[Free Printable] DIY: Counting Sea Animals

[Free Printable] DIY: Counting Sea Animals

Saya lagi senang mengenalkan Luna dengan angka dan berhitung. Makanya kebanyakan DIY aktivitas yang pernah saya ceritakan sebelumnya selalu tentang angka dan berhitung. Kalau sebelumnya menggunakan stik es krim, kali ini saya bikin sendiri kartunya dan dilaminating supaya lebih awet.

Baca juga:
DIY Counting Stick
Berhitung dengan Stik Warna-Warni

Sebelumnya tentukan dulu temanya tentang menghitung apa. Dan saya memilih, “Menghitung Binatang Laut”. Karena saya pengin mengenalkan macam-macam binatang laut, enggak cuma ikan dan kura-kura aja. Masih ada bintang laut, kuda laut, gurita, cumi-cumi, lobster, dan banyak lagi.

Lalu saya menyusun binatang tersebut sejumlah tertentu. Mulai dari 1 sampai 10. Untuk anak yang lebih besar bisa ditambahkan jumlahnya hingga lebih dari 10. Lalu di bawahnya, diberi pilihan angka.

Anak diajak menghitung jumlah binatangnya dan memilih angka yang sesuai. Trus angka yang tepat dijepit pakai jepitan. Saya pakai jepitan yang ada di rumah, dan kebetulan itu jepitan baju warna-warni. Pengin beli jepitan kayu yang pinterestable gitu, tapi butuh waktu nyarinya. Sedangkan kegiatan untuk anak enggak bisa menunggu lagi.

Baca juga: Ide Main Anak ala Montessori

[Free Printable] DIY: Counting Sea Animals

Kegiatan ini selain bisa mengenalkan anak pada macam-macam binatang laut, mengenalkan angka, dan menghitung benda. Bisa juga melatih motorik halusnya dengan bermain jepitan. Otot jarinya akan terlatih dengan menjepit-jepit, pincer grasp-nya semakin baik, sehingga saatnya dia nanti memegang pensil untuk belajar menulis sudah semakin lancar.

Baca juga: Aktivitas Anak yang Melatih Otot Jari untuk Persiapan Belajar Menulis

sea animals 2

sea animals 3

Selain itu, kegiatan ini masih bisa dieksplore lebih jauh lagi loh.. Enggak cuma sebatas menghitung dan menjepit aja. Saya dan Luna kemarin menggunakan kertas-kertas ini untuk bermain jual-jualan. Luna jadi penjual, saya jadi pembeli, lalu sebaliknya.

“Bu.. beli bintang lautnya..”
“Oh ya.. Kepitingnya.. yang ini.”
“Harganya berapa?”
“Empat ribu..”

Harga menyesuaikan dengan jumlah binatang di kertas.

[Free Printable] DIY: Counting Sea Animals

See.. dari satu jenis aktivitas, kita sebenernya bisa eksplore manjadi banyak mainan lainnya. Kalau saya dan Luna mungkin suka main jual-jualan, mungkin kalian lebih suka main hide and seek. Menyembunyikan kartu binatang tertentu dan mengajak anak untuk mencarinya.

“Wahh.. kuda laut ada di mana yaa..”
“Ini ada di bawah bantal.”

*

Menyusun satu-satu kartu hitung memang agak lumayan yaaa..Kalau kalian agak malas membuatnya sendiri. Tenang aja, saya akan membagi gratis printable kartu hitung binatang laut ini. Kalian tinggal ngeprint dan laminating sendiri yaa.. Sama jepitannya modal sendiri yaa.. Yakali, saya paketin dari sini. Hahaha…

Download free printable di sini yaa:
Counting Sea Animals

Setelah dimainkan, difoto dan diupload ke instagram dong.. Trus tag ke @nonirosliyani ya..

Happy fun learning!

4 thoughts on “[Free Printable] DIY: Counting Sea Animals

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)