[Free Printable] Mengenal Garuda Pancasila

[Free Printable] Mengenal Garuda Pancasila

Tanggal 1 Juni besok, untuk pertama kalinya kalender di Indonesia merah alias liburr.. Bagi yang belum tahu atau enggak sempet lihat kalender, hari itu kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Kalau tahun-tahun sebelumnya masih jadi hari biasa, mulai tahun ini akan jadi hari libur nasional. Wohooo…

Saya merasakan ada dampak positifnya semenjak tanggal 1 Juni tersebut dijadikan libur nasional. Selain mayanlah yaa.. nambah hari libur, tapi juga banyak orang akan sadar bahwa ada lohh.. Hari Lahir Pancasila. Selama ini kan, tahunya Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh tiap tanggal 1 Oktober.

Karena itu, saya jadi pengin mengenalkan Luna pada Garuda sebagai lambang negara, dan Pancasila sebagai dasar negara. Buat anak-anak TK dan SD yang tiap Senin upacara, pasti sudah hafal dengan Pancasila. Kalau Luna yang paling hafal lagu “Indonesia Raya”.

Selain itu, saya sebenernya juga sedih sama beberapa oknum yang menghina atau tidak menghargai Pancasila. Dulu sejarahnya, para pendiri bangsa Indonesia ingin mempersatukan semua perbedaan yang ada di Indonesia dengan satu landasan yang sama, yaitu Pancasila. Tidak masalah kamu dari Jawa, kamu dari Sulawesi, agamamu Islam, agamamu Kristen, agamamu Budha. Yang penting, kita sama-sama Indonesia. Sedih kan, kalau tiba-tiba pada pengin membuatnya jadi satu tanpa menghargai perbedaan. :(

Saya enggak pengin anak-anak Indonesia ke depannya jadi enggak kenal Pancasila, akibat doktrin-doktrin pemecah belah persatuan itu. Makanya, yang bisa saya lakukan sekarang adalah ke anak sendiri, yaitu dengan mengenalkannya pada Garuda Pancasila di usia sedini mungkin.

[Free Printable] Mengenal Garuda Pancasila

Untuk tahap awal ini, saya mau mengenalkan Luna pada Garuda dan lambang sila-sila Pancasila. Menurut saya, ini relatif lebih mudah, karena ada bentuk dan gambar yang bisa dilihat, jadi mudah dihafalkan. Ketimbang langsung mengenalkannya pada bunyi tiap sila-sila Pancasila. Lagipula, Luna ini tipikal anak “Picture Smart” yang bisa lebih mudah menyerap sesuatu ketika dikenalkan dalam bentuk yang bisa dilihat dengan mata.

Akhirnya, saya coba untuk membuat printable-nya. Di awal, anak belajar bahwa seperti ini loh, bentuk burung Garuda. Warnanya harus kuning keemasan yaa… Bukan cokelat apalagi merah. Lalu sekalian dikenalkan dengan lagu “Garuda Pancasila” yang beat-nya sangat bersemangat itu.

[Free Printable] Mengenal Garuda Pancasila

​Setelah itu, saya kenalkan dia pada lambang-lambang dari sila-sila dalam Pancasila. Sila 1 Bintang, Sila 2 Rantai, Sila 3 Pohon Beringin, Sila 4 Kepala Banteng, dan Sila 5 Padi dan Kapas. Trus biar lebih seru, ajak mereka untuk mencocokkan mana tulisan yang sesuai dengan gambarnya.

[Free Printable] Mengenal Garuda Pancasila

“Tapi, anakku belum bisa baca…”

Samaan, Luna juga belum bisa baca. Tapi dia tahu angka dan saya juga percaya, dia akan bisa merekam bentuk. Bahwa tulisan yang seperti ini, bacanya Bintang.

[Free Printable] Mengenal Garuda Pancasila

Setelah itu, saya ajakin dia untuk menyusun sesuai susunan di badan burung Garuda-nya. Bintang di tengah, Rantai di bawah kanan, Pohon beringin di atas kanan, Kepala banteng di atas kiri, Padi dan Kapas di bawah kiri.

Kalau mau pengenalan lebih lanjut lagi, kita bisa menjelaskan ke anak bahwa bulu di sayap burung Garuda ini jumlahnya masing-masing ada 17, bulu di ekor ada 8, dan bulu di leher ada 45. Biar lebih seru, bisa diajakin untuk menghitung sekalian. Jadi, apa yang mereka dapatkan ini bukan sekadar hafalan.

[Free Printable] Mengenal Garuda Pancasila

Eh, saya mau bagi gratis lagi printable Garuda Pancasila nih.. Isinya sama persis seperti yang ada di foto-foto tersebut. Bisa dipakai untuk anak usia dini, 3-6 tahun.

Download free printable-nya di sini yaa..
Mengenal Garuda Pancasila

Selamat belajar sambil bermain yaa.. Semoga bergunaa.. :)

5 thoughts on “[Free Printable] Mengenal Garuda Pancasila

  1. Wah keren ini mbak, harus sejak dini diajarkan kepada si anak. Biar nantinya mereka-merekalah yang akan memegang negara ini.

    Btw dengan cara ini bisa menambah kreatifitas anak juga =D

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)