6 Cara Cepat Menidurkan Anak

6 Cara Cepat Menidurkan Anak

Mengatur jam tidur anak itu susah-susah gampang. Tidur siang aja sulit, apa lagi tidur malam. Kalau diturutin, bisa beneran anak enggak tidur siang, trus jam 11 malam baru tidur. Duh, bhay.. me time!

Untungnya.. Luna bukan anak yang hobi tidur malam. Dalam kondisi normal, paling malam tidur jam 9 malam. Sesekali tidak normal, misalnya saat sedang di rumah eyangnya, di rumah saudara, ketemu sepupu, atau ada acara rame-rame yang baru selesai jam 10.

Tapi… Luna itu hobinya bangun siang. Padahal katanya anak bayi tu bangunnya pagi-pagi kan ya.. Mana? Kenyataannya Luna jarang banget bangun pagi. Kalau enggak dibangunin, dia bisa baru bangun jam 8 pagi. Pernah tu kejadian Bapak-Ibuknya udah berangkat kerja, dia masih juga molor. Padahal malemnya udah tidur jam 8 malam, dan siangnya udah tidur sekitar 1-2 jam. -____-

Selama ini, Luna punya jam tidur normal yang teratur. Saya emang agak keras urusan tidur. Selain karena besok dia harus bangun pagi untuk berangkat ke daycare. Juga, anak-anak kan butuh waktu tidur yang lebih panjang dan berkualitas, untuk perkembangan otaknya. Ya kan buibu…. *alasan, padahal mau me time setelah anak tidur*

Jadi tiap jam 8 malam pasti dia udah dicerewetin untuk tidur, sekalipun dia sejuta kali nolak dengan alasan, “Na-nya udah angun.” Fyi, “enggak ngantuk” = “sudah bangun”.

Tapi mungkin karena kedisiplinan itu bikin Luna enggak hobi begadang. Dan ibunya masih bisa ngeblog atau nonton drama korea tiap malam. Horeee….

6 Cara Cepat Menidurkan Anak

Beberapa hal yang saya lakukan supaya anak cepat tidur dan bisa tidur tepat waktu itu…

Baca: Tidurlah Bidadariku

1. Menetapkan jam tidur yang jelas.
Jam 8, Luna masuk kamar. Entah di kamar masih pengin main, ya nggak papa. Bawa aja semua mainannya masuk kamar, yang penting karna settingnya di atas kasur, tar kalo ngantuk tinggal rebahan trus merem sambil megangin piring dan panci plastik mainannya.Yey!

2. Menemaninya tidur.
Saya pikir setelah lepas ASI, dia enggak akan tergantung sama ibuknya tiap mau tidur. Etapi enggak jugaaa.. Luna bisa tidur kalo ada yang ngeloni. Trus biasanya yang ngeloni itu lebih cepet ketiduran ketimbang dia. Duh! Paling sebel sama cara ini. Penginnya, kayak di film-film luar negeri itu.. tinggal selimutin badannya, cium keningnya, matiin lampu, trus bhay! Anak tidur sendiri dengan nyenyak. *in your dream!* sigh..

3. Mematikan lampu dan televisi.
Sejak bayi barusan lahir, Luna sudah belajar tidur dalam keadaan gelap. Dulu sih tujuannya biar dia tahu kalo udah malam dan enggak ngajak ortunya begadang. Tapi kalo sekarang, itu jadi kode bahwa sekarang sudah waktunya tidur. Buat kami sih… tidur dengan lampu padam dan tanpa tv menyala itu lebih nyaman.

4. Bacain buku cerita.
Sama seperti tips-tips pada umumnya. Tapi enggak ada tuh adegan Luna ketiduran sementara saya masih membacakan buku. Yang ada malah saya yang duluan ketiduran, sementara dia buka buku sendiri sambil pura-puranya baca buku. Trus tiba-tiba kebangun pas dia teriak di deket kuping, “Abuukkk… angun. Aca bubu ini.” *sigh* Nak… ayo bobok nak.. Ibuk ngantuk berat.

Baca: Mengenal Metode Reading Aloud

5. Muterin video youtube.
Luna tu anak youtube banget. Dia hobi nontonin video lagu anak, vlog mainan anak, atau video pribadi orang yang anaknya lagi mandi bola atau mandiin boneka. Bisa betah lama dia nonton. Makanya suka saya batasin dan ada rules yang harus ditaatin. Dulu sih dia bisa ketiduran kalo nonton youtube. Tapi akhir-akhir ini sih udah enggak. Malah matanya doang yang keliatan ngantuk, tapi enggak merem-merem juga. Duh!

Baca: Aturan Main Nonton Youtube

6. Nobar drama korea.
Nahhh…. baru-baru ini saya lakukan ketika udah putus asa dia enggak tidur-tidur. Biar tetap bisa ngelonin tanpa ikut ketiduran, dan enggak ketinggalan episode barunya oppa-oppa ganteng. Syukurlah, Luna masih seneng-seneng aja diajak nonton drama korea bareng dari tab. Tab saya pegangin, sementara Luna cuma liatin aja. Iya, sekalian ngajarin dia bahasa korea. *Annyeoongg…* Juga mengarahkan orientasi cowok ganteng ke dia sejak dini. Biarin ah, mumpung cara ini masih manjur. Lima sampe sepuluh menit nonton, dia udah langsung balik badan, meluk guling, dan tidur. Yes! Langsung ngendap-endap keluar kamar lanjutin nonton.

Oke, don’t judge me anything. Tiap ibu punya rules dan tipsnya masing-masing untuk nidurin anak.

Bagi info dong, cara kalian nidurin anak gimana? In case, kalau suatu saat keenam cara itu udah enggak mempan lagi, saya bisa praktekin cara kalian.

10 thoughts on “6 Cara Cepat Menidurkan Anak

  1. Luna sama dengan Tio, pecinta youtube 😀
    Kalau anak-anakku di seusia Luna itu, tidurnya menyesuaikan, tidur cepat, bangun cepat. Tidur lebih malam, bangun lebih siang 😀

  2. Wahh sama nih Mbak, saya jg cerewet klo soal tidur (padahal si emak ini jg pengen ikutan tidur klo bayinya tidur, xiixix)

    Klo di rumah, Faraz saya biasain tidur at least 2x, pagi abis mandi dan siang hari. Malamnya masuk kamar jam 8, bujuk biar cepet tidur. Matiin lampu trus nen.. manjur, tp belakangan udh mulai pinter, klo mau tidur nonton nursery song dulu baru ntar balik minta nen then bobo deehh.. blm prnah bacain buku apalagi nobar *klo ini yakin dehh mamanya yg duluan tidur drpd anaknya, xixiixix
    Tapi pagii, ampuunn klo mamanya udh bangun si anak jg pasti bakalan segera nyusul, huhuhuh
    Beda klo nginap di rumah Neneknya, yakin deehh pasti tidurnya jd acak adut, kebanyakan main ma kakak2 sepupunya.

  3. Kedua anakku susyah tidur siang mbak,maunya maeeeeen, kalo malem jam 10 baru tidur, tapi mereka jam 6 harus sudah bangun dan mandi.

    Aduh, Luna dah tahu nih mana cowok ganteng n enggak, mbak Noni ki aneh2 wae jiaaaan 🙂

Silakan tinggalkan pesan. Tapi maaf ya.. link hidup akan otomatis dihapus. :)