DIY Slime yang Simpel dan Aman

DIY Slime yang Simpel dan Aman — Akhirnya bikin slime sama Luna. Karena bikin playdoh udah lewat. Hahaha..

DIY Slime Aman dan Mudah

Sebenernya dulu aku enggak ngerti apa itu slime. Iya, aku se-ndeso itu sampe enggak ngerti mainan heitz ini. Setelah tetangga cerita kalau anaknya sering nonton Slime di Youtube, trus jadi penasaran, itu mainan apa sihh..

Ternyata Slime ini enggak cuma mainan populer buat anak-anak bayik aja, tapi juga anak remaja. Murid-muridnya suami, suka bawa Slime buat dimainin di sekolah. Kenyal-benyek gimanaaa gituh. Yang mungkin bagi kita orang dewasa, sering enggak habis pikir, apa sih asiknya main Slime.

DIY Slime Aman dan Mudah

Untuk membuktikan, apakah Slime ini emang beneran seru dimainin sama anak sendiri, akhirnya kemarin saya bikin Slime bareng Luna. DIY dari bahan-bahan seadanya, yang simpel dan aman.

Ohya, Slime itu ada macam-macam jenisnya. Slime transparant, Slime glitter, Slime warna pelangi. Kalau saya kemarin bikin Slime yang standar aja.. Satu warna. Menyesuaikan stok warna di rumah.

Oke, jadi ini bahan-bahannya:

  • Tepung Maizena
  • Sabun Handwash
  • Pewarna Makanan

Itu doang??

Iya, ITU DOANG.

Tanpa borax. tanpa lem. Cuma itu doang.

Asik kann..

DIY Slime Aman dan Mudah

Caranya..

Campurkan tepung maizena dengan sabun handwash secukupnya, sedikit demi sedikit hingga didapat tekstur adonan yang lengket. Tuangkan sedikit pewarna makanan, suka-suka. Karena kebetulan pewarna makanan saya tinggal yang merah, jadi cuma bikin 1 warna aja. Dan karena saya irit nuangin pewarnanya, jadinya yang didapat warna pink.

Trus uleni dengan tangan sampai pewarna tercampur rata dan adonan tepungnya kalis. Enggak lengket dan lentur.

Trus, selesai dehh.. Slime bisa langsung dimainin.

Dan kalau mau disimpan, jangan lupa disimpan dalam wadah tertutup rapat biar enggak kering dan keras. Jangan dimasukin kulkas, tapi simpan di suhu kamar. Kalau misal agak kering, bisa dilembekin lagi dengan menambahkan sabun handwash secukupnya.

Slime homemade ini bisa disimpan kurang lebih 1 minggu aja.

DIY Slime Aman dan Mudah

Gimana reaksi Luna saat bermain Slime?

Ini Slime pertama Luna. Dan berhubung anaknya selalu bersemangat tiap diajak DIY atau bikin-bikin sesuatu, jadi saat saya ngajakin dia untuk bikin Slime, dia juga langsung bersemangat. Tanpa tahu Slime itu sebenernya apa.

Dia memaksa saya untuk diperbolehkan mengaduk adonan Slime-nya sendiri. Kadang saya biarin, tapi kadang saya yang handle. Biar tekstur lengketnya bisa lebih pas, dan saya lebih percaya sama tangan sendiri ketimbang tangannya Luna, yang selalu mau tahu itu.

Tapi kalau enggak diizinin menguleni adonan, dia akan ribut untuk memasukkan sabun handwash ke dalam adonan. Padahal adonannya udah lengket. Tar makin lengket lagiiii..

Sayankkk… tolong ini anaknyaaaa dipegang duluuu…

DIY Slime Aman dan Mudah

Setelah Slime udah jadi, langsung dimainin Luna dengan senang hati. Ditarik sana sini, sambil teriak, IBUUKK.. INI JADI MIEE…

Kenapa sih, anak kecil kalau ngomong harus teriak?? Why oh why??

Setelah itu, slime ditarik-tarik panjang, dan dia berusaha memutus Slime kecil-kecil, dan pura-puranya itu buah talok atau kersen.

Ujung-ujungnya yang sebelumnya niat bikin Slime, jadinya malah diperlakukan seperti Playdoh. -_____-

DIY Slime Aman dan Mudah

Kalau ngomongin tentang manfaat Slime, beberapa artikel sudah banyak yang membahas tentang ini, seperti..

  1. Slime bisa menjadi sarana penyaluran emosi anak.
  2. Slime bisa meningkatkan konsentrasi anak.
  3. Slime bisa membuat anak lebih kreatif.
  4. Slime bisa menjadi wadah ekspresi anak.

Dan yang terakhir menurut saya,

  1. Slime bisa mengasah syaraf sensorik dan motorik anak.

Menurut saya, usia paling pas anak bisa mainan Slime adalah minimal 1 tahun, atau paling tidak sudah melewati masa oral, yang apa-apa dimasukin mulut. Dan paling tidak, dengan bermain Slime, anak akan terbiasa menyentuh benda dengan tekstur yang berbeda. Biar enggak gampang jijik dengan tekstur lengket dan kenyal-kenyal.

DIY Slime Aman dan Mudah

Kalau males DIY, sebenernya banyak juga toko mainan anak yang jual Slime. Tapi saya enggak tahu kisaran harganya. Cuman, kalau Slime yang dijual begitu pasti lebih awet ketimbang Slime homemade. Yaiyalah yaaa… -___-

DIY Slime Aman dan Mudah

Eh, ada yang anaknya suka banget mainan Slime?

8 thoughts on “DIY Slime yang Simpel dan Aman

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)