Anak Bukan Investasi

 photo 1495387124556_zpsv5dywkaf.jpg

Di postingan sebelumnya saya menulis tentang pertimbangan memilih sekolah untuk anak. Setelah menulis itu saya jadi mikir (dasar anaknya pemikir), sebenernya apa sih yang kita (orangtua) harapkan dari sekolah-sekolah itu? Apa yang kita cari? Apa yang kita inginkan? Read more

Pertimbangan Memilih Sekolah untuk Anak

Pertimbangan Memilih Sekolah untuk Anak.jpg

Di tahun ini usia Luna genap 4 tahun. Tapi saya belum merencanakan untuk memasukkannya ke TK. Besok aja saat usianya sudah genap 5 tahun. Kebetulan, ulangtahun Luna di bulan Juli, pas banget dengan pergantian Tahun Ajaran Baru. Sehingga nanti saat masuk SD, usianya sudah genap 7 tahun. Read more

Kenapa Anak Saya Tidak Pernah Tidur Larut Malam?

Kenapa Anak Saya Tidak Pernah Tidur Larut Malam?.jpg

Beberapa hari yang lalu saya cerita di Instagram, bahwa Luna begadang sampai malam. Ada yang nebak Luna baru tidur jam 12, ada juga jam 3 pagi. Dan tebakannya salah semua.

Percaya atau enggak, tidur termalamnya Luna itu jam 11 malam. Itu pun karena dia tidak tidur siang, dan baru tidur sekitar pukul 5 sore, lalu pukul 7 malam dia terbangun. Akhirnya saya musti nemenin dia melek, biasanya jam 9 malam dia udah tidur lagi, kadang baru jam 11 malam. Kalau kondisi normal, misal dia bobok siang, ya nanti jam 9 atau 10 malam dia udah ngantuk sendiri. Read more

Menjelaskan Konsep Kematian pada Anak

Menjelaskan konsep kematian pada anak.jpg

Sampai sekarang, saya anti bawa Luna ke acara layatan dan jenguk orang sakit di rumah sakit. Untuk jenguk orang sakit di RS, ada alasan ilmiah lah ya.. RS itu gudangnya penyakit, sedangkan anak-anak masih rentan tertular penyakit. Daripada ambil risiko, jadi kalau terpaksa harus jenguk orang sakit di RS, saya dan suami jenguknya bergantian. 30 menit pertama saya masuk duluan, 30 menit kedua gantian suami yang masuk.

Kalau acara layatan, enggak tahu deh.. Saya kok ngerasa auranya enggak cocok untuk bawa-bawa anak ikut layatan. Jadi tiap mau layat, sebisa mungkin saya titipkan Luna ke daycare atau rumah eyangnya. Dan kalau kepepet enggak ada yang bisa, cukup salah satu aja yang layat, entah saya aja atau suami. *beda cerita kalau layat anggota keluarga ya..* Read more

Lakukan Ini Saat Memilih Jasa Daycare

Pembaca blog ini pasti sudah tahu semua kalau saya adalah #TeamDaycare. Selama ditinggal kerja tiap Senin sampai Jumat, Luna berada di daycare. Udah sejak usia 8 bulan dia di sana, sampai sekarang daycare include playgroupnya. Besok TK-nya, kayaknya bakalan saya pindahin ke sekolah berbasis agama, tapi pulang sekolah TK balik lagi ke daycare.

Lakukan Ini Saat Memilih Jasa Daycare.jpg

Sebelum saya masukin Luna ke daycare, saya sempet galau banget. Mau pake daycare atau pake nanny. Tapi suami enggak nyaman kalau ada orang asing yang tinggal di rumahnya. Sedangkan saya mikirnya, kalau nanny musti nginep di rumah, mau tidur dimana.. lha wong rumah seuprit gini. Read more

5 Hal Penting yang Anak Perempuan Saya Harus Tahu

5 Hal Penting yang Anak Perempuan Saya Harus Tahu.jpg

Sebelumnya enggak pernah kebayang saya bakal punya anak perempuan. Dari dulu sebelum hamil bahkan sebelum nikah, di kepala saya selalu terbentuk bahwa anak pertama saya besok laki-laki. Dan saya udah hepi banget pas dipendulum sama kakak sepupu (itu lo, cincin kawin yang diikat pake rambut trus didiamkan berputar sendiri di atas telapak tangan kita dan pasangan), katanya anak pertama saya laki-laki.

Makin tersugesti kalau laki-laki, ketika proses kehamilan saya benar-benar mulus tanpa masalah. Tanpa riwil, tanpa ngidam, tanpa morning sickness. Mitosnya kan kalau hamilnya “bandel” anaknya bakal cowok. LOL. Makan tu mitos! Read more

Menghadapi Si Terrible Three

 photo 1488422094772_zpsnbujlrys.jpg

Dulu saat masih belum punya anak, saya sering membatin gemas plus jengkel tiap lihat ponakan yang keras kepala dan suka membantah. Rasanya pengin ngomelin dan menyuruhnya diam. Tapi, lah.. siapa saya. Emaknya juga bukan. Jadi saya cuma bisa diam dan berdoa, semoga besok anakku lebih mudah diatur.

Ternyata, itu cuma halusinasi belaka. Anak saya sama persis dengan kakak sepupunya ini. Sama-sama keras kepala, sama-sama kalau ngomong selalu teriak dengan suara cemprengnya, sama-sama aktif kayak belut, dan mereka sama-sama cewek. Read more