Ketakutan-Ketakutan Memakai KB IUD

Ada yang lagi gamang mau pasang KB atau enggak? Kalau mau pake KB, jenis yang mana? Sini, merapat ke tulisan ini dulu.
 Ketakutan-Ketakutan Memakai KB IUD.jpg

Sejak belum nikah dan belum hamil, saya bahkan sudah punya keinginan bahwa besok setelah melahirkan anak pertama langsung mau pasang KB IUD. Enggak pernah kepikiran untuk KB Pil atau Suntik. Selain 2 jenis KB itu adalah KB hormonal yang bisa “mengacaukan” hormon tubuh kita (misal badan jadi bengkak atau muncul jerawat), saya juga enggak di-suggest sama dokter untuk memakai KB itu. Karena saya punya pengalaman terkena FAM (Fibroadenoma Mammae) di payudara kanan ketika usia 20 tahun. Jadi, khawatirnya KB hormonal justru akan memicu FAM itu muncul lagi. Read more

#SelasaSehat: Honey Ginger

Udah lama banget ya, tulisan #SelasaSehat ini enggak pernah publish. Biasanya sih, ditulis sama Nadia, tapi berhubung dianya sibuk, saya mau coba tulis sendiri. Semoga aja seri #SelasaSehat ini bisa publish terus 2 minggu sekali tiap Selasa. Diusahakann..

#SelasaSehat: Honey Ginger.jpg

Oke, kali ini saya mau bagi resep tradisional yang biasa saya kasih ke Luna tiap dia kena flu atau baru gejala flu. Resep ini aslinya enggak ada namanya, tapi saya kasih nama sendiri asal. Hahaha.. Read more

Kenapa Penglihatan di Malam Hari Lebih Buram?

Kenapa Penglihatan di Malam Hari Lebih Buram?.jpg

Bukannya saya manja ya.. (meski kadang sering juga sih), tapi saya sekarang cemen kalo disuruh nyetir malem-malem. Apalagi rumah saya jauh dari pusat kota dan harus harus melewati jalan antar-provinsi yang lebar tanpa pembatas jalan di tengahnya. Maka jika terpaksa nyetir di atas jam 7 malem, saya langsung berubah jadi siput.

Ditambah lagi, cahaya lampu dari kendaraan yang berlawanan arah benar-benar bikin silau mata. Sampai-sampai saya harus memicingkan mata dan mengurangi kecepatan.

Read more

Antara Bisul dan Barbie Kesayangan

antara bisul dan barbie kesayangan.jpg

Barbie ini punya sejarah lucu. Lucu karena sebenarnya saya enggak suka Barbie dan enggak pernah punya niat beliin Luna Barbie. Apalagi anak tomboi begini, ngapain sih dibeliin boneka girly macam Barbie. Eh, malah kebeli juga deh Barbie ini gara-gara suatu peristiwa.

Rentetan ceritanya panjang, dan semoga nggak membosankan.

Read more

Pentingkah Susu untuk Anak?

pentingkah susu untuk anak.jpg

Udah pada tahu semualah ya.. ASIX itu wajib untuk anak usia 0-6 bulan. Syukur-syukur bisa dilanjutkan sampai dia usia 1 tahun, atau bahkan 2 tahun. Buat yang bisa ngasih ASI full sampai anak usia 1 tahun bahkan lebih, itu jadi kebanggaan tersendiri. Apalagi kayak saya yang full time working mom ini.

Meski di usia 18 bulan, saya sudah harus menyerah dan memberi Luna tambahan susu UHT atau susu formula. Tapi lumayanlah kerja keras saya untuk mengusahakan ASI dan rajin pumping selama di kantor.

*mana keproknya?* Read more

Pengalaman Pap Smear Pertama

pengalaman pertama pap smear di kucala medical center.jpg
gambarnyaa… biar keliatan serem. Lol

Akhirnya pap smear jugaaa….

Dari dulu saya selalu menunda-nunda. Besok aja setelah ultah pernikahan ke-3. Besok aja setelah Luna lepas ASI. Besok aja setelah ultah ke-30. Dan semuanya omong doang. Hahahaha….

Terus menunda-nunda, dengan alasan akhir tahun kemarin abis kontrol KB, bidannya bilang rahim saya baik-baik aja kok. Santai aja lahh..

Sampai sekitar 2 bulan yang lalu berita duka menimpa keluarga besar kami. Kakak sepupu saya (beda kakek, tapi satu buyut) meninggal karena kanker payudara. Masih muda, usia sekitar 34 tahun, dan meninggalkan 1 anak perempuan masih balita. :(((

Berhubung dulu di usia 20 tahun saya pernah punya pengalaman FAM, saat itu saya langsung SADARI. Ditambah berita duka ini lengkap bikin saya parno abis. Saya pengin selalu hidup sehat dan bisa mendampingi Luna sampai dewasa kelak. Read more

Mencatat Riwayat Kesehatan dengan MedicTrust

mencatat riwayat kesehatan dengan MedicTrust_zpswlbywxfw.jpg

“Sebenernya aku agak enggak sreg sama dokter itu, tapi gimana lagi rekam medis semua ada di rumah sakit itu.”

“Kasian Bapakku, dia harus cek lab lagi dari awal di rumah sakit ini. Bukan masalah biayanya, tapi tenaganya. Udah orang tua, sakit juga, bolak-balik tes lab.”

“Iya dok, saya punya alergi obat. Kalo minum obat itu perut saya maag sakit banget. Tapi saya enggak tahu nama obatnya. Pokoknya kecil, warnanya pink.”

Kalimat pertama itu sahabat saya, kalimat kedua itu temen kantor, dan yang terakhir saya sendiri.

***

Dokter saya dulu pernah bilang, “Jadi pasien itu yang pintar, tapi jangan sok pintar.”

Dalam hati saya mengamininya. Kita harus jadi pasien yang jeli, tidak segan bertanya ketika tidak jelas, tapi jangan jadi pasien yang terlalu mendikte dokter. Bagaimana pun, mereka tetaplah memiliki ilmu kesehatan yang lebih mumpuni daripada kita. Read more