Aturan Main Nonton Youtube

Hari gini menjauhkan anak sama gadget itu susah bow…

Kalau mau bener-bener saklek, berarti kita enggak boleh megang hape, tablet, ipad, pc, atau laptop saat mereka ada. Karena rasa penasaran mereka sangatttt tinggi. Jadinya nanti pasti bakal ngerengek-rengek minta gadget itu. Trus setelah kenal, jadi ketagihan.

Kayak Lunski. Hahahaha…

Dulu saya masih bisa tuh nyusuin dia sambil mainan hape. Sekarang? Jangan harap. Dia bakal minta hape yang saya pegang, trus gantian dia yang pegang-pegang, lama-lama dikelonin sampe ketiduran. -____-

Lunski sukak banget nonton Youtube. Kalo udah nonton Youtube, dia bisa anteng. Trus bisa disambi-sambi deh. Ditinggal mandi sama bapaknya, juga pernah. Lunski duduk manis nonton Youtube sendirian, karena saat itu saya belum pulang.

santai nonton Caca (baca: Masha), sambil nunggu bapak pulang kerja.
santai nonton Caca (baca: Masha), sambil nunggu bapak pulang kerja.

Tapi kami punya aturan main buat Lunski nonton Youtube;

1. Harus log in dengan akun email saya.

Karena kalo enggak log in, video yang disuggest bisa macem-macem banget, dan bahaya buat bayik.

2. Dilakukan pas masa-masa sibuk rumah tangga.

Biasanya di pagi hari, saat semua pada hectic siap-siap beraktivitas.

3. Dilakukan hanya saat ada kami, orangtuanya.

Berarti Lunski cuma bisa mainan Youtube pas pagi dan malam, pas kami udah di rumah semua. Lagian di daycare enggak mungkinlah bunda-bundanya ngajakin mainan gadget. Kalau lagi sama eyangnya, mereka udah tua-tua enggak paham juga sama makanan macam Youtube.

4. Dilakukan hanya saat dia minta.

Kalo enggak minta dan dia asyik main yang lain, ya enggak dipancing-pancing.

5. Ngajak dia niruin yang ada di video.

Supaya dia enggak cuma pasif nonton, tapi ngikutin gerakannya atau niruin lagunya.

Video-video yang kami kasih lihat ke Lunski awalnya cuma lagu-lagu anak, lama-lama berkembang ke film anak, dan video pribadi orang yang ada bayik-bayiknya.

Selera video Lunski ganti-ganti. Dan berikut video-video yang doi sukak banget sampe apal sama suaranya, intonasinya, bahkan gerakannya.

1. “Kalau Kau Suka Hati” by Shieren & Ebril (GNP Music)

Lunski udah apal sama gerakan di lagu ini. Tapi pas kata “Hore” dia ganti jadi “Yee” *sakkarepmulah nduk*

2. “Tek Kotek (Anak Ayam)” by Artis GNP Music

Pas adegan terakhir ayamnya sendirian itu, mondar-mandir cari anaknya, trus tiba-tiba anak-anaknya terbang dari langit. Itu tuh, Lunski paling sukak. Dia bakal teriak girang.

3. “Selamat Ulang Tahun” by Trio Kwek-Kwek

Mungkin ini saking excitednya dia menjelang ulangtahunnya ya.. Kalo udah bilang “Aun-aun..” artinya minta diputerin video ini.

4. “Slide foto-foto merayakan ulangtahun di Hoka-Hoka Bento”

Ini jugaa.. Mungkinkah ini keinginan tersiratnya untuk ngerayain ulangtahunnya besok di Hoka-Hoka Bento? Hhmm… Tapi buat siapapun yang bikin video ini, makasih ya, udah menghibur anakku.

5. “Medley: Balonku Ada Lima, Pelangi-Pelangi, Bintang Kecil, Naik-Naik ke Puncak Gunung” by Trio Kwek-Kwek, Saskia, Geovani, Kiki

Naa.. Yang ini Lunski juga apal banget sama gerakannya. Kalo nyanyi “Pelangi-Pelangi” tangannya diangkat ke atas. Trus pad lirik bridge, “Abis ujan ada pelangi, pelangi hilang eh nongol bintang.” Doi bakal ngikutin gerakannya lucu bangettt. Sebadan miring kiri semua. Hahahaha…

6. “Asiknya Bermain Air & Mandi Bola” by Lifia Niala

Ini video yang akhir-akhir ini lagi digemari sama Lunski. Seneng liatin kakak-kakak itu mainan air kali ya.. Trus sok-sokan ikutan niru kakaknya bicara, “Jangan dijatuhkan…” Tapi tetep enggak jelas. Hahaha.. Eniwey, makasih ya kakak, sudah menghibur Luna..

7. “Masha and The Bear episode Recipe for Disaster”

Ini juga video yang sampe bosen saya tonton. Karena kalo Lunski nonton, berarti saya ikutan nonton. Mending ya kalo nonton ini doi ikutan makan. Etapi cuma bilang, “maem-maem” doang tanpa eksyen. -_____-

8. “Sluku-Sluku Bathok” oleh Susan dan Kak Ria Enes

Katanya kan kita harus “nguri-uri kabudayan jawi”. Yang orang jawa taulah lagu ini. Biasanya Lunski bergaya sambil megangin kaki dan dielus, trus nyanyi “Utu-utu”.

9. “Masha and The Bear episode Happy Birthday”

Nah, yang ini video terbaru yang disukain Lunski. Gara-gara kemarin Sabtu nonton Masha episode ulangtahun, trus ketagihan, dan teriak “alon-alon-alon” setiap balonnya keluar dari jendela rumahnya Masha.

Gimana, kalian juga suka muterin video Youtube ke anak?

7 thoughts on “Aturan Main Nonton Youtube

  1. aku kalau repot juga muterin youtube buat anakku, 2 tahun. cukup membantu. dia sukanya alat2 transportasi. ga bosen2nya itu liat aneka mobil, truk, buldoser, kereta api dll.

  2. ya ampuuunn itu semua lagu2 dan film yg srg ditonton anakku jg mba :D.. Sama, anakku jg pake aturan kalo mw nonton you tube.. dan memang hrs tunggu ortunya ini pulang 😉 .. untungnya babysitternya g ngerti soal bginian.. jd ga bisa ngajarin ato bukain dr laptop rumah 😀

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)