ‘cangkangnya’ saja, bubuknya langsung bisa dicampur dengan daging kelapa muda, pakai blender. Fungsi kapsul probiotiknya untuk membantu fermentasi cairan kelapa menjadi yogurt, yang tentunya baik sekali untuk menghidupi bakteri-bakteri baik di saluran pencernaan kita 😉 (jadi ingat yakult yang katanya kaya probiotik)

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)