DIY: PUZZLING STICK

DIY: PUZZLING STICK

Di usianya menjelang 4 tahun ini, Luna udah mulai belajar berhitung dan mengenal angka. Belum hafal semua bentuk angka sih.. Yang paling dihafalnya baru angka 1, 2, 3, dan 7.Angka 6 dan 9 masih kebalik-balik. Bahkan kadang angka dan huruf dia masih belum tahu perbedaannya. Misal melihat deretan angka, dia tanya, “Ini huruf apa?”

Buat saya, enggak terlalu masalah sih.. Saya enggak ambisius anak harus jago baca tulis sebelum masuk SD. Saya pengin dia happy melakukan semua aktivitas belajarnya. Dan ketika dia bertanya, saya dengan senang hati akan menjelaskan.

Ulangtahunnya ke-3 tahun lalu dia minta dibelikan laptop Sofia. Sebagai ibu yang royal beliin anak mainan, tentu dibelikan dong.. :)))) Di laptop itu ternyata ada pertanyaan-pertanyaan sederhana yang bisa bikin anak belajar mengenal angka dan huruf. Misalnya, “Di manakah angka 5?”, “Di manakah huruf A?”. Kalau benar, laptopnya akan menjawab, “Yak, benar sekali!” Sebaliknya kalau salah juga akan dijawab, “Salah.” Dan sering banget Luna minta bantuan kami untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan laptop itu. Tapi sebagian dia udah hafal jawabannya.

Baca juga: Drama Membelikan Anak Mainan

Untuk mengenalkan huruf, sebenernya saya prefer mengenalkan huruf kecil dulu, sesuai dengan kurikulum PAUD yang berlaku. Tapi di laptop Sofia hurufnya kapital semua, di baju-baju juga kebanyakan pake huruf kapital. Jadi ketika dia bertanya, masa ya enggak dijawab sih..

Dari tahapan yang lagi dipelajari Luna ini, saya jadi kepikiran untuk DIY Puzzling Stick. Gampang banget. Makanya saya mau bikin. Saya mah anaknya suka DIY tapi nanggung. Kalau udah yang ribet, males banget. :))))

Bahan:
– 18 buah stik es krim polos
– 36 buah magnet mini. Saya mamak malas jadi kemarin beli online di Tokopedia, tepatnya di toko Wimpy Town.
– 4 buah spidol warna merah, hijau, biru, dan orange
– Lem tembak, tapi lebih baik lem Alteco. Berhubung saya bikinnya bareng anak, jadi demi alasan keamanan pake lem tembak. Meski sebenernya kurang kuat, karena setelah magnet nempel di kulkas jadi gampang lepas. -__-
– Selotip kecil bening

DIY: PUZZLING STICK

Cara membuat:
1. Bagi stik jadi 4 bagian: stik jumlah 3, jumlah 4, jumlah 5, dan jumlah 6.
2. Rekatkan stik dengan bantuan selotip. Sementara aja sih, nanti juga dilepas lagi. Ini untuk membantu kita pas nggambar di atas stik.
3. Stik jumlah 3: dengan spidol merah, tulis huruf r,e,d pada asing-masing stik di bagian bawah dan angka 1,2,3 di bagian atas. Trus gambarin sebuah bentuk bangun di bagian tengah. Kalo saya gambar hati.
4. Stik jumlah 4: dengan spidol biru, tulis huruf b,l,u,e pada masing-masing stik bagian bawah dan angka 1,2,3,4 di bagian atas. Trus gambarin sebuah bentuk bangun di bagian tengah. Saya sih gambar lingkaran.

DIY: PUZZLING STICK

5. Lakukan hal yang sama untuk masing-masing bagian stik lain ya.. Stik jumlah 5, pakai spidol hijau nulis huruf green, angka 1-5, dan gambar segitiga. Stik jumlah 6, pakai spidol orange nulis huruf orange, angka 1-6, dan gambar persegi.
6. Balik stiknya, trus tempeli ujung atas bawahnya dengan magnet mini.

DIY: PUZZLING STICK

7. Lepas selotipnya. Bisa dimainkan dengan ditempel-tempel ke kulkas. Kalau saya nempel di mesin cuci. Soalnya kulkas udah penuh sama magnet hiasan. :)))

Mainan Puzzling Stick ini bisa mengajak anak untuk belajar perbedaan huruf dan angka. Kadang Luna suka kebalik-balik ketika nempel stik, harusnya angka yang atas malah ketuker yang bawah. Tapi jadi kebantu karena ada pola bangun bentuk yang ada di tengah.Makanya mainan ini saya kasih nama Puzzling Stick, karena konsepnya kayak puzzle, bisa membentuk pola bangun tertentu.

Baca juga: #IdeMainAnak Berhitung Dengan Stik Warna-Warni

Cara main yang lain, bisalah anak diajak menghitung jumlah stiknya sesuai angka yang tertulis. Bisa juga anak mengenal huruf yang membentuk kata, lewat huruf-huruf di bawah. Bisa juga belajar mengenal bentuk bangun. Triple manfaatnya.

DIY: PUZZLING STICK

DIY: PUZZLING STICK

Coba yuk, buat dan ajakin anak mainan ini. Upload ke instagram, trus mention ke saya di @nonirosliyani yaa..

Happy learning!

13 thoughts on “DIY: PUZZLING STICK

  1. Mak Non telaten banget, aku suka baca DIY kayak gini.. Pengin coba juga, aku mau kenalin angka juga. Athar sama, suka kebalik juga =D kadang dari 3 ud langkahin ke 5 heheheh

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)